Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Reaksi Pasar trhdp Pengumuman Pergantian CEO Diukur dgn Return Saham

Judul Tesis : Reaksi Pasar terhadap Pengumuman Pergantian Chief Executive Officer (CEO) Diukur dengan Variabilitas Return Saham

 

A. Latar Belakang

Harga saham terpengaruh dengan semua jenis informasi, baik informasi masa lalu, informasi publik, maupun informasi privat. Informasi tersebut dapat berupa laporan tahunan perusahaan, pembagian dividen, pemecahan saham, pengumuman merger dan akuisisi, analisis dari para analis saham, dan masih banyak lagi. Salah satu informasi publik yang dapat diketahui investor melalui berbagai media adalah pengumuman pergantian Chief Executife Officer (CEO).

Chief Executive Officer atau sering juga disebut manajer puncak atau direktur utama merupakan eksekutif tertinggi yang mengelola keseluruhan organisasi. CEO bertugas untuk mencapai tujuan organisasi, strategi keseluruhan, dan kebijakan operasional. CEO juga memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan mengenai berbagai aktivitas seperti akuisisi perusahaan lain, investasi dalam penelitian dan pengembangan, memasuki atau mengabaikan berbagai pasar, dan membangun fasilitas pabrik dan kantor yang baru (Griffin, 2004).

 

B. Rumusan Masalah

  • Apakah pasar bereaksi terhadap pengumuman pergantian CEO dilihat dari adanya perubahan variabilitas return saham tanpa dan dengan mempertimbangkan confounding effect?
  • Apakah pasar bereaksi terhadap pengumuman pergantian CEO dengan pengganti dari dalam (inside) dilihat dari adanya perubahan variabilitas return saham tanpa dan dengan mempertimbangkan confounding effect?
  • Apakah pasar bereaksi terhadap pengumuman pergantian CEO dengan pengganti dari luar (outside) dilihat dari adanya perubahan variabilitas return saham tanpa dan dengan mempertimbangkan confounding effect?

 

C. Landasan Teori

Efisiensi Pasar Modal

Tandelilin (2001) dalam konsep pasar efisien, menyebutkan bahwa informasi merupakan hal yang ditekankan, artinya pasar yang efisien adalah pasar di mana harga semua sekuritas yang diperdagangkan telah mencerminkan semua informasi yang tersedia. Pertanyaannya adalah informasi mana yang dapat digunakan untuk menilai pasar yang efisien, apakah informasi yang lama, informasi yang sedang dipublikasikan atau semua informasi yang termasuk informasi privat (Hartono, 2003).

Chief Executive Officer (CEO)

Manajer menggunakan keahlian konseptual, manusia, dan teknis untuk melakukan fungsi-fungsi manajemen. Namun tidak semua pekerjaan manajer itu sama. Manajer bertanggung jawab untuk semua departemen yang berbeda, bekerja pada tingkat hierarki yang berbeda, dan memenuhi persyaratan yang berbeda untuk mencapai kinerja yang tinggi.

 

Pergantian CEO

Pergantian top management adalah salah satu kebijakan yang diputuskan dalam RUPS. Warner, Watts, dan Wruck (1988) mendefinisikan pergantian top management sebagai perubahan dalam susunan orang yang memegang gelar chief executive officer (CEO), presiden, atau chairman of the board.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Penelitian ini merupakan event study (studi peristiwa) yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event) yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sumber data dalam penelitian ini merupakan data sekunder dengan periode pengamatan mulai 1 Januari 2004 sampai 31 Desember 2007.

 

E. Kesimpulan

Pasar juga ditemukan bereaksi terhadap pengumuman pergantian CEO dengan pengganti berasal dari dalam perusahaan (inside). Tetapi, pasar ditemukan bereaksi hanya ketika sampel bersih dari confounding effect, ketika sampel melibatkan confounding effect, pasar ditemukan tidak bereaksi. Hasil penelitian mengenai pengumuman pergantian CEO rutin outside, dan inside ini sesuai dengan penelitian Lako (2003) bahwa terdapat perbedaan hasil penelitian ketika sampel mengandung unsur confounding effect dengan ketika sampel bersih dari confounding effect. Pasar ditemukan bereaksi terhadap pengumuman pergantian CEO tanpa dan dengan mempertimbangkan confounding effect ketika pengganti berasal dari luar perusahaan (outside). Pasar juga bereaksi ketika peneliti mengkombinasikan proses pergantian secara nonrutin dengan pengganti dari luar perusahaan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Penerimaan Kas Dari Sambungan Barudan Tagihan Rekening Air
  2. Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Pergantian Chief Executive Officer (CEO) Diukur
  3. Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Pembuatan Tahu Fajar Di Jumantono
  4. Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Pada Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Badan
  5. Prediksi Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Property