Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Image Building UNS-SOLO

Judul Tesis : Image Building UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam Membangun Citra Positif Universitas)

 

A. Latar Belakang

Tingginya minat para calon mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri didasarkan pada kualitas pendidikan yang tinggi dan biaya pendidikan yang masih tergolong murah karena masih memiliki akses dana dari pemerintah. Selain itu biasanya masyarakat akan memilih perguruan tinggi yang sudah diketahui dan dikenal eksistensinya di masyarakat walaupun banyak juga perguruan tinggi swasta yang berkualitas tinggi.

Perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan pendirian dan dinyatakan berhak menyelenggarakan program pendidikan tertentu dapat memberikan gelar akademik, profesi, atau vokasi sesuai dengan program pendidikan yang diselenggarakannya. Universitas Sebelas Maret telah memenuhi persyaratan yang ditentukan sehingga Universitas Sebelas Maret memiliki dasar hukum dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi di Indonesia.

 

B. Tujuan

Bagaimana peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam membentuk citra positif universitas?

 

C. Telaah Pustaka

Pengertian Public Relations

Public Relations atau yang biasa disingkat menjadi PR saat ini telah berkembang secara pesat. PR dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai hubungan masyarakat (humas). Banyak literatur yang membahas tentang pengertian PR, tetapi hingga saat ini belum ada kesepakatan dari para pakar PR yang pasti dan jelas mengenai definisi PR. Hal ini disebabkan karena perbedaan sudut pandang dan latar belakang dari para pakar yang mendefiniskan konsep PR.

Strategi Public Relations

Dalam buku Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Konsep dan Aplikasi, Rosady Ruslan mengambil kutipan dari Ahmad S. Adnanputra dalam Naskah PR Strategy yang mengatakan bahwa arti strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana (plan), sedangkan rencana merupakan suatu produk dari suatu perencanaan (planning), yang akhirnya perencanaan merupakan salah satu dari fungsi manajemen.

 

Aktivitas Public Relations

Dalam pelaksanaan aktivitasnya, PR menggunakan komunikasi untuk memberitahu, mempengaruhi, dan mengubah pengetahuan, sikap serta perilaku publik yang menjadi sasarannya. Komunikasi dalam PR merupakan suatu proses yang mencakup suatu pertukaran fakta, pandangan, dan gagasan di antara suatu bisnis atau organisasi tanpa laba dengan publiknya untuk mencapai saling pengertian. Selain itu, komunikasi dalam PR juga memiliki ciri-ciri tertentu, yang disebabkan karena fungsi, sifat organisasi dari lembaga, sifat-sifat manusia yang terlibat, terutama publik yang menjadi sasaran, serta faktor-faktor eksternal lain yang mempengaruhi.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang memaparkan tentang kegiatan-kegiatan Humas Universitas Sebelas Maret dalam membangun citra positif dan juga saluran komunikasi yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumen.

Sumber data dipilih berdasarkan teknik purposive sample, yaitu memilih sumber data yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk dijadikan sumber data sesuai dengan topik penelitian. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret, Sekretaris Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret, dan para pranata humasnya. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

E. Kesimpulan

  1. Setiap lembaga perlu untuk selalu melakukan image building agar selalu mendapatkan citra positif di benak masyarakat. Begitu pula dengan Universitas Sebelas Maret sebagai salah satu universitas berkualitas tinggi merasa perlu selalu membangun citra positif universitas (image building). Untuk itu dibentuk Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret yang bertanggung jawab menangani komunikasi dengan pihak eksternal dan internal, terutama pencitraan universitas, serta menjalin kerjasama dengan berbagai instansi. Program-program image building universitas ditangani khusus oleh bidang humas dan sistem informasi yang terdapat dalam struktur Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret.
  2. Identitas, citra, dan branding merupakan hal yang saling berkaitan. Dalam pembentukan citra positif, Universitas Sebelas Maret telah menetapkan identitas resmi universitas berupa nama, lambang, dan warna resmi universitas yang ditetapkan dengan SK Rektor. Universitas Sebelas Maret telah menentukan citra seperti apa yang ingin dicapai dalam image building. Citra yang diharapkan adalah be number one dalam segala hal dan menjadikan Universitas Sebelas Maret sebagai perguruan tinggi berkualitas world class university sehingga Universitas Sebelas Maret semakin dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Dalam image building, Humas Universitas Sebelas Maret memegang peranan penting karena Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret berkedudukan sebagai lembaga fungsional yang menjalankan fungsi programming, relationship, informations, productions, special event, dan speaking. Pelaksanaan fungsi-fungsi di atas dirasa sudah baik dalam rangka menciptakan citra positif universitas di masyarakat.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Tugas dan Mekanisme Kerja Divisi Kreatif dalam Event Absolute Thanks To Indonesia Pada CV. FRONTLINE INDONESIA
  2. Produksi Acara Pemuda ( Peringkat Musik Persada ) Di Radio Metta Fm
  3. Image Building UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peranan Humas Universitas Sebelas
  4. Peran Humas Pemerintahan Melalui Kegiatan Internal dan Eksternal di Dinas Perhubungan
  5. Proses Kerja Divisi Media di Octa Mitra Media Advertising Service