Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Fungsi Humas sebagai Media Communications Relations Pemerintah Daerah

Judul Tesis : Fungsi Humas sebagai Media Communications Relations Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen dengan Masyarakat Lewat Internet

 

A. Latar Belakang

Kemajuan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, akan membuat persaingan yang semakin ketat dalam segala bidang. Berkembang dan tidaknya sumber daya manusia tergantung apakah sumber daya manusianya sendiri mau mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Karena kemampuan manusia akan bertambah apabila ia mau terus berlatih dan berusaha.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional dalam dunia kerja maka mahasiswa diberikan program pelatihan kerja/magang sebagai mata kuliah akhir dalam upaya menghadapi dunia kerja nantinya. Dalam kuliah Kerja Media (KKM), mahasiswa apat menerapkan, mengaplikasikan serta membandingkan ilmunya yang didapat selama dibangku kuliah dengan kenyataan yang sesungguhnya terjadi di dunia kerja.

 

B. Tujuan Umum

  1. Untuk memenuhi syarat guna memperoleh gelar Ahli Madya program D III Komunikasi Terapan,selain itu juga untuk memenuhi kegiatan proses akhir perkuliahan yang merupakan salah satu syarat kelulusan, sesuai dengan peraturan yang berlaku di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Untuk menerapkan, mempraktekkan, serta membuktikan apakah teoriteori tentang Ilmu Kehumasan yang di peroleh di bangku kuliah sama dengan penerapan di dunia kerja? Selain itu, penulis juga ingin mencari pengalaman dan ingin merasakan bagaimana rasanya hidup dilingkungan kerja yang penuh dengan persaingan baik limu maupun kemampuan. Sehingga, penulis tidak merasa asing pada saat memasuki dunia kerja nantinya.

 

C. Landasan Teori

Devinisi dan Pengertian Public Relations

Menurut Rachmadi, Public Relations pada hakekatnya adalah kegiatan komunikasi, kendati agak lain dengan komunikasi lainnya, karena ciri hakiki dari komunikasi PR adalah two way communications (komunikasi dua arah/timbal balik). Arus komunikasi timbal balik ini yang harus dilakukan dalam kegiatan PR, sehingga terciptanya umpan balik yang merupakan prinsip pokok dalam PR (Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto, 2004:11).

 

Humas Pemerintah

Dasar pemikiran humas dalam pemerintahan berdasarkan pada dua fakta dasar. Pertama, masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui; karena itu, para pejabat pemerintah mempunyai tanggung jawab guna memberi penjelasan kepada masyarakat. Kedua, ada kebutuhan bagi para pejabat untuk menerima masukan dari masyarakat tentang persoalan baru dan tekanan sosial, untuk memperoleh partisipasi dan dukungan masyarakat. Hanya dengan proses komunikasi demikianlah pemerintah dan para pemilih dapat mencapai suatu pengertian kesatuan yang positif. (H. Frazier Moore, 1993:489).

Community Relations

Salah satu tugas PR dalam menjaga hubungan baik dengan para stakeholdersnya yaitu stakeholders eksternal pada komunitas masyarakat sekitar lingkungan perusahaan. Kegiatan untuk membina hubungan baik dan harmonis dengan komunitas dalam PR dikenal dengan istilah Community Relations, yang pada dasarnya merupakan kegiatan komunikasi timbal balik perusahaan dalam menjalin hubungan baik dengan komunitas lingkungannya.

 

D. Kesimpulan

Pemkab Sragen sangat peka akan kebutuhan publik dalam bidang informasi, sehingga dengan adanya website baru humas, publik akan dengan mudah dan cepat mengakses berita-berita melalui internet. Ini merupakan keunggulan pemkab Sragen dalam penyampaian informasi sehingga akan lebih efektif dan kebenaran berita juga informasinyapun dapat dipertanggung jawabkan.

Humas berfungsi sebagai media komunikasi relations yang dapat memberikan informasi dan berita-berita terbaru kepada publik melalui internet. Dengan adanya website humas dan Sragenkab tersebut, akan memudahkan bagi publik yang berada diluar daerah Sragen atau diluar pulau Jawa yang ingin mengetahui informasi tentang Sragen. Karena mereka tidak perlu datang langsung ke Pemkab Sragen, tetapi dapat dengan mudah mengakses berita melalui internet.

 

E. Saran

  1. Selama melaksanakan Kuliah Kerja Media di Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen, penulis berharap Pemkab Sragen lebih meningkatkan kinerja pegawai sehingga peran Humas dalam pemerintahan dapat dirasakan publik pada umumnya.
  2. Sangat menguntungkan apabila internet digunakan sebagai suatu fasilitas dalam melakukan pendekatan dalam suatu hubungan pers di Pemkab sragen.
  3. Diharapkan Program D III Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, lebih ditingkatkan lagi. Sehingga akan menghasilkan sumber daya manusia yang aktif dan profesional karena lebih berpengalaman dalam dunia kerja.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Fungsi Humas Sebagai Media Communications Relations Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen
  2. Kegiatan Humas PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta dalam Mensosialisasikan Penghematan Listrik
  3. Iklan Politik Caleg dalam Persepsi Pemilih Pemula Study Deskriptif Kualitatif Tentang Iklan Politik Caleg
  4. Proses Produksi Berita di Radio PTPN Rasitania Surakarta
  5. Fungsi Publisitas dalam Penyelenggaraan Regular Event di Boshe VVIP Club