Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Peran PR Inna Garuda dlm Menjalin Kerjasama dgn Pers

Judul Tesis: Peran PR Inna Garuda dalam Menjalin Kerjasama dengan Pers (Media Massa)

 

A. Latar Belakang

Seorang praktisi PR yang profesional harus bisa menjalin kerjasama yang baik dengan pers (media massa). Dengan adanya media relations akan sangat menunjang proses kerja seorang PR profesional, agar hasil yang diharapkan bisa maksimal dan efektif.

Salah satu media publikasi yang digunakan PR Inna Garuda Hotel adalah Media Cetak. Media cetak dianggap sebagai media relations yang cukup efektif untuk memberikan informasi- informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat langsung mengetahui perkembanganperkembangan terbaru yang ada di Inna Garuda Hotel.

 

B. Tujuan Umum

  1. Untuk memenuhi kewajiban sebagai mahasiswi DIII Komunikasi Terapan jurusan Public Relations UNS dalam upaya menyelesaikan salah satu syarat kelulusan agar dapat memperoleh gelar Ahli Madya pada bidang Public Relations.
  2. Sebagai sarana penerapan ilmu Public Relations yang telah didapat selama berada di bangku kuliah dengan mempraktekkannya secara langsung dan membandingkannya pada saat KKM berlangsung di Inna Garuda Hotel Yogyakarta.

 

C. Tinajauan Pustaka

Pengertian Public Relations

Pengertian Publik dalam publik relations secara geografis publik dapat diartikan sebagai sejumlah orang yang berkumpul bersama- sama di suatu tempat tertentu. maka terjadilah pembagian publik menjadi publik nasional, regional, dan lokal. Secara psikologis publik adalah orang- orang yang sama- sama menaruh perhatian terhadap sesuatu kepentingan yang sama tanpa ada sangkut- pautnya dengan tempat diamana mereka berada. ( J. Handly Wright & Byron H. Cristian, op.cit., hal. 16)

 

Definisi dan Fungsi Pers ( Media Massa)

Media massa yang pada awalnya dikenal dengan istilah pers berasal dari bahasa Belanda yang dalam bahasa Inggris berarti press. Secara harafiah pers berarti cetak dan secara maknawiah berarti penyiaran secara tercetak atau publikasi secara tercetak (print publications).

 

Peran PR dalam Media Relations

PR dan media adalah dua profesi yang tidak bisa dipisahkan. Informasi tentang perusahaan mustahil dapat diketahui publik tanpa bantuan media. Sebaliknya, media pun membutuhkan informasi sebagai bahan berita.

 

D. Kesimpulan

  1. Telah banyak ilmu dan pengalaman yang penulis dapatkan selama penulis melaksanakan magang selama 3 bulan di Public Relations Office dan Marketing Office Inna Garuda Hotel Yogyakarta. Tugas Akhir ini ditujukan untuk melengkapi salah satu syarat kelulusan guna memperoleh gelar Ahli Madya Bidang Ilmu Komunikasi Terapan.
  2. Ilmu dan keterampilan yang penulis dapat selama di bangku kuliah ternyata sangat membatu dalam pelaksanaan magang karena sebagian besar ilmu yang pernah penulis dapatkan di bangku kuliah dapat dipraktekkan langsung dalam pelaksanaan magang.
  3. PR Inna Garuda selalu berusaha menjalin hubungan baik dengan Pers (Media Massa), karena PR Inna Garuda menyadari bahwa tidak akan mungkin kinerja PR akan maksimal apabila tidak ada kerjasama yang baik dengan media. Media dianggap sebagai salah satu hal yang penting dalam kaitannya dengan publikasi.

 

E. Saran

  1. Hotel Inna Garuda Yogyakarta : lebih ditingkatkan lagi Fasilitas, Kenyamanan, Keamanan, Kebersihan, dan Profesionalitas Kerjanya agar mampu menjaga citra perusahaan di mata publik dan dapat bersaing dengan hotel- hotel lainnya yang ada di kota Yogyakarta.
  2. Public Relations Inna Garuda Yogyakarta : meneruskan kinerja PR yang selama ini sudah cukup baik, akan tetapi dapat menjadi lebih baik lagi bila lebih menambah kreatifitas dalam pelaksanaan kegiatan- kegiatan PR sesuai dengan perkembangan jaman saat ini. Misalnya dengan membuat E-PR ( Kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relations management)

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI
  2. Peranan Customer Relation dalam Video Production
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta dan Citra PT Telkom
  4. Peran PR INNA Garuda dalam Menjalin Kerjasama dengan Pers (Media Massa)
  5. Kegiatan Promosi Forum Rembug Ide Lembaga Studi Desain (Lestude) Surakarta