Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Bahasa dan Sastra: Siaran Bahasa Mandarin Radio Metta FM Solo sbg Media Sosialisasi

Judul Tesis : Siaran Bahasa Mandarin Radio Metta FM Solo sebagai Media Sosialisasi dan Pembelajaran Bahasa Mandarin di Solo

 

A. Latar Belakang

Di Zaman globalisasi seperti saat ini bahasa mandarin adalah bahasa yang sangat penting,dalam menyeleksi karyawan setiap perusahaan menuntut karyawan tidak hanya mempunyai pendidikan yang tinggi tapi juga harus memiliki keahlian yang tinggi,terutama bisa berbahasa asing.kita semua tahu bahwa sekarang ini bahasa mandarin adalah bahasa international ke 2 setelah bahasa inggris,sehingga bisa berbahasa mandarin adalah satu keuntungan.universitas Sebelas Maret adalah Universitas Negeri yang terkenal di kota Solo,sekarang telah mempunyai Program bahasa asing yaitu bahasa Mandarin.penulis juga belajar bahasa Mandarin di sana.

Setiap tahun ada 2 dosen asing dari China yang datang untuk mengajar di Universitas Sebelas Maret,mengajak mahasiswa untuk lebih giat belajar,sehingga setelah lulus nanti bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat,Program Diploma III Bahasa Mandarin Universitas Sebelas Maret mempunyai 4 jurusan,yaitu:

  1. Pengajaran
  2. Bisnis
  3. Media
  4. Pariwisata

 

B. Rumusan Masalah

  1. Sejauh mana peran siaran Bahasa Mandarin Radio metta FM solo mampu menjadi media sosialisasi dan pembelajaran bahasa mandarin di solo?
  2. Program siaran Bahasa Mandarin apa saja yang di siarkan di Radio metta FM solo?

 

C. Landasan Teori

Elektronik Sebagai Media Komunikasi

Media massa baik cetak maupun elektronik mempunyai ciri masingmasing, tetapi mempunyai satu tujuan yang sama yaitu untuk mengurangi hambatan waktu dan tempat, dan seperti yang di ungkapkan oleh Marshall Mc Luhan dalam Globe Village, bahwa dunia semakin kecil di banding sebelumnya disebabkan kehadiran alat-alat elektronik sebagai media komunikasi, informasi suatu negara akan dapat diketahui pada waktu yang relatif singkat di belahan dunia yang laindan elektronik seperti radio dan tv akan semakin menentukan dalam pembangunan dunia yang semakin globlal (www.google.co.id Barker, 1993 : 385).

Pengertian Radio

Radio atau yang lebih di kenal dengan siaran Radio adalah suatu kegiatan yang biasanya menggunakan dan memakai artikel, membuat dan menggunakan alat-alat elektronik dalam menyiarkan suatu acara kepada pendengarnya,demi memperluas siaran Radio dan menghibur pendengarnya.(www.Baidu.com)

Pengertian Siaran Radio

Siaran radio atau dalam bahasa inggris di sebut communication adalah salah satu jenis proses tukar menukar komunikasi antar umat manusia.dan informasi adalah isi penting dari siaran radio.tujuan pokok dari siaran radio adalah menyampaikan informasi,antara satu orang dengan orang yang lain,satu orang dengan masyarakat umum,dan cara menyampaikan siaran radio seiring dengan kemajuan zaman bisa di lakukan melalui lambang-lambang,penerimaan informasi atau arus imbal balik informasi secara tepat.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi dan mengkopi dokumentasi baik dari radio metta fm ataupun internet juga melakukan hubungan langsung dengan manajemen radio Metta fm.

Penulis juga melakukan Studi Pustaka menggunakan buku – buku pendukung penulisan laporan ini.

 

E. Kesimpulan

  1. Radio METTA FM SOLO adalah salah satu Radio Swaata di kota Solo yang mempunyai acara berbahasa mandarin.
  2. WO AI METTA adalah acara unggulan di Radio METTA FM SOLO karena telah mempunyai rating pendengar paling tinggi di banding acara yang lain.
  3. Acara WO AI METTA setiap hari senin sampai jum’at di mulai pukul 09.00WIB sampai pukul 10.00 WIB adalah acara request yang memutarkan lagu-lagu mandarin baru dan lama.

 

Contoh Tesis Bahasa dan Sastra

  1. Sosok Tokoh Saridin dalam Seni Kethoprak terhadap Penanaman Budi Pekerti Siswa
  2. Struktur Cerita dan Nilai-Nilai Pendidikan yang Terdapat dalam Cerita Saridin Versi Kethoprak
  3. Tindak Tutur Perlokusi dalam Wacana Cerita Rakyat si Kabayan
  4. Variasi Tindak Tutur dalam Kursus Panatacara Permadani Semarang
  5. Akunin Shoki Model Penyelamatan Manusia Menurut Agama Budha Jepang Jodoshinshu
  6. Pemilihan Metode Ceramah, Drill, dan Game dalam Pembelajaran Bahasa China di Kelas X SMA N 1 Karanganyar
  7. Vebra Bervalensi Dua Dalam Kalimat Bahasa Jawa (Kajian Struktur Dan Makna)
  8. Peranan Penting Siaran Bahasa Mandarin di Radio Metta Fm Solo Sebagai Media Sosialisasi
  9. Cerita Rakyat Ki Kerta Bangsa di Dukuh Prampogan Desa Payungan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten
  10. Cerita Rakyat Kanjeng Raden Adipati Tumenggung Kolopaking di Desa Kalijirek Kecamatan Kebumen