Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Freelance dan Pola Komunikasi

Judul Tesis : Freelance dan Pola Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk LKS di CV. Grahadi Surakarta)

 

A. Latar Belakang

LKS yang diterbitkan CV. Grahadi bernama LKS Simpati. Penggunaan LKS Simpati semakin tersebar luas di sekolah-sekolah dan oplah cetaknya pun semakin meningkat tajam sejak tahun 1994 hingga sekarang, yang berkisar dari hanya 500.000 menjadi 2.500.000 exemplar. Oplah ini menyumbang 15% dari keseluruhan oplah penjualan LKS Putra Nugraha Group yang berjumlah 16 juta per semester. Putra Nugraha Group merupakan induk perusahaan dari lima belas anak perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan yang salah satunya adalah CV. Grahadi. (sumber: wawancara Dian Cahyani, kepala kantor CV. Grahadi, Juli 2008)

Penerbit dan percetakan CV. Grahadi didirikan pada tanggal 19 Januari 2001 yang berkedudukan di jalan Merak VI, nomer 2-3 Gumunggung-Solo 57134. Dengan berawal dari sebuah perusahaan penerbitan dan percetakan skala rumah tangga pada awal tahun 1994, kini CV. Grahadi tumbuh menjadi perusahaan penerbitan dan percetakan yang cukup diperhitungkan di Jawa Tengah. Ini dibuktikan dengan oplah penjualan LKS dalam satu semester bisa mencapai 2.419.000 exemplar dengan omset kurang lebih Rp. 5.000.000.000 (lima milyar rupiah). Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan dan percetakan, CV. Grahadi menerbitkan buku-buku yang meliputi buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dan buku materi dari tingkat SD/MI, SLTP/MTs, sampai kepada tingkat SMA/MA. Termasuk sekolah kejuruan, meliputi beberapa bidang studi yang merupakan variasi produk. (sumber: company profile CV. Grahadi)

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah pola komunikasi freelance dalam memasarkan produk LKS di CV. Grahadi?
  2. Bagaimana pola-pola komunikasi freelance dengan CV. Grahadi dalam memasarkan LKS?
  3. Bagaimana pola-pola komunikasi freelance dengan konsumen (pihak sekolah) dalam memasarkan LKS?

 

C. Landasan Teori Tesis 

Pola Komunikasi

Istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggris communication berasal dari kata latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Sama disini maksudnya adalah sama makna. Akan tetapi, pengertian komunikasi yang dipaparkan ini bersifat dasar, dalam arti kata bahwa komunikasi itu minimal harus mengandung kesamaan makna antara dua pihak yang terlibat. Dikatakan minimal karena kegiatan komunikasi tidak hanya informatif, yakni agar orang lain mengerti dan tahu, tetapi juga persuasif, yaitu agar orang lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan melakukan suatu perbuatan atau kegiatan dan lain-lain (Effendy, 1999:9).

Komunikasi Interpersonal (ANTARPRIBADI)

Secara umum, komunikasi yang terjadi antara freelance dengan Grahadi dan pihak sekolah adalah komunikasi interpersonal. Untuk itu penulis mencoba menjelaskan apa dan bagaimana komunikasi interpersonal itu sendiri, sehingga nantinya dapat memberi masukan untuk menganalisa pola komunikasi freelance dalam memasarkan produk LKS.

 

Perencanaan Komunikasi

Perencanaan komunikasi merupakan suatu usaha yang sungguhsungguh, sistematik dan berkesinambungan untuk mengorganisasi kegiatan manusia dalam menggunakan sumber daya komunikasi yang efisien dan melaksanakan kebijakan komunikasi yang berhubungan dengan tujuan pembangunan masyarakat tertentu, sarana-sarana dan prioritas-prioritas yang ditetapkan, serta di dalam menjaga lembaga-lembaga ekonomi, sosial dan organisasi politik.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel“purposive sampling.”

Untuk mengarahkan penggalian informasi pada fokus penelitian digunakan panduan pertanyaan.

Teknik wawancara mendalam ini ditujukan kepada semua informan atau narasumber dengan pertanyaan berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Informan dalam penelitian ini adalah 6 orang sales freelance Grahadi, 4 orang dari manajemen Grahadi, 4 orang dari pihak sekolah yang menjadi konsumen Grahadi.

Data dalam penelitian ini berwujud sumber tertulis, yaitu data-data mengenai freelance Grahadi, serta kutipan dari hasil wawancara dengan informan yang diperoleh melalui wawancara menggunakan teknik rekam dan pencatatan. Melalui gabungan antara sumber tertulis dan pernyataan informan, penulis melakukan analisa berkaitan dengan topik yang diangkat.

 

E. Kesimpulan

  1. Freelance Sebagai Komunikator

Freelance sebagai komunikator karena peneliti melihat posisi freelance sebagai pihak yang berperan aktif menyampaikan pesan dan ide-ide dalam sebuah proses komunikasi pemasaran antara freelance dengan Grahadi dan freelance dengan konsumen (pihak sekolah). Pesan yang disampaikan freelance sebagai komunikator terkait dengan pemasaran LKS Simpati. Agar komunikasi pemasaran yang dilakukannya efektif, maka freelance membuat perencanaan komunikasi.

  1. Pola Komunikasi Freelance dengan CV. Grahadi

Pola komunikasi antara freelance dengan Grahadi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah:

  1. Pola komunikasi satu arah (linear) dari Grahadi kepada freelance (one way traffic communications). Pola komunikasi satu arah nampak pada kekuatan (power) Grahadi sebagai patron yang dapat mengatur freelance layaknya atasan kepada bawahan. Freelance sebagai klien berkewajiban patuh dan setia kepada Grahadi sebagai patron. Grahadi mempunyai kekuatan dalam menentukan aturan main, melakukan sita jaminan dan menentukan jumlah pengambilan LKS oleh freelance.
  2. Pola komunikasi dua arah – timbal balik (Two way reciprocal communication) antara freelance dengan Grahadi nampak dalam hubungan kemitraan antara freelance dengan Grahadi. Freelance adalah mitra Grahadi yang tidak bisa semua urusan yang terkait dengan pekerjaan freelance diatur oleh Grahadi.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Freelance dan Pola Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk)
  2. Proses PR pada Sekpurel PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Strategi Public Relations dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon
  4. Aktivitas Badminton Sebagai Komunikasi Sosial dan Tingkat Partisipasi Sosial Kemasyarakatan
  5. Mekanisme Kerja Divisi Kreatif di PT MARA ADVERTISING