Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Jaringan Data Seluler: Dampak Signaling STORM di Jaringan Data Seluler

Judul Tesis : Analisis Dampak Signaling STORM di Jaringan Data Seluler yang disebabkan oleh Abnormal Signaling dari Smartphone dan Solusi Pengendaliannya

 

A. Latar Belakang

Dalam 5 tahun terakhir ini penggunaan smartphone di Indonesia tumbuh sangat signifikan. Menurut data IDC hingga tahun 2012, sudah sekitar 50 juta handset terjual di Indonesia dengan rata-rata pertumbuhan pasar per tahun sebesar 23% dalam kurun waktu 2008-2012. Pada kuartal ketiga tahun 2012, pengkapalan produk telepon seluler di pasaran Indonesia sudah mencetak rekor dengan jumlah 15.3 juta unit. Dari angka tersebut, ponsel jenis feature phone (ponsel dengan kemampuan dasar) masih memberikan kontribusi terbesar dengan 87.33% atau sekitar 13.5 juta unit, sedangkan dari jenis smartphone sekitar 2 juta unit atau sekitar 12.67%.

Bagi operator seluler, angka-angka tersebut tentu saja merupakan kabar yang menggembirakan, karena hal tersebut mencerminkan pertumbuhan jumlah pelanggan dan menunjukkan tengah naik daunnya layanan data yang menjadi primadona baru pemasukan keuntungan bagi operator.

 

B. Masalah Penelitian

  1. Seberapa besar dampak signaling akibat smartphone khususnya mengenai abnormal signaling yang disebabkan oleh proses PDP context di smatphone yang berulang karena tidak adanya balance atau kuota data yang mencukuipi untuk melakukan panggilan data?
  2. Bagaimana solusi yang effektif secara teknis maupun biaya yang bisa diterapkan oleh operator, mengingat solusi optimasi signaling yang ditawarkan oleh para vendor umumnya malah memberatkan operator di sisi CAPEX?

 

C. Tinjauan Pustaka

Signaling pada Smartphone

Secara global, Cisco melaporkan terjadinya kenaikan traffic data dari tahun 2000 ke 2011 sebanyak lebih dari 8 kali dan dipredikasi akan naik 3 kali lipat dalam 5 tahun kedepan. Kenaikan traffic oleh smartphone naik 3 kali lipat di tahun 2011 dari 55MB per user menjadi 155MB per user, dan secara rata-rata smartphone mengenerate traffic 35 kali lebih besar dari non-smartphone device.

Signaling di Radio Network

Smartphone ketika diluncurkan mempunyai masalah besar dengan kapasitas baterei yang cepat habis, beberapa vendor kemudian memberikan solusi yang disebut fast dormancy19, yang membuat smartphone akan kembali ke kondisi idle sesegera mungkin setelah mengirimkan atau menerima data. Solusi fast dormancy mampu memberikan daya tahan baterei yang lebih baik akan tetapi proses transisi status koneksi yang berubah-ubah mempunya masalah tersendiriuntuk signaling di radio network. Berikut ini merupakan keseluruhan transisi status untuk koneksi signaling di radio untuk jaringan 2G dan 3G.

Signaling di Core Network

Untuk membahas signaling di core network, terlebih dahulu perlu dijelaskan mengenai arsitektur jaringan core network dan mekanisme PDP Context beserta message flownya.

 

D. Metoda Penelitian

Dalam menyelesaikan penelitian, penulis menggunakan beberapa metoda penelitian yaitu Metoda penelitian komparatif, Metoda Statistic Descriptive, Analisis pro dan kontra.

Peneliti berperan dalam keseluruhan instrumen pokok pengumpulan data, analisis data, design solusi dan mengepalai project untuk percobaan serta analisis signaling storm sebelum dan sesudahnya.

 

E. Kesimpulan

  1. Pengukuran membuktikan bahwa 1% pelanggan yang menggunakan smartphone dan balancenya habis telah menyebabkan permintaan koneksi yang berulang di jaringan dan membebani sekitar 65% signaling di Interface Gx PCRF.
  2. Permintaan koneksi yang berulang bisa dikurangi dengan cara menjebak permintaan koneksi yang gagal setelah melewati threshold tertentu dan me-redirect permintaan koneksi berikutnya ke jalur khusus yang tidak mempunyai routing ke network manapun.
  3. Dari hasil ujicoba di network, cara tersebut mampu mengurangi permintaan koneksi dan jumlah signaling. Beberapa performance counter di network juga menunjukkan pengurangan yang significant, yaitu: 20% SGSN dan GGSN HW CPU load, SGSn connection attemp untuk 2G sebesar 47% dan 3G sebesar 72%, Traffic billing turun 40%, dan transactioon per second di PCRF turun 67%. Dari penurunan tersebut berimbas terhadap jumlah Gx CDR session/hari yang juga mengalami penurunan sebesar 80%.

Contoh Tesis Jaringan Data Seluler

  1. Analisis Dampak Signaling Storm di Jaringan Data Seluler yang Disebabkan oleh Abnormal Signalling dari Smartphone dan Solusi Pengendaliannya