Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI

Judul Tesis : Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI

 

A. Latar Belakang

Perkembangan media baik cetak maupun elektronik sudah semakin pesat. Hal ini diiringi dengan makin banyaknya kebutuhan masyarakat akan hiburan maupun informasi. Namun, media berupa televisi masih lebih banyak diminati daripada media yang lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT INDOSIAR VISUAL MANDIRI (Indosiar) berusaha memberikan suguhan yang dikemas secara menarik di tengah masyarakat sejak 7 Desember 1994. Hadirnya Indosiar membawa suasana baru dan semakin ketatnya persaingan dunia pertelevisian. Maka dari itu, Indosiar berusaha menyajikan tayangan – tayangan hiburan maupun berita yang memiliki serangkaian terobosan terbaru di bidang pertelevisian.

 

B. Tujuan Khusus

  • Untuk mengetahui fungsi media relations dan customer relations dalam sebuah perusahaan.
  • Lebih mengetahui secara jelas pembagian kerja ( job description ) dari masing– masing seksi yang terdapat dalam Divisi Public Relations.
  • Mendapatkan pengalaman dalam dunia kerja.

 

C. Landasan Teori

Definisi Humas

Terdapat begitu banyak definisi tentang humas, namun pada intinya humas atau PR senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan dan melalui kegiatan – kegiatan yang diharapkan dapat memunculkan suatu dampak, yakni berupa perubahan yang positif. Dengan demikian PR adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku terhadap semua jenis organisasi, baik yang bersifat komersial maupun non komersial, di sektor publik ( pemerintah ) maupun privat ( swasta ).

 

Corporate Secretary

Pada perkembangan berikutnya lembaga/ divisi Corporate Secretary banyak dipakai oleh perusahaan besar (holding company) yang tidak berbentuk perusahaan public (terbuka) atau telah go-public. Seperti perusahaan jasa perbankan swasta, asuransi, perhotelan, jasa angkutan dan jasa komunikasi, baik media cetak maupun media elektronik (stasiun TV swasta). ( Rosady Ruslan, 2005:50 )

Media Relations

PR yang cerdas adalah PR yang mempunyai perencanaan yang matang dan jitu. PR itu membangun image positif ke masyarakat, tentu PR itu tidak boleh bohong. Sebab sekali berbohong, PR tidak akan lagi dipercaya oleh publik. Sedangkan PR modern adalah PR yang mampu memanfaatkan media, karena saat ini kita hidup dengan media. Apa yang sudah kita bangun dengan baik bisa runtuh cepat karena perantaraan media. Tetapi, dengan perantaraan media pula persepsi positif perusahaan bisa terbentuk.

 

D. Kesimpulan

Dalam segi teknologi, Indosiar telah menggunakan peralatan audio dan video digital serta computer canggih (advance computer digital equipment) yang menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan suara yang lebih jernih dibandingkan dengan sistem analog. Dalam rangka menjaga komitmen Indosiar untuk meningkatkan kualitas penyiaran, perseroan ini terus melakukan investasi dengan membeli peralatan dengan teknologi baru. Hal ini akan meningkatkan kualitas gambar yang diterima penonton di rumah. Pada saat ini, perseroan telah menggunakan teknologi digital pada system pergantian on-air (on-air switcher).

 

E. Saran

  1. Menekankan agar pegawai kehumasan datang tepat waktu, tidak sering terlambat.
  2. Lebih cepat dalam menyambut peserta kunjungan, jangan mengulur waktu.
  3. Saat menerima telepon lebih ramah lagi.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI
  2. Peranan Customer Relation dalam Video Production
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta dan Citra PT Telkom
  4. Peran PR INNA Garuda dalam Menjalin Kerjasama dengan Pers (Media Massa)
  5. Kegiatan Promosi Forum Rembug Ide Lembaga Studi Desain (Lestude) Surakarta