Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Informasi Akuntansi: Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pd Siklus Pendapatan

Judul Tesis : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Siklus Pendapatan PT ABC (Perusahaan Kontruksi)

 

A. Latar Belakang

PT ABC adalah sebuah perusahaan jasa konstruksi yang menjadi partner pemerintah dalam menunjang kegiatan pembangunan secara berkelanjutan. PT ABC sangat membutuhkan informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu dalam kinerja perusahaan saat ini. Salah satu informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan ini adalah informasi pendapatan beserta pembelian materialnya. Indikatornya adalah apabila pembelian material mendekati nilai proyek atau pendapatan dari proyek tersebut, maka dilakukan pengawasan dan pengendalian yang ketat. Perusahaan ini sulit memperoleh informasi mengenai laporan pendapatan dan pembelian material karena proses pencatatan transaksi masih dilakukan manual.

Pencatatan transaksi-transaksi yang terjadi dalam kegiatan operasional sangat penting karena kinerja perusahaan dapat dianalisis secara tepat dan akurat. Untuk memperoleh pencatatan transaksi dengan tingkat kesalahan yang minimal, maka diperlukan sistem informasi akuntansi yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menyimpan data-data transaksi yang terjadi ke dalam database sistem informasi akuntansi. Data-data transaksi tersebut diolah menjadi informasi bagi perusahaan untuk menentukan perencanaan kegiatan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Seluruh kegiatan perusahaan terutama pendapatan dan pembelian materialnya tidak dilakukan komputerisasi karena tidak adanya sistem informasi akuntansi di dalam perusahaan ini.
  2. Pengendalian yang lemah terhadap pendapatan dan pembelian materialnya.
  3. Pengukuran kinerja perusahaan kurang akurat, terutama pembuatan laporan pendapatan dan laporan pembelian material. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan informasi yang dimiliki saat ini, sehingga dapat dikatakan perusahaan berkembang tanpa adanya perencanaan dan pengendalian.

 

C. Landasan Teori Tesis

Pengertian Sistem

Ada dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem, yaitu pendekatan yang menekankan pada prosedurnya dan komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Dimana prosedur itu sendiri menurut Whitten, Bentley, dan Dittman (2004) adalah urut-urutan yang tepat dari tahapantahapan instruksi yang menerangkan apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, kapan dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya.

Pengertian Sistem Informasi

Menurut Sommerville (2001) bahwa sistem informasi merupakan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mengubah data menjadi informasi yang lebih bernilai bagi penggunanya. Hal ini menunjukkan bahwa informasi harus berkualitas dan bernilai bagi penggunanya. Kualitas suatu informasi tergantung pada tiga hal, yaitu akurat (informasi bebas dari kesalahan), tepat waktu (informasi datang pada waktu yang tepat), dan relevan (informasi mempunyai manfaat bagi pemakainya). Sedangkan suatu informasi dikatakan bernilai apabila manfaatnya lebih efektif daripada biaya untuk mendapatkannya.

 

Analisis Sistem Informasi

Adalah teknik pemecahan masalah dengan menguraikan suatu sistem menjadi sub bagian atau komponen-komponen dari suatu sistem yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana sub bagian-sub bagian atau komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi dalam mencapai tujuan. Selain itu, analisis sistem informasi dapat dipandang sebagai serangkaian tahapan dalam pengembangan sistem informasi yang memfokuskan pada masalah dan kebutuhan bisnis (business requirement).

 

D. Metode Penelitian

Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST (Framework for the Application of Sistem Thinking). Pendekatan analisis yang digunakan adalah model-driven yang meliputi model data dan model proses.

Penelitian ini juga menggunakan pemodelan use-case untuk analisis business requirement.

Obyek dalam penelitian ini adalah PT ABC yang bergerak di bidang jasa konstruksi.

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan konstruksi dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk karya akhir ini adalah Wawancara, Observasi dan dokumentasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Perancangan sistem informasi akuntansi memudahkan proses pembelian material hingga penagihan proyek tercatat dengan komputerisasi sehingga perusahaan mengetahui laporan kinerja keuangan.
  2. Sistem informasi akuntansi membantu perusahaan untuk memantau proses pembelian material melalui data supplier yang berkinerja baik (kualitas tinggi, pengiriman cepat, dan murah). Sistem informasi akuntansi juga memantau pendapatan perusahaan melalui data penagihan di bank milik perusahaan.
  3. Manajemen dapat menarik laporan pendapatan dan pembelian material perusahaan secara akurat dan cepat melalui program sistem informasi akuntansi. Tujuannya adalah manajemen dapat melihat posisi keuangan perusahaan dan mengambil tindakan untuk mengoptimalkan keuangan perusahaan.

 

Contoh Tesis Sistem Informasi

  1. Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan yang Memanfaatkan Sistem Informasi Elektronik terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Wajib Pajak Besar Satu
  2. Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Teknologi Informasi dan Reorganisasi Direktorat Jenderal Pajak terhadap Produktivitas Aparat Pajak
  3. Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2000
  4. Analisis Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Sistem Administrasi Modern terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
  5. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi pada Perusahaan Jasa Berbasis Internet (Studi Kasus Pada Standguide Online)
  6. Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Mental Komuniti Terapetik Yayasan Titihan Respati Tahun 2000
  7. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada Siklus Pendapatan PT ABC (Perusahaan Konstruksi)
  8. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi pada X Consulting
  9. Analisa untuk Model Sistem Informasi Manajemen Pemantauan Kredit Bank
  10. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi (Pelayanan Logistik untuk Mendukung Proyek Turn Around)

Incoming search terms: