Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Pengaruh Earnings Management & Corporate Governance trhdp Nilai Perusahaan

Judul Tesis : Pengaruh Earnings Management dan Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI

 

A. Latar Belakang

Ketika konflik keagenan yang dominan terjadi di dalam perusahaan, dapat menyebabkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan juga meningkat. Agency cost terjadi jika antara agent dan principal memiliki tujuan yang berbeda, sebab agency cost merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengurangi ataupun menekan adanya konflik keagenan. Jika konflik keagenan yang terjadi meningkat maka biaya keagenan akan meningkat sehingga hal ini juga akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang akhirnya akan menurun (Safrina, 2008).

Salah satu cara yang dilakukan manajemen dalam proses penyusunan laporan keuangan yang dapat mempengaruhi tingkat laba yang ditampilkan adalah earnings management yang diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan pada saat tertentu. Tujuan earnings management adalah meningkatkan kesejahteraan pihak tertentu walaupun dalam jangka panjang tidak terdapat perbedaan laba kumulatif perusahaan dengan laba yang dapat diidentifikasikan sebagai suatu keuntungan (Fischer dan Rosenzweirg, 1995). Menurut Scott (2000) pengelolaan laba dapat dilakukan (1) secara efisien serta memberikan informasi laba yang efektif dan (2) mengelola laba yang dilakukan secara opportunis. Pengelolaan laba yang efisien dan bersifat informatif merupakan harapan bagi pemilik modal. Sedangkan bagi para manajer, pengelolaan laba yang opportunis terkadang yang mereka butuhkan sebab dengan melaporkan laba yang bersifat opportunis mereka dapat memperoleh apa yang mereka inginkan seperti mendapatkan bonus atau mendapatkan kenaikan gaji.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah earnings management mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan?
  2. Apakah corporate governance yang dalam penelitian ini meliputi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kualitas audit mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan?

 

C. Landasan Teori

Asimetri Informasi

Di dalam hubungan keagenan, permasalahan atau konflik antara pihak principal dan agent sering timbul. Permasalahan keagenan yang muncul salah satunya disebabkan oleh adanya informasi yang tidak seimbang antara pihak principal dan agent mengenai keadaan perusahaan sesungguhnya. Para manajer yang memiliki informasi lebih mengenai keadaan perusahaan yang sesungguhnya tidak memberikan semua informasi yang dimilikinya kepada pihak principal, sedangkan disisi lain pihak principal memerlukan semua informasi yang relevan tentang kondisi menyeluruh perusahaan untuk mengambil keputusan, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan adanya asimetri informasi antara manajer dan pemilik modal. Menurut Sartono (1997) asimetri informai terjadi jika seorang manajer mengetahui prospek perusahaan lebih baik dari analis atau investor.

Nilai Perusahaan

Meningkatkan nilai perusahaan adalah tujuan utama dari setiap perusahaan, karena semakin tinggi nilai perusahaan akan semakin tinggi pula kesejahteraan stakeholder-nya. Menurut Christiawan dan Tarigan dalam Wulandari (2009), terdapat beberapa konsep nilai yang menjelaskan nilai suatu perushaan yaitu: nilai nominal, nilai pasar, nilai intrinsik, nilai buku dan nilai likuidasi.

Definisi Earnings Management

Informasi earnings memainkan peranan yang signifikan dalam proses pengambilan keputusan ekonomi oleh pengguna laporan keuangan. Manajer memiliki kepentingan yang sangat kuat dalam pemilihan kebijakan akuntansi untuk mengelola earnings agar terlihat bagus secara finansial.

 

D. Metode Penelitian

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 124 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2007. Sampel ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Nilai perusahaan diukur menggunakan price book value (PBV) dan sebanyak 4 hipotesis diuji dalam penelitian ini menggunakan analisis multiple regression.

 

E. Kesimpulan Tesis 

  1. Earnings management berpengaruh signifikan pada level 5% terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan sampel menggunakan earnings management yang diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan harapan dapat menguntungkan semua pihak.
  2. Kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan pada level 5% terhadap nilai perusahaan. Koefisien negatif mengindikasikan adanya anggapan investor bahwa manajer bersifat opportunis.
  3. Kualitas audit berpengaruh signifikan pada level 5% terhadap nilai perusahaan. Hal ini berarti nilai perusahaan akan meningkat jika diaudit oleh KAP Big 4.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Earnings Management Dan Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan
  2. Pengaruh Praktik Perataan Laba terhadap Cost Of Equity Capital
  3. Analisis Rasio Untuk Menilai Kinerja Koperasi Primkopti Klaten
  4. Evaluasi Pengendalian Intern Sistem Penggajian Pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Ngawi
  5. Evaluasi Penyusunan Anggaran Penjualan pada Divisi Percetakan dan Penerbitan