Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Manfaat Rasio Keuangan dlm Memprediksi Perubahan Laba

Judul Tesis : Manfaat Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba pada Perusahaan yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar Belakang

Masyarakat luas pada dasarnya mengukur keberhasilan perusahaan berdasarkan kemampuan perusahaan yang terlihat dari kinerja manajemen. Kinerja suatu perusahaan merupakan hasil dari serangkaian proses dengan mengorbankan berbagai sumber daya. Adapun salah satu parameter kinerja tersebut adalah laba. Laba adalah kenaikan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal. Laporan laba rugi yang di dalamnya tercantum laba atau rugi yang dialami oleh perusahaan tersebut, merupakan salah satu laporan keuangan utama perusahaan yang melaporkan hasil kegiatan dalam meraih keuntungan untuk periode waktu tertentu.

Untuk memahami informasi tentang laporan keuangan, analisis laporan keuangan sangat dibutuhkan (Hartono dan Zainudin,1999). Dalam menganalisis laporan keuangan, masing-masing pihak mempunyai kepentingan sendiri-sendiri yang berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan kepentingan tersebut akan membawa perbedaan dalam cara menganalisis laporan keuangan dan perbedaan dalam tekanan tekanan yang diberikan pada analisis tersebut, dengan kata lain penafsiran terhadap hasil analisis laporan keuangan suatu perusahaan akan tergantung kedudukan dan kepentingan masing-masing pihak terhadap perusahaan yang bersangkutan.

 

B. Rumusan Masalah

Apakah rasio keuangan yang meliputi operating income to sales, gross profit to sales, net income to sales, ROI, ROE, dan leverage ratio bermanfaat dalam memprediksi perubahan laba pada perusahaan yang go publik di Bursa Efek Jakarta.

 

C. Tujuan Penelitian Tesis

Memberikan bukti empiris mengenai manfaat rasio keuangan yang meliputi operating income to sales, gross profit to sales, net income to sales, ROI, ROE, dan leverage ratio bermanfaat dalam memprediksi perubahan laba pada perusahaan yang go publik di Bursa Efek Jakarta.

 

D. Landasan Teori

Laba

Salah satu fungsi dari akuntansi adalah melaksanakan pengukuran termasuk pengukuran prestasi, hasil usaha, laba, dan posisi keuangan. Laba didefinisikan dan diukur dengan pandangan yang berbeda-beda. Menurut akuntansi yang dimaksud dengan laba adalah perbedaan antara revenue yang direalisasi yang timbul dari transaksi periode tertentu dihadapkan dengan biaya-biaya yang terjadi dalam periode tersebut. Baridwan (1997:31) laba didefinisikan sebagai kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari semua transaksi atau kejadian lain yang mempengaruhi badan usaha pada suatu periode kecuali yang timbul dari pendapatan (revenue) atau investasi oleh pemilik.

Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan adalah proses pertimbangan yang bertujuan untuk mengevaluasi posisi keuangan masa lalu dan masa sekarang dan hasil operasi sebuah perusahaan, dengan tujuan utamanya adalah menetapkan kemungkinan estimasi yang terbaik dan prediksi mengenai kondisi dan kinerja masa yang akan datang.

Rasio Keuangan

Dari beberapa teknik analisis terhadap laporan keuangan, analisis dengan menggunakan rasio keuangan merupakan cara paling sering digunakan. Pengertian rasio keuangan adalah alat yang dinyatakan dalam arithmatical mean yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua macam data finansial (Riyanto,1995). Analisis rasio merupakan titik tolak dalam mengembangkan informasi yang diinginkan oleh analis. Dengan menggunakan analisis rasio akan dapat diketahui segala aspek mengenai kondisi keuangan perusahaan yang dapat digunakan untuk memprediksi kondisi yang akan datang, sehingga kinerja perusahaan akan dapat diketahui.

 

E. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang go publik di Bursa Efek Jakarta tahun 1999-2001.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan data sekunder.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Persepsi Akuntan Pendidik Dan Akuntan Publik Terhadap Kualitas Akuntan Menghadapi Tuntutan Profesionalisme Di Era Globalisasi
  2. Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA)
  3. Manfaat Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba pada Perusahaan yang Go Publik Di Bursa Efek Jakarta
  4. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern pada Pembelian Bahan Baku Cv. Suka Lentera Abadi
  5. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas