Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Bisnis Komunikasi: Regulasi Penerapan Konsep Tik Hijau pd Bisnis Telekomunikasi

Judul Tesis : Analisa Regulasi Penerapan Konsep Tik Hijau pada Bisnis Telekomunikasi di Indonesia (Studi Komparatif Korea Selatan)

A. Latar Belakang

Pembangunan TIK di sebuah negara khususnya di negara berkembang telah dipahami dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pemerintah Indonesia juga telah meletakkan pembangunan TIK ini sebagai salah satu elemen penting pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia secara keseluruhan.

Beberapa kebijakan dan strategi pembangunan telah ditetapkan dalam rangka tercapainya harapan akan infrastruktur TIK yang lebih baik, lebih cepat dan layananlayanannya (services) yang lebih berkualitas. Penerapan konsep TIK Hijau di dunia telekomunikasi di tanah air akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi lingkungan hidup, akan tetapi juga diharapkan mampu memeratakan pelayanan jasa telekomunikasi di seluruh pelosok penjuru tanah air, meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan pada akhirnya juga mampu meningkatkan profit penyelenggara layanan telekomunikasi itu sendiri.

B. Perumusan Masalah

Salah satu faktor utama penghambat penerapan konsep TIK Hijau di Indonesia khususnya di sektor bisnis telekomunikasi adalah tidak adanya perangkat peraturan perundangan yang mewajibkan pelaku bisnis telekomunikasi di Indonesia untuk memanfaatkan energi terbarukan dalam praktek bisnis mereka. Peraturan perundangundangan di atas harus sesuai dengan UU No. 12 tahun 2011 tentang tata urutan peraturan perundangan di Indonesia dan atau peraturan pelaksanaannya. Dalam hal ini kiranya penerapan konsep TIK hijau di negara Korea Selatan kiranya bisa dijadikan sebagai referensi.

C. Tinjauan Pustaka Tesis 

Konsep TIK Hijau

Banyaknya emisi gas buang karbondioksida (CO2) di dunia mengakibatkan terjadinya berbagai permasalahan lingkungan seperti terjadinya pemanasan global, perubahan cuaca yang sukar untuk diprediksi, dsb. Dampak-dampak ini mulai dirasakan dan menjadi kekuatiran semua pihak karena akan mengganggu keseimbangan ekosistem kehidupan secara keseluruhan. Industri yang menjadi sumber penghasil emisi CO2 saat ini dituntut untuk juga lebih memperhatikan masalah emisi gas buang ini dan didorong untuk menghasilkan produk-produk yang ramah lingkungan dibanding produk-produk sebelumnya.

Usaha Internasional untuk Mendukung TIK Hijau

Beberapa lembaga internasional telah melakukan usaha-usaha untuk mendukung penerapan konsep TIK hijau, baik itu organisasi atau badan standarisasi (Standard Bodies) maupun organisasi atau badan non standarisasi (Non-Standard Bodies).

Etika Bisnis dan TIK Hijau

Etika adalah studi tentang moralitas dan bahwa seseorang mulai menjalankan etika ketika dia mulai melihat standar moral yang telah diserap dari keluarga, gereja, teman,dan masyarakat dan mulai bertanya apakah standar itu rasional atau tidak rasional dan apakah standar itu menyatakan situasi dan isu-isu.

E. Kesimpulan

Hasil analisa regulasi di sektor telekomunikasi dalam hal penerapan konsep TIK hijau di Indonesia menunjukkan bahwa masih belum ada perangkat peraturan perundangan yang memadai sehingga secara efektif ditaati oleh seluruh pihak yang berkepentingan di bidang bisnis telekomunikasi di Indonesia, dalam hal ini yang mewajibkan mereka untuk menerapkan konsep TIK hijau dalam praktek bisnis mereka.

Berkaca pada pengalaman Korea Selatan dalam hal penerapan konsep TIK hijau maka perlu adanya pemberian insentif baik itu dalam bentuk keringanan pajak atau bentuk insentif lainnya kepada pemangku kepentingan di bidang TIK, khususnya para penyelenggara layanan telekomunikasi di Indonesia yang telah terbukti menerapkan konsep TIK hijau secara konsisten dalam praktek bisnis mereka. Sebaliknya, perlu diberikan sanksi yang sangat tegas kepada para penyelenggara layanan telekomunikasi di Indonesia yang telah terbukti menunjukkan keengganannya untuk menerapkan konsep TIK hijau secara konsisten dalam praktek bisnis mereka.

Contoh Tesis Bisnis Telekomunikasi

  1. Analisis Penerapan Strategi 4 in 1 dalam Rangka Menghadapi Kompetisi Bisnis Telekomunikasi
  2. Analisa Strategi Bisnis Indosat Memasuki Bisnis Telekomunikasi Domestik (Lokal dan SLJJ)
  3. Analisa Regulasi Penerapan Konsep TIK Hijau pada Bisnis Telekomunikasi di Indonesia (Studi Komparatif Korea Selatan)