Pengaruh Faktor – Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi

Tesis Kepuasan Kerja – Pengaruh Faktor – Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Karyawan memegang peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Karyawan adalah pelaku utama dalam pelaksanaan kegiatan suatu perusahaan. Karyawan menjadi pelaku dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Antara karyawan satu dengan karyawan yang lain memiliki perbedaan dalam segala hal yang dirasakan dan dipikirkan yang dapat mempengaruhi diri mereka dalam melaksanakan pekerjaan. Menurut Hasibuan (2003: 202) ”Kepuasan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya”. Karyawan akan bekerja dengan sungguh-sungguh apabila keinginan mereka telah terpuaskan. Kepuasan yang mereka rasakan akan berdampak pada pekerjaan yang mereka kerjakan. ”Kepuasan kerja karyawan merupakan kunci pendorong moral, kedisiplinan, dan prestasi kerja karyawan dalam mendukun tujuan perusahaan (Hasibuan, 2003: 203)”. Kepuasan kerja yang tinggi akan membuat karyawan menjadi loyal kepada perusahaan atau organisasi.

Menurut Gibson, Ivancevich dan Donnelly (2000: 68) ”Kepuasan kerja dapat diukur melalui lima dimensi yaitu upah, pekerjaan, kesempatan promosi, penyelia (supervisor) dan rekan sekerja”. Kelima dimensi tersebut menjadi faktor kepuasan kerja karyawan.

Menurut hasil wawancara pra observasi yang dilakukan peneliti kepada karyawan bagian produksi PT. Sari Husada terdapat beberapa masalah yaitu karyawan bagian produksi PT. Sari Husada Klaten mempunyai upah yang sama, yang membedakan hanya pada tambahan upah yang didapat dari lembur kerja. Apabila karyawan tidak mengikuti lembur kerja maka mereka tidak akan mendapatkan upah tambahan dari lembur kerja. Kebanyakan karyawan lebih senang untuk mendapatkan lembur kerja agar mendapatkan tambahan upah dari lembur kerja yang dapat digunakan untuk menambah belanja kebutuhan sehari- hari.

 

 

Pekerjaan yang dilakukan karyawan bagian produksi PT. Sari Husada bermacam-macam ada yang bertugas mencampur adonan susu, mengemas, dan memberi label, inilah yang membuat karyawan merasa kurang adil dalam pembagian kerja dan merasa perlu diadakan rotasi pekerjaan agar meraskan pekerjaan yang berbeda. Kesempatan promosi yang ada pada karyawan produksi berbeda-beda tergantung pada kinerja pekerjaan yang mereka lakukan. Apabila kinerja mereka baik maka akan mempunyai kesempatan promosi yang lebih besar daripada karyawan yang kinerjanya kurang. Karyawan bagian produksi PT. Sari Husada merasa kurang dalam hal kesempatan meraih posisi yang lebih tinggi sehingga mereka kurang puas dengan apa yang mereka dapatkan.

PusatTesis melayani jasa pembuatan tesis untuk informasi lebih lanjut hubungi CS kami di :

Email             : cs.PusatTesis@gmail.com,

PIN BBM      : D1546577

Handphone :   (WhatApp)