Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Kepemimpinan : Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional trhdp Komitmen Organisasi

Judul Tesis : Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasi yang Dimediasi oleh Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Badan Koordinasi Penanaman Modal RI)

 

A. Latar Belakang

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) adalah instansi pemerintah yang bertindak sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah, BKPM diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif. Iklim investasi yang kondusif merupakan salah satu dari sebelas prioritas nasional (prioritas ketujuh) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014. RPJMN khususnya di bidang penanaman modal tersebut selanjutnya dijabarkan dalam visi dan misi BKPM (BKPM, 2010).

Sebagai instansi pemerintah yang khusus menangani urusan penanaman modal, BKPM memiliki visi yaitu menjadikan Indonesia negara tujuan investasi yang menarik. Sedangkan misi BKPM yaitu, mendorong terciptanya iklim penanaman modal yang lebih kondusif, meningkatkan efektifitas promosi dan kerjasama penanaman modal, meningkatan aspek pelayanan, fasilitasi dan advokasi pelaksanaan penanaman modal, meningkatkan peran kelembagaan dan sistem informasi penanaman modal (BKPM, 2012a).

 

B. Perumusan Masalah

  • Bagaimana tingkat kepuasan kerja pegawai di Badan Koordinasi Penanaman Modal?
  • Bagaimana tingkat komitmen organisasi para pegawai di Badan Koordinasi Penanaman Modal?
  • Bagaimana persepsi pegawai terhadap gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan di Badan Koordinasi Penanaman Modal?

 

C. Landasan Teori

Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja adalah sikap seorang individu terhadap pekerjaannya yang terkait dengan aspek tertentu dalam pekerjaannya termasuk sistem penghargaan kerja, kondisi kerja dan rekan kerja. Kepuasan kerja merupakan hasil dari persepsi pegawai terhadap pekerjaan yang memberikan nilai bagi pegawai. Kepuasan kerja ini merupakan perasaan emosional yang positif atas evaluasi pengalaman kerja seorang pegawai (Darvish dan Rezaei, 2011).

Komitmen Organisasi

Komitmen organisasi adalah motivator terkuat yang sangat mempengaruhi keinginan seseorang untuk memiliki kinerja yang baik, meningkatkan efisiensinya dan mengembangkan kemampuannya. Komitmen organisasi adalah penting untuk sebuah organisasi karena merupakan indikator dari tujuan, produktifitas, tingkat absensi dan turnover dari organisasi tersebut (Bushra, Usman dan Naveed, 2011).

Kepemimpinan

Dalam mendefinisikan kepemimpinan, beragam definisi telah dikemukakan oleh para peneliti. Menurut Kreitner dan Kinicki (2010), pada dasarnya terdapat empat persamaan dari berbagai pendapat mengenai definisi kepemimpinan, yaitu:

  • Kepemimpinan merupakan proses yang terjadi antara atasan dan bawahan;
  • Kepemimpinan memberikan pengaruh sosial;
  • Kepemimpinan ada pada setiap tingkat dalam organisasi;
  • Kepemimpinan memfokuskan pada pencapaian tujuan.

Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi

Gregory (2011) melakukan penelitian terhadap 2409 responden perawat di Florida.

Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasi khususnya affective commitment dan normative commitment.

Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa nilai Pearson correlation r antara kepuasan kerja dengan affective commitment adalah 0,410 dengan p sebesar 0,000 pada p<0,05.

Sedangkan nilai Pearson correlation r antara kepuasan kerja dengan normative commitment adalah 0,123 dengan p sebesar 0,026 pada p<0,05.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi pegawai yang dimediasi oleh kepuasan kerja.

Sampel pada penelitian ini terdiri dari 167 orang pegawai di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

 

E. Kesimpulan

  1. Kepuasan kerja secara keseluruhan yang dirasakan pegawai di BKPM dikategorikan sedang. Namun terdapat dimensi kepuasan kerja yang dapat dikategorikan tinggi yaitu nature of work (sifat pekerjaan). Para pegawai BKPM merasa puas apabila mendapatkan tugas dan pekerjaan yang bersifat jelas dan dengan beban kerja yang adil.
  2. Komitmen organisasi keseluruhan yang dimiliki oleh para pegawai BKPM memiliki nilai mean yang termasuk dalam kategori sedang. Namun demikian terdapat dimensi komitmen organisasi yang memiliki nilai mean yang dikategorikan tinggi yaitu affective commitment. Para pegawai BKPM memiliki keinginan untuk tetap bekerja di BKPM umumnya karena para pegawai merasakan adanya keterikatan emosional dengan BKPM yang ditandai dengan perasaan nyaman dan senang bekerja di BKPM.
  3. Gaya kepemimpinan transformasional secara keseluruhan sudah diimplementasikan di BKPM dengan nilai mean yang dikategorikan sedang. Jika dilihat di antara seluruh dimensi kepemimpinan transformasional, dimensi idealized influence behavior memiliki nilai mean tertinggi. Para pegawai BKPM memiliki persepsi bahwa para pemimpin di BKPM relatif sering dan mampu memberikan contoh perilaku yang baik kepada bawahannya antara lain dengan menunjukkan sikap bijaksana, adil, cepat mengambil keputusan, dan menanamkan kebersamaan.

 

Contoh Tesis Kepemimpinan

  1. Faktor-Faktor yang Mendasari Penilaian Wartawan Kepresidenan Mengenai Kompetensi Kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
  2. Hubungan Kompetensi Kepemimpinan, Kompensasi terhadap Motivasi Dan Kinerja Pegawai PT Merpati Nusantara Airlines
  3. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Motivasi Kerja Guru (Studi Kasus di Sekolah Masjid Terminal Depok Propinsi Jawa Barat)
  4. Pengaruh Budaya Organisasi dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Indramayu
  5. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Perempuan dan Tingkat Kepuasan Komunikasi terhadap Tingkat Kinerja Karyawan (Studi pada Staf Administrasi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)
  6. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Employee Engagement (Studi Kasus di Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
  7. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasi yang dimediasi oleh Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Badan Koordinasi Penanaman Modal RI)
  8. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Sukaguwimang Kabupaten Indramayu
  9. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Anggota Kepolisian di Polres Bogor Kota
  10. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Karyawan dalam Menjalankan Reformasi Birokrasi ( Studi Kasus Pada Organisasi Sektor Publik XYZ )
  11. Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Akademik Guru SMA Swasta Kecamatan Sukmajaya Kota Depok
  12. Persepsi Karyawan terhadap Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional pada PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang
  13. Struktur Kepemilikan, Kepemimpinan Perwakilan Keluarga pada Perusahaan, Praktek Corporate Governance, dan Peringkat Surat Utang