Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Kepemimpinan : Kepemimpinan Kepala Sekolah dlm Membentuk Motivasi Kerja Guru

Judul Tesis : Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Motivasi Kerja Guru ( Studi Kasus di Sekolah Masjid Terminal Depok Propinsi Jawa Barat )

 

A. Latar Belakang

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, disebutkan bahwa Pendidikan Nasional mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Sebagai langkah dalam mewujudkan visi ini salah satu misinya adalah meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global.

Dijelaskan pula dalam rangka reformasi di Indonesia, Undang-Undang Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan indikasi adanya pemahaman tuntutan pembaharuan, salah satunya adalah pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dan Otonomi Perguruan Tinggi. Esensinya adalah dipercayakannya kewenangan kemandirian dalam mengatur dan mengurus rumah tangga sekolah dan perguruan tinggi, sehingga penataan manajemen pendidikan, dalam berbagai jalur dan jenjang yang sebelumnya merupakan wewenang pusat kemudian kewenangan bergeser pada sekolah atau perguruan tinggi, dengan tetap di bawah koordinasi dan pengawasan pemerintah di atasnya. Salah satu bentuk manajemen yang dilaksanakan ditingkat sekolah, sebagai pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah, adalah Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.

 

B. Pertanyaan Penelitian Tesis

  1. Bentuk aktivitas dan suasana persekolahan seperti apakah yang diciptakan oleh kepala sekolah dalam memimpin sekolah?
  2. Bagaimana aktivitas kepemimpinan Kepala sekolah dalam menciptakan suasana kerja?
  3. Bagaimana bentuk aktivitas kepemimpinan kepala sekolah yang paling efektif, dalam membentuk motivasi kerja guru ?

 

C. Kerangka Teori

Pengertian Kepemimpinan

Seiring dengan banyaknya kajian dan penelitian tentang fenomena kepemimpinan, maka definisi tentang kepemimpinan juga terjadi banyak fenomenanya. Tentang definisi kepemimpinan ini Yukl (2010:4), menuliskan :

  1. Kepemimpinan adalah “perilaku individu…yang mengarahkan aktivitas kelompok untuk mencapai sasaran bersama” (Hemphill & Coons,1957,h. 7)
  2. Kepemimpinan adalah “pengaruh tambahan yang melebihi dan berada di atas kebutuhan mekanis dalam mengarahkan organisasi secara rutin” (D.Katz & Kahn,1978, h. 528)
  3. Kepemimpinan dilaksanakan ketika seseorang…memobilisasi …sumber daya institusional, politis, psikologis, dan sumber-sumber lainya untuk membangkitkan, melibatkan dan memenuhi motivasi pengikutnya: (Burns,1978,h. 18).

Pengertian Motivasi

Mokowits marle J, dalam (Hasibuan 2010:96), mengatakan “ Motivation is usually defined the initiative and direction of behavior and the study of motivation is in effect of course of behavior “, maksudnya motivasi secara umum didefinisikan sebagai inisiatif dan pengarahan tingkah laku, dan pelajaran motivasi sebenarnya merupakan pelajaran tingkah laku.

Memahami Kepemimpinan Kepala Sekolah

Sekolah merupakan sebuah organisasi, pemimpinya adalah Kepala sekolah. Dengan demikian apabila dikaitkan dengan pendapat Sedarmayanti di atas maka Kepala Sekolah sebagai pemimpin organisasi di sekolah dapat mempengaruhi kehandalan Sumber daya manusia di suatu sekolah. Untuk kepentingan tersebut kepala sekolah selayaknya harus memiliki ketrampilan. Kompetensi ketrampilan yang diperlukan kepala sekolah menurut Wiles yang dikutip oleh Kusmintardjo (1989) dalam (Wahyudi 2009:33), meliputi : Skill in leadership, skill in human relationship, sklii in group process, skill in personal administration, and skill in evaluation. Maksudnya kurang lebih adalah : Keterampilan dalam kepemimpinan, keterampilan dalam hubungan manusia, ketrampilan dalam proses kelompok, keterampilan dalam administrasi pribadi, dan keterampilan dalam evaluasi.

