Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Pengaruh Praktik Perataan Laba trhdp Cost Of Equity Capital

Judul Tesis : Pengaruh Praktik Perataan Laba terhadap Cost Of Equity Capital (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

 

A. Latar Belakang

Mekanisme perdagangan saham pasar modal di Indonesia diatur oleh BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal). Perusahaan-perusahaan yang ingin menjual saham-sahamnya di bursa efek harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu. Salah satu ketentuan yang harus dipenuhi adalah perusahaan diwajibkan memberikan informasi yang memadai mengenai kondisi keuangan perusahaan. Informasi ini disusun sedemikian rupa dalam bentuk laporan keuangan, yang diterbitkan tiap akhir tahun atau pada periode pelaporan tertentu. Laporan keuangan perusahaan harus diaudit oleh auditor independen, untuk memastikan bahwa laporan keuangan tersebut disajikan secara wajar dan telah sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum. Sehingga informasi yang disajikan dalam laporan keuangan menjadi lebih bermanfaat bagi proses pengambilan keputusan investor.

Investor akan memanfaatkan berbagai informasi yang tersedia untuk menganalisa suatu keputusan investasi. Laporan keuangan perusahaan menjadi salah satu sumber informasi dalam menilai perusahaan menguntungkan atau tidak untuk dijadikan investasi. Informasi tersebut dan ditambah informasi dari berbagai sumber lainnya akan dianalisis oleh investor sehingga mereka dapat mengambil keputusan investasi, seperti membeli, menahan, atau menjual saham. Selain itu investor juga dapat mengetahui seberapa besar risiko atas investasi yang akan mereka tanamkan.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah apakah perataan laba yang dilakukan perusahaan berpengaruh pada besarnya cost of equity capital?

 

C. Landasan Teori

Manajemen Laba (Earnings Management)

Healy dan Wahlen (1998) menyatakan bahwa manajemen laba terjadi apabila manajer menggunakan penilaian (judgment) dalam pelaporan keuangan dan menyusun transaksi untuk mengubah laporan keuangan menjadi menyesatkan bagi para pemegang saham tentang kinerja ekonomi utama perusahaan, atau untuk mempengaruhi hasil kesepakatan yang bergantung pada angka akuntansi yang dilaporkan. Dye (1988) dan Scott (1997) dalam Kepsu (2005) menyatakan bahwa manajemen laba adalah pilihan kebijakan akuntansi perusahaan sejalan dengan tujuan tertentu manajemen.

Pengertian Perataan Laba

Holthausen dan Leftwich (1983) dalam Athanasakou, Strong, dan Walker (2006) mengidentifikasi perataan laba sebagai sarana bagi manajer untuk menyampaikan ekspektasi mereka terhadap profitabilitas perusahaan di masa yang akan datang, dalam kerangka praktik akuntansi konvensional, yang tidak mengijinkan pengungkapan peramalan laba.

 

Pengertian Cost Of Equity Capital

Pengertian cost of equity capital terdapat dalam beberapa literatur, seperti Lambert, Leuz, dan Verrecchia (2006) yang mendefinisikan cost of equty capital sebagai return saham perusahaan yang diharapkan. Lara, Osma, dan Penalva (2007) menyatakan bahwa cost of equity capital merupakan return saham perusahaan yang diharapkan yang tersirat dalam estimasi para analis.

 

D. Metode Penelitian Tesis 

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2003–2007, dengan sampel penelitian sebanyak 66 perusahaan sehingga terdiri dari 330 observasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan program SPSS®for Windows® versi 15.00.

 

E. Kesimpulan

  1. Hasil uji ketepatan perkiraan menunjukkan nilai adjusted R2 sebesar 0,457. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 45,7% sedangkan 54,3% dijelaskan oleh faktorfaktor lain yang tidak dicantumkan pada model penelitian.
  2. Pengujian statistik F menghasilkan nilai Fhitung sebesar 39,675 dengan signifikansi (p-value) sebesar 0,000. Nilai signifikansi (p-value) ini signifikan pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa variabel ukuran perusahaan (Size), rasio Book to Market (B/M), leverage (LEV), dan perataan laba (IS) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel cost of equity capital (variabel dependen).

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Peningkatan Kontribusi Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota
  2. Analisis Arus Kas Laboratorium Komputer K-Media Tehnik Arsitektur UNS
  3. Evaluasi Anggaran Penjualan Ditinjau dari Berbagai Metode Peramalan Pada Hotel Sahid Raya Solo
  4. Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Sampai Penyelesaian Kredit Pada Koperasi Serba Usaha
  5. Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Faktor Sosial Dan Kepuasan Pemakai Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer Pada Perusahaan Penerbitan Di Surakarta