Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi : Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta & Citra PT TELKOM

Judul Tesis: Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta dan Citra PT TELKOM

 

A. Latar Belakang

PT Telkom adalah suatu perusahaan yang berjalan di bidang telekomunikasi. Sebagai perusahaan yang telah menjalani bisnis selama puluhan tahun, tentu mengalami pasang surut sesuai dengan perubahan jaman. Pada pencapaian target tidak mungkin terhindar dari kurang puasnya pelanggan atau kurangnya informasi akan produk dari Telkom. PR PT Telkom menganggap perlu diadakannya suatu kegiatan yang dapat dijadikan sarana berkomunikasi dengan pelanggan sekaligus mampu menciptakan citra positif PT Telkom.

Dari semua media yang ada pada saat ini, dipilih radio sebagai sarana media komunikasi. Sebab selain seorang PR harus mampu menguasai prinsip-prisnsip kehumasan, tapi juga press relations yang baik. Menurut seorang pakar dan praktisi kehumasan Frank Jeffkins (1990), hubungan press (press ralations) adalah upaya untuk mempublikasikan suatu pesan atau informasi yang maksimum untuk menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan. Melalui kerjasama dengan pihak radio PTPN, pihak PT Telkom membuat suatu acara yaitu Halo Surakarta. Ini sebuah acara yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraktif secara langsung dengan PT Telkom.

 

B. Tujuan Umum

  1. Agar mahasiswa memperoleh pengalaman yang berguna dengan mengenali kegiatan – kegiatan di lapangan atau lokasi kuliah kerja media yang berhubungan dengan PR.
  2. Meningkatkan pemahaman kepada para mahasiswa mengenai hubungan teori dengan penerapannya.
  3. Agar Mahasiswa memperoleh ketrampilan dan pengalaman kerja secara langsung.

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian PR

PR dalam suatu lembaga atau perusahaan adalah komponen penting yang mampu menumbuhkan hubungan baik antara intern dan eksternal perusahaan. Menurut J.C. Seidel, PR adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill (kemauan baik) dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan publik yang lebih luas. Ke dalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri, sedangkan keluar memberikan pernyataan-pernyataan (diadopsi dari Abdurachman, 2001:24)

Fungsi PR dan Peran PR

Pada dasarnya, setiap organisasi atau perusahaan menganggap fungsi PR dalam manajemen sebagai hal mutlak. Maksudnya PR secara mendasar menjadi tanggung jawab dari pimpinan puncak. Fungsi PR dapat diharapkan sebagai mata, telinga dan tangan kanan pimpinan puncak perusahaan. Bertujuan membentuk goodwill.

Citra

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang memahami perlunya memberikan perhatian yang cukup untuk membangun suatu citra yang menguntungkan bagi perusahaan. Menurut Bill Canton dalam Sukandetel (1990) mengatakan bahwa citra adalah kesan, perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan; kesan yang sengaja diciptakan dari suatu objek, orang atau organisasi. Citra itu merupakan salah satu aset penting dari suatu perusahaan. Jadi, ungkap Sukatendel, citra itu dengan sengaja perlu diciptakan agar bernilai positif.

 

D. Kesimpulan

  1. Banyak kegiatan yang dapat dikenali sebagai kegiatan PR antara lain melalui Acara Halo Surakarta, mngeluarkan press release dan acara On Line di Stasiun TA TV untuk berkomunikasi dengan publik untuk menciptakan citra yang positif.
  2. Berdasarkan Keputusan Bapepam No.Kep 63/1993 Tentang Pembentukan Sekretaris Perusahaan devisi PR PT Telkom dirangkap oleh seorang corporate secretary.
  3. PR dalam Telkom berfungsi dengan cukup baik dilihat dapat terciptanya hubungan dengan berbagai pihak secara harmonis.

 

E. Saran

  1. Mahasiswa lebih dilibatkan untuk menjalankan tugas-tugas PR di PT Telkom.
  2. Batas tugas PR dan kewenangannya lebih diperjelas.
  3. Penanganan dalam penanganan keluhan pelanggan lebih diperhatikan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI
  2. Peranan Customer Relation dalam Video Production
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta dan Citra PT Telkom
  4. Peran PR INNA Garuda dalam Menjalin Kerjasama dengan Pers (Media Massa)
  5. Kegiatan Promosi Forum Rembug Ide Lembaga Studi Desain (Lestude) Surakarta