Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komitmen Kerja: Followership dan Komitmen Organisasi pd Karyawan Bank X

Judul Tesis : Hubungan Antara Followership dan Komitmen Organisasi pada Karyawan Bank X (The Relationship Between Followership and Organizational Commitment Among Employees Of Bank X)

 

A. Latar Belakang

Penelitian ini akan meneliti hubungan antara followership dan komitmen organisasi pada karyawan yang bekerja pada setting organisasi perbankan, yakni karyawan yang bekerja di Bank X. Pemilihan karyawan sebagai partisipan dikarenakan karyawan telah dijadikan partisipan pada pengujian alat ukur followership milik Kelley (1992) yang dilakukan Blanchard et al. (2009) sehingga masih relevan bila penelitian ini melibatkan karyawan sebagai partisipan. Sementara pemilihan setting organisasi perbankan, dimaksudkan untuk membedakan setting organisasi tempat dilakukannya penelitian berdasarkan tujuan organisasinya, dimana pada penelitian Blanchard et. al (2009) yang dilakukan di universitas merupakan organisasi dengan tujuan nonprofit sementara setting organisasi perbankan bertujuan profit. Selain itu, pemilihan organisasi perbankan, khususnya Bank X, sebagai tempat dilakukannya penelitian didasari oleh semakin banyaknya jumlah bank di Indonesia sehingga semakin memperketat persaingan antar bank (Bratadharma, 2011). Melihat fenomena tersebut, sangat penting bagi Bank X yang merupakan salah satu bank nasional terkemuka di Indonesia untuk bisa menjadi yang terdepan diantara bank-bank lainnya dengan melihat tingkat followership dan komitmen organisasi para karyawannya, karena kedua hal tersebut berkaitan erat dengan keberlangsungan dan kesuksesan organisasinya.

Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian untuk memperkaya pembahasan mengenai followership dan komitmen organisasi di Indonesia, mendukung hasil penelitian sebelumnya, menyempurnakan penelitian sebelumnya serta memberikan gambaran yang lebih representatif dalam melihat hubungan antara followership dan komitmen organisasi pada karyawan. Selain itu, diharapkan agar penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi bagi pihak perusahaan untuk meningkatkan followership dan komitmen organisasi para karyawan yang bekerja di perusahaannya.

 

B. Masalah Penelitian

Jika dilihat dari latar belakang penelitian ini, maka masalah utama yang ingin ditemukan jawabannya yaitu “Apakah terdapat hubungan antara followership dan komitmen organisasi pada karyawan Bank X?”

 

C. Tujuan Pustaka

Definisi Followership

Walaupun followership masih mendapatkan perhatian yang lebih sedikit dibandingkan kepemimpinan (Blanchard, et al., 2009), telah ada beberapa peneliti yang memberikan perhatian terhadap konsep followership. Beberapa peneliti (Chaleff, 2003, Dixon, 2003; Mertler, Steyer, & Peterson, 1997; Kelley, 1992; dalam Favara Jr., 2009) yang memberikan perhatian kepada followership tersebut kemudian mengungkapkan definisi followership sebagai berikut:

“the capacity and behavioral volition to be influenced by another in order to actively partner and participate in the accomplishment of shared goal or outcome”

Pengukuran Followership

Usaha untuk mengukur followership seseorang, khususnya karyawan, bisa dilakukan dengan beberapa metode, misalnya saja melalui laporan dari rekan kerja, laporan dari pemimpin, serta menggunakan metode self report melalui pengisian alat ukur berbentuk kuesioner (Blanchard et. al., 2009). Dalam penelitian ini, metode pengukuran followership yang digunakan adalah metode self report melalui pengisian kuesioner.

Definisi Komitmen Organisasi

Komitmen organisasi didefinisikan secara berbeda oleh tokoh-tokoh, dimana definisi tersebut didasari oleh sudut pandang yang dimiliki oleh setiap tokoh. Meyer dan Allen (1991) mendefinisikan komitmen organisasi sebagai berikut:

Arti dari definisi tersebut yaitu sebuah kondisi psikologis yang menjelaskan hubungan karyawan dengan organisasi tempatnya bekerja dan kondisi psikologis tersebut juga memiliki dampak bagi keputusan karyawan untuk melanjutkan keanggotaan di dalam organisasi.

C. Metode Penelitian

Masalah penelitian yang dijelaskan dalam bagian ini terdapat dua jenis, yaitu masalah konseptual dan masalah operasional.

Tipe penelitian menurut Kumar (2005) dapat diklasifikasikan melalui tiga sudut pandang, yakni berdasarkan aplikasi dari penelitian, tujuan penelitian, dan bagaimana data diperoleh.

Kumar (2005) mengklasifikasikan desain penelitian berdasarkan tiga sudut pandang, yaitu berdasarkan the number of contact with the study population, the reference period of study, dan the nature investigation.

Teknik pengambilan partisipan yang digunakan pada penelitian ini adalah nonrandom/nonprobability sampling.

Jumlah sampel yang direncakann dalam penelitian ini adalah 200 orang yang terdiri dari karyawan yang tersebar di berbagai divisi dan jabatan.

Instrumen penelitian atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk skala sikap.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara followership dan komitmen organisasi pada karyawan Bank X, walaupun hubungan diantara keduanya masih tergolong lemah. Artinya, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi followership yang dimiliki oleh seorang karyawan maka akan semakin tinggi pula tingkat komitmen organisasinya.

 

Contoh Tesis Komitmen Organisasi

  1. Hubungan Antara Followership dan Komitmen Organisasi pada Karyawan Bank X
  2. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kompensasi dengan Komitmen Organisasi Pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Grogol Petamburan
  3. Pengaruh Employer Brand Terhadap Intensi Voluntary Turnover Karyawan dengan Mediasi dari Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja (Studi Kasus PT. Asuransi Jiwa Xyz)
  4. Analisis Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Kecerdasan Emosional dengan Komitmen Organisasi Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga
  5. Analisis Perbedaan Hubungan Identifikasi Organisasi dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT Por di Unit Kerja A Dan Unit Kerja X
  6. Hubungan Antara Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasi Aparat Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Tamansari Dua
  7. Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja pada Tenaga Edukatif Universitas Muhammadiyah Surakarta di Solo