Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Pengaruh Economic Value Added dan Profitabilitas trhdp Return Saham

Judul Skripsi : Pengaruh Economic Value Added dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Return Pemegang Saham

 

A. Latar Belakang

Salah satu sarana untuk melakukan investasi adalah pasar modal, Dalam pasar modal memungkinkan para pemodal (investor) untuk melakukan diversifikasi investasi, membentuk portofolio sesuai dengan resiko yang bersedia mereka tanggung dan tingkat keuntungan yang diharapkan. Investasi pada sekuritas juga bersifat liquid (mudah dirubah). Para pemilik modal harus diperhatikan oleh perusahaan dengan cara memaksimalkan nilai perusahaan tersebut, nilai perusahaan merupakan ukuran keberhasilan atas pelaksanaan fungsi – fungsi keuangan.

Penilaian prestasi suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan itu untuk menghasilkan laba. Laba perusahaan selain merupakan indikator kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban bagi para penyandang dananya juga merupakan elemen dalam penciptaan nilai perusahaan yang menunjukkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Tingkat profitabilitas perusahaan dapat diukur dari beberapa aspek, yaitu berdasarkan ROS (Return on Sales), EPS (Earning Per Share), ROA (Return on Asset), ROE (Return on Equity).

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas, maka yang menjadi rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah EVA dan Profitabilitas perusahaan mempengaruhi return pemegang saham.

 

C. Landasan Teori

Profitabilitas

Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dalam kegiatan operasinya merupakan fokus utama dalam penilaian prestasi perusahaan (analisis fundamental perusahaan) karena laba perusahaan selain merupakan indikator kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban bagi para penyandang dananya juga merupakan elemen dalam penciptaan nilai perusahaan yang menunjukkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Dari sini permasalahannya menyangkut efektifitas manajemen dalam menggunakan total aktiva maupun aktiva bersih seperti yang tercatat dalam neraca. Efektifitas dinilai dengan menghubungkan laba bersih – yang didefinisikan dengan berbagai cara – terhadap aktiva yang digunakan untuk menghasilkan laba.

 

Return Saham

Return saham merupakan pendapatan yang diterima oleh pemegang saham berupa deviden yang dibayar oleh perusahaan maupun capital gain yaitu selisih antara harga jual dan harga beli saham.

 

Economic Value Added (EVA)

Pada dasarnya pemodal (investor) akan tertarik untuk melakukan investasi pada saham di perusahaan yang menawarkan jumlah, stabilitas dan tingkat pertumbuhan dari pendapatan yang akan mereka terima. Para investor akan dengan cepat mengestimasi harga saham perusahaan di masa yang akan datang dan besarnya deviden yang akan diterima apabila para investor mengetahui dengan pasti laba yang akan mereka peroleh dari perusahaan. EVA sebagai indikator dari keberhasilan manajemen dalam memilih dan mengelola sumber-sumber dana yang ada di perusahaan tentunya juga akan berpengaruh positif terhadap return pemegang saham.

 

D. Metode Penelitian

Objek yang diteliti adalah harga-harga saham harian dari populasi saham perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Jakarta sejak tahun 2001 sampai dengan 2003.

Sampel penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling untuk sampel bersyarat yang ditentukan dengan kriteria-kriteria tertentu atau judgement sampling.

Variabel – variabel dalam penelitian ini adalah variabel dependen dan variabel independen.

Penelitian ini menggunakan data historis yang diambil selama kurun waktu 2001-2003.

Pengujian model regresi berganda dalam menguji hipotesis haruslah menghindari kemungkinan penyimpangan asumsi klasik.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Dari hasil pengujian statistik yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara bersama – sama profitabilitas dan EVA (Economic Value Added) perusahaan dengan return pemegang saham perusahaan manufaktur dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel – variabel tersebut memberikan pengaruh yang signifikan. Hal ini secara otomatis menguatkan dugaan bahwa profitabilitas perusahaan yang diwakili oleh rasio – rasio ROA (Return on Asset), ROE (Return on Equity), serta EVA (Economic Value Added) memiliki pengaruh secara serentak terhadap return pemegang saham.
  2. Hasil pengujian statistik secara parsial terhadap masing – masing variabel bebas yaitu EVA (Economic Value Added), ROA (Return on Asset), dan ROE (Return on Equity) tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap return pemegang saham sehingga variabel – variabel EVA (Economic Value Added), ROA (Return on Asset), dan ROE (Return on Equity) tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap return pemegang saham perusahaan manufaktur. Artinya, perubahan return pemegang saham dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Pengaruh Economic Value Added dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Return Pemegang Saham
  2. Pengaruh Insider Ownership, Dispersion Of Ownership, Free Cash Flow, Collaterizable Assets, dan Tingkat Pertumbuhan terhadap Kebijakan Deviden
  3. Pengaruh Kandungan Informasi Keuangan terhadap Abnormal Return Saham
  4. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri