Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Analisis Kinerja: Analisa Kinerja TCM – SM pd Kanal Fading

Judul Tesis : Analisa Kinerja TCM – SM pada Kanal Fading

A. Latar Belakang Tesis

Tuntutan peningkatan data rate dan kualitas layanan sistem komunikasi wireless memicu lahirnya teknik baru untuk meningkatkan efisiensi spektrum dan perbaikan kualitas transmisi. Ini dapat dicapai dengan menggunakan multi antena pada sisi pengirim dan penerima, dikenal dengan multiple input multiple output (MIMO). Pada MIMO terdapat 1 antena pengirim dan – antena penerima, dimana setiap antena pengirim akan mengirimkan informasi yang berbeda satu dengan yang lain.

Ada dua hal yang dicapai oleh MIMO yaitu diversity gain dan mutiplexing gain. Diversity gain dapat dicapai melalui teknik spatial diversity, dimana pengirim mengirimkan beberapa replika sinyal informasi pada kanal independent fading, sehingga di receiver minimal ada satu sinyal yang tidak mengalami fading terburuk. Space Time Block Code (STBC) adalah skema yang digunakan dalam teknik transmit diversity untuk mencapai diversity gain pada sistem MIMO tapi tidak menawarkan coding gain. Pada transmisi STBC sinyal yang ditransmisikan orthogonal satu dengan lainnya dan perancangannya tergantung pada jumlah antena pemancar. Skema transmisi orthogonal STBC merupakan skema transmisi yang diperkenalkan oleh Alamouti.

 

B. Tujuan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja TCM-SM pada sistem MIMO untuk kanal fading. Kinerja dinyatakan dengan bit error rate (BER) yang terjadi pada sistem. Kinerja dilihat dari pengaruh pemilihan jumlah antena MIMO, modulasi yang digunakan dan jumlah state pada TCM.

 

C. Tinjauan Pustaka

Spatial Modulation

Sistem MIMO terdiri atas 1 antena pengirim dan – antena penerima, dimana setiap antena akan mengirimkan informasi yang berbeda satu dengan yang lainnya.blok diagram untuk sistem MIMO dengan sistem VBLAST. Dimana dengan menggunakan spatial multiplexing atau space division multiplexing (SDM) pada sinyal yang akan dikirim dan multiplexing gain dapat dicapai.

TCM-SM

TCM-SM mengimplementasikan TCM pada SM MIMO untuk penentuan konstelasi sinyal. Secara umum TCM-SM terdiri dari:

  • Splitter
  • Konstelasi Antena dan Dekonstelasi Antena
  • Konstelasi Sinyal
  • SM Mapper dan SM Demapper Universitas Indonesia
  • Kanal Propagasi Wireless MIMO
  • Deteksi Optimal Maximum Likelihood
  • Soft Decision Viterbi

 

D. Metodologi Penelitian

Studi literatur dilakukan sebagai proses pembelajaran mengenai teori secara umum melalui artikel, jurnal penelitian dan buku-buku referensi.

Perancangan sistem berdasarkan hasil studi literatur. Dari perancangan yang ada kemudian diturunkan probabilitas kesalahan bit untuk sistem secara keseluruhan.

Menganalisa sistem berdasarkan parameter-parameter yang telah ditentukan, membandingkannya dan membuat kesimpulan.

 

E. Kesimpulan

  1. Pada penelitian ini telah dilakukan analisa kinerja TCM-SM untuk MIMO pada kanal flat fading Rayleigh dan kanal fading Rician, dimana kinerja dinyatakan dengan probabilitas kesalahan bit.
  2. Untuk jumlah bit yang sama, kinerja TCM-SM akan lebih baik untuk orde modulasi yang lebih rendah.
  3. Penambahan jumlah state pada TCM dapat meningkatkan kinerja TCM-SM.

 

Contoh Tesis Analisa Kinerja

  1. Analisa Kinerja Staf Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang tahun 2000
  2. Analisa Kinerja Sistem MC-CDMA Berbasis Transformasi Wavelet Dibandingkan dengan Berbasis Transformasi Fourier
  3. Analisa Kinerja TCM-SM pada Kanal Fading
  4. Analisa Kinerja Trafik Sentralisasi Proses Administrasi Lelang Menggunakan 3 Koneksi VPN (Virtual Private Network) pada Aplikasi E-Auction di DJPLN Departemen Keuangan RI
  5. Analisa Kinerja CDMA IRMA dan MC-CDMA IRMA untuk Integrasi Suara dan Data
  6. Analisa Kinerja dan Implementasi Adaptive Transcoder pada Jaringan LAN (Local Area Network)
  7. Analisa Kinerja Ekspor Indonesia Sektor Industri Manufaktur Padat Sumberdaya Pertanian
  8. Analisa Kinerja Investasi Etis di Indonesia Periode 2001 – 2002 (Studi Kasus Perbandingan Kinerja Investasi Konvensional dengan Investasi Syariah di Indonesia)
  9. Analisa Kinerja Ketepatan Waktu Pengiriman Laporan Kunjungan Kasus Kesehatan Jiwa di Puskesmas Wilayah Jakarta Pusat Tahun 2003-2004
  10. Analisa Kinerja Keuangan Bank Syariah ditinjau dari Pengaruh Eksternal (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Periode Januari 2001 – Juni 2003)
  11. Analisa Kinerja Keuangan Sebuah Perusahaan Kontrak Production Sharing Pertamina X
  12. Analisa Kinerja Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Indonesia Tahun 2003-2005 dengan Menggunakan Tabel Input Output
  13. Analisa Kinerja PT. X dengan Metode Balanced Scorecard
  14. Analisa Kinerja Reksa Dana Saham di Indonesia 2003-2006