 

D. Metode Penelitian

Metode kualitatif dilaksanakan dengan harapan mampu menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan, serta mampu mendeskripsikan data, fakta dan keadaan yang terjadi secara rinci, yang dijalani dengan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, sedangkan penggunaan metode kuantitatif peneliti berharap dapat memberikan langkah penguatan analisis dari data kualitatif.

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada penelitian adalah sumber data. Sumber data merupakan kumpulan informasi yang berhubungan dengan kegiatan penelitian.

Penelitian ini bersifat Mixed Method dengan pendekatan studi kasus, serta teknik penyajianya menggunakan studi deskriptif analitik, artinya menganalisis data apa adanya dengan dasar dari data kualitatif, yang diperkuat dengan berpikir induktif dan pemahaman teori, serta diperkuat dengan analisis data kuantitaif untuk menjelaskan fenomena dan aspek tertentu.

 

E. Kesimpulan

1. Aktivitas kepemimpinan Kepala sekolah ada kaitanya dengan perkembangan sekolah sebagai suatu organisasi. Sekolah dengan tingkat perkembangan organisasi yang masih dalam kategori sederhana aktivitas kepemimpinan yang dominan dilaksanakan adalah: Memperkokoh Keorganisasian, Membangun Komunikasi, Penguatan Pilar Manajemen, Program Penjaminan, Membangun Kemitraan dan Mengembangkan Wirausaha. Dengan konsep efisiensi pembiayaan, tetapi efektif dalam mencapai tujuan pendidikan. Berkaitan dengan Organisasi sekolah yang masih sederhana, dalam mewujudkan kepemimpinanya seorang Kepala sekolah dapat pula menciptakan suasana persekolahan melalui :

  1. Mengikat anak usia sekolah sasaran razia.
  2. Penyelenggaraan Pendidikan Alternatif, misalnya Sekolah gratis, dan rumah singgah sekolah.
  3. Kreasi Pelaksanaan Belajar Mengajar, yang meliputi : Mengajar, Mendidik, Melatih, Melindungi dan Mengasuh.

2. Kepemimpinan Kepala sekolah dalam menciptakan suasana kerja, meliputi:

  1. Menanamkan energi positif
  2. Membentuk sistim kerja
  3. Merealisasikan program penjaminan
  4. Aktivitas kepemimpinan kepala sekolah yang paling efektif dalam membentuk motivasi kerja guru adalah melalui Komunikasi dan Program Penjaminan.

 

Contoh Tesis Kepemimpinan

  1. Faktor-Faktor yang Mendasari Penilaian Wartawan Kepresidenan Mengenai Kompetensi Kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
  2. Hubungan Kompetensi Kepemimpinan, Kompensasi terhadap Motivasi Dan Kinerja Pegawai PT Merpati Nusantara Airlines
  3. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Motivasi Kerja Guru (Studi Kasus di Sekolah Masjid Terminal Depok Propinsi Jawa Barat)
  4. Pengaruh Budaya Organisasi dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Indramayu
  5. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Perempuan dan Tingkat Kepuasan Komunikasi terhadap Tingkat Kinerja Karyawan (Studi pada Staf Administrasi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)
  6. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Employee Engagement (Studi Kasus di Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
  7. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasi yang dimediasi oleh Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Badan Koordinasi Penanaman Modal RI)
  8. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Sukaguwimang Kabupaten Indramayu
  9. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Anggota Kepolisian di Polres Bogor Kota
  10. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Karyawan dalam Menjalankan Reformasi Birokrasi ( Studi Kasus Pada Organisasi Sektor Publik XYZ )
  11. Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Akademik Guru SMA Swasta Kecamatan Sukmajaya Kota Depok
  12. Persepsi Karyawan terhadap Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional pada PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang
  13. Struktur Kepemilikan, Kepemimpinan Perwakilan Keluarga pada Perusahaan, Praktek Corporate Governance, dan Peringkat Surat Utang