Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan & Pengeluaran Kas

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas (Studi Kasus pada PT (PERSERO) Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta)

 

A. Latar Belakang

Penerimaan kas pada PT (PERSERO) Angkasa Pura I berasal dari penerimaan hasil penjualan kredit (penagihan piutang usaha), penerimaan hasil penjualan tunai dan penerimaan lain – lain seperti bunga deposito, jasa giro, pembuatan dokumen lelang dan lain sebagainya. Sedangkan pengeluaran kas digunakan untuk beban – beban antara lain beban pemeliharaan, beban pegawai dan lain sebagainya, pengadaan aktiva tetap, uang muka dan pengeluaran – pengeluaran lainnya.

Dari hasil pra survey yang dilakukan oleh peneliti, diketahui beberapa kelemahan yang ada dalam Sistem Informasi Akuntansi siklus penerimaan dan pengeluaran kas di PT (PERSERO) Angkasa Pura I. Pertama, sejak tahun 1999 berdasarkan peraturan dari pusat yaitu Keputusan Direksi PT (PERSERO) Angkasa Pura I Nomor Kep.59/KU.210/1999 tanggal 12 Agustus 1999, prosedur akuntansi dan keuangan perusahaan ini belum pernah berubah atau belum pernah dievaluasi kembali termasuk sistem penerimaan dan pengeluaran