Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Kegiatan Promosi Forum Rembug IDE Lembaga Studi Desain SURAKARTA

Judul Tesis : Kegiatan Promosi Forum Rembug IDE Lembaga Studi Desain (LESTUDE) SURAKARTA

 

A. Latar Belakang

Periklanan adalah alat yang diandalkan marketing (pemasaran) dalam penyaluran produk/jasa. Periklanan sebagai alat pemasaran harus menjadi alat utama untuk menciptakan, memupuk, membina, dan merangsang pembelian dari konsumen. Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang paling banyak digunakan yang terdiri atas informasi dan gagasan tentang suatu produk/jasa yang ditujukan kepada khalayak secara serempak agar memperoleh sambutan baik.

Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran, yang bertujuan menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Promosi sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang, karena itu diperlukan sebuah strategi promosi yang mampu menarik perhatian calon konsumen. Strategi promosi ini mencakup beberapa hal, diantaranya adalah sasaran, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian komunikasi persuasif dengan pelanggan.

 

B. Tujuan Umum

  1. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md) di bidang Komunikasi Terapan Program Diploma III Jurusan Periklanan (Advertising) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta
  2. Mengetahui gambaran dunia kerja secara nyata, sehingga bisa menerapkan dan mengembangkan ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah ke dalam dunia kerja.
  3. Memberikan pengalaman sebagai modal saat memasuki dunia kerja di masa mendatang

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Periklanan

Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Periklanan atau Advertising mengundang banyak interpretasi bagi orang awam. Banyak definisi-definisi yang dibuat untuk Periklanan, tapi inti dari definisi-definisi tersebut adalah sama, bahwa Periklanan adalah suatu alat pemasaran. Bidang gerak sebagai alat pemasaran adalah komunikasi massa yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan.

Definisi Strategi Promosi

Strategi promosi adalah suatu perencanaan dan eksekusi sebuah aktifitas untuk memberitahukan produk atau jasa untuk menarik calon konsumen agar mau membeli. Strategi Promosi mengacu pada pengendalian, program terpadu tentang komunikasi yang didesain untuk menerangkan perusahaan dan produknya kepada konsumen (Machfoedz, 2005:106).

Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Dalam dekade terakhir ini, komponen komunikasi pemasaran dalam bauran pemasaran menjadi semakin penting. Bahkan telah diklaim “pemasaran di era 1990-an adalah komunikasi dan komunikasi adalah pemasaran.

 

D. Kesimpulan

  • Perancangan Bellow The Line Media (Media Lini Bawah) harus dapat menarik pehatian publik sehingga dapat menimbulkan rasa penasaran yang besar. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan copywrite yang mudah diingat.
  • Promosi melalui situs internet dirasa cukup efektif dalam mempromosikan suatu produk/jasa yang masih baru. Apalagi menggunakan fasilitas yang sedang digandrungi khalayak, seperti blog dan facebook. Hal ini karena fasilitas ini bersifat interaktif dan langsung ditanggapi.

 

E. Saran

  1. Pemberian tugas kuliah, khususnya untuk materi kuliah pemasaran, lebih diperbanyak lagi untuk membantu mahasiswa saat terjun langsung di dunia periklanan nantinya.
  2. Perlu ditambah jam mata kuliah pemasaran tentang bagaimana mencari peluang untuk mempromosikan suatu produk/jasa, baik media indoor maupun cetak.
  3. Perlu diadakannya kunjungan ke biro-biro iklan untuk mengetahui bagaimana proses promosi yang baik dan tepat sasaran.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI
  2. Peranan Customer Relation dalam Video Production
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta dan Citra PT Telkom
  4. Peran PR INNA Garuda dalam Menjalin Kerjasama dengan Pers (Media Massa)
  5. Kegiatan Promosi Forum Rembug Ide Lembaga Studi Desain (Lestude) Surakarta