Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Kompleksitas Tugas trhdp Kepuasan Pemakai

Judul Tesis : Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Kompleksitas Tugas terhadap Kepuasan Pemakai dalam Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Komputer (Survey terhadap Rumah Sakit di Wilayah Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Keberhasilan pengembangan sistem informasi juga tergantung pada kesesuaian harapan antara sistem anayst, pemakai (user), sponsor, dan langganan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan McKeen et al. dan Choe dalam Setianingsih (1998) menyatakan bahwa keberhasilan pengembangan suatu sistem informasi mengidentifikasikan kepuasan pemakai sebagai salah satu indikator pengukuran.

Kepuasan pemakai sistem informasi berkaitan dengan seberapa jauh pemakai percaya pada sistem informasi yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang mereka butuhkan dan kualitas keputusan sebagai suatu tujuan penting sistem informasi dalam mendukung pembuatan keputusan (Ives et al., 1983)

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah partisipasi pemakai mempunyai hubungan terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi berbasis komputer?
  2. Apakah kompleksitas tugas mempunyai hubungan terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi berbasis komputer?

 

C. Landasan Teori

Partisipasi Pemakai

Muawanah (2000) mendefinisikan pemakai sebagai orang yang menggunakan sistem sebagai bagian tugasnya maupun orang yang menggunakan output sistem informasi. Setianingsih dan Indriantoro (1998) menyebutkan bahwa pemakai adalah mereka yang terlibat secara langsung dalam penggunaan informasi.

Kepuasan Pemakai

Chandrarin dan Indriantoro (1997) mendefinisikan kepuasan pemakai merupakan ungkapan rasa menyenangkan atau tidak menyenangkan yang timbul dalam diri pemakai. Kepuasan pemakai mengungkapkan keselarasan antara harapan seseorang dan hasil yang diperoleh dari sistem. Kepuasan pemakai merupakan hal yang penting untuk mengukur keberhasilan sistem informasi.

Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Komputer

McLeod (1998) mendefinisikan sistem sebagai suatu kumpulan dari komponen-komponen yang saling berhubungan dan saling bekerjasama untuk memenuhi tujuan atau fungsi tertentu. Sedangkan Martin et al. (1994) mendefinisikan sebagai kumpulan aktivitas yang saling berhubungan yang berguna untuk mentransformasikan input menjadi output.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Metode pengujian yang digunakan adalah pengujian hipotesa karena penelitian yang dilakukan adalah untuk menjelaskan sifat dasar hubungan antar variabel.

Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu judgement sampling.

Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan data primer sebagai sumber data.

 

E. Kesimpulan

  1. Sesuai dengan analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi berbasis komputer mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pemakai atas sistem yang dikembangkan. Ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu t hitung : 3,170 > t tabel : 1,67 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,002. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian sebelumnya, antara lain Mc.Keen et al. (1994), Chandrarin & Indriantoro (1997), Setianingsih & Indriantoro (1998), Restuningdiah & Indriantoro (2000), dan Lindrianasari (2001).
  2. Kompleksitas tugas yang diduga sebagai variabel independen yang mempengaruhi kepuasan pemakai didukung oleh hasil penelitian ini dengan arah (-) berlawanan dengan kepuasan pemakai yaitu jika kompleksitas tugas meningkat maka kepuasan pemakai akan menurun. Hal ini dibuktikan dengan uji t yang dilakukan, dimana nilai t hitung dibuktikan lebih besar dari t tabel (2,212 > 1,67) atau dapat dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0,030 < 0,05. Hasil penelitian ini tidak mendukung pernyataan Mc. Keen et al. (1994) dan Restuningdiah & Indriantoro (2000), tetapi mendukung penelitian yang dilakukan oleh Chandrarin & Indriantoro (1997).

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Pembantu Chemical Pada Pt.Kusumahadi Santosa Surakarta
  2. Intellectual Capital Disclosure: Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
  3. Pengaruh Dana Alokasi Khusus (Dak) Dan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Terhadap Belanja Daerah Bidang Pendidikan Pada Kabupaten/Kota Di Sulawesi
  4. Hubungan Antara Kinerja Sosial Dan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Ukuran Perusahaan
  5. Analisis Pengaruh Roce Dan Cse Terhadap Residual Earnings (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverage Di Bei)