Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Kepemilikan Institusional, Likuiditas Aset n Tangibility trhdp Modal

Judul Tesis : Pengaruh Kepemilikan Institusional, Likuiditas Aset dan Tangibility terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur dalam Bidang Food And Baverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007 Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol

 

A. Latar belakang

Para investor akan melakukan berbagai analisis terkait dengan keputusan untuk menanamkan modalnya pada perusahaan. Keputusan yang diambil oleh manajer keuangan mengenai penggunaan modal harus efisien, khususnya dalam menjalankan fungsi keputusan pendanaan (financing decision) harus mencari sumber-sumber alternatif dana untuk kemudian dianalisis dalam kaitannya untuk pengambilan keputusan investasi (investment decision). Struktur modal yang memaksimalkan harga saham tidak selalu dapat dicapai oleh perusahaan sehingga diperlukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal.

Sumber pembiayaan perusahaan dapat berasal dari modal internal berupa saham dan laba ditahan atau berasal dari eksternal perusahaan yaitu hutang. Sebagai pihak ketiga kreditur sebagai pemegang hutang tentunya meminta pengembalian atas hutangnya sekaligus bunganya. Sementara pemegang saham tentunya mengharapkan pengembalian yang tinggi atas investasinya baik berupa dividen ataupun gain dari kenaikan harga saham. Modal yang dimiliki oleh perusahaan akan digunakan untuk menjalankan aktivitas operasional perusahaan. Manajer harus mampu menjalankan perusahaan dengan optimal agar dana yang diinvestasikan memberikan return yang tinggi. Investasi yang perusahaan lakukan diharapkan mampu mendatangkan laba yang tinggi bagi perusahaan. Jensen (1986) menyatakan bahwa manajemen lebih menyukai investasi yang dilakukan oleh perusahaan didanai oleh modal sendiri dari laba ditahan dari pada dengan hutang.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah kepemilikan institusional berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan ?
  2. Apakah likuiditas aset berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan ?
  3. Apakah tangibility berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan ?

 

C. Landasan Teori

Modal Perusahaan

Modal ialah baik yang berupa barang-barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang terdapat di neraca sebelah debet, maupun berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat disebelah kredit (Bakker dalam Riyanto, 1997: 18).

Kepemilikan Institusional dan Struktur Modal

Kepemilikan institusional dapat didefinisikan sebagai proporsi saham yang dimiliki oleh institusional pada akhir tahun yang diukur dalam prosentase (Wahidahwati, 2001). Dalam teori portofolio, investor memiliki kecenderungan untuk berinvestasi pada lebih dari satu saham dalam rangka meminimalkan resiko. Meskipun demikian, investor memiliki peran yang besar dalam memonitor dan mempengaruhi manajemen dalam rangka menjaga investasinya.

 

Tangibility dan Struktur Modal

Tangibility dapat didefinisikan sebagai rasio Plant Property and Equipment atau dengan kata lain tangibility merupakan proposi atau bagian aktiva perusahaan yang berupa aktiva tetap. Sriwardani (2006) menyatakan bahwa pertumbuhan perusahaan sangat diharapkan oleh pihak internal maupun eksternal suatu perusahaan karena dapat memberikan suatu aspek.

 

D. Metode Penelitian

Penelitan ini merupakan penelitian empiris yang mencoba memberikan bukti tentang pengaruh kepemilikan institusional, likuiditas aset dan tangibility terhadap struktur modal perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007 yang positif bagi mereka.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.121 atau 12.1%. Hal tersebut menunjukan bahwa 12.1 % perubahan struktur modal dipengaruhi oleh kepemilikan institusional, likuiditas aset, tangibility dan ukuran perusahaan. Sedangkan 87,9 % dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian.
  2. Pengujian ANOVA menunjukan hasil yang signifikan. Kepemilikan institusional, likuiditas aset, tangibility dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap struktur modal perusahaan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Corporate Governance Perception Index, Dan Ukuran
  2. Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Job Order Costing Pada Perusahaan
  3. Analisa Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Pengaruh Kepemilikan Institusional, Likuiditas Aset Dan Tangibility Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Dalam Bidang Food And Baverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007 Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol
  4. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional
  5. Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Stock Split Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

 

Incoming search terms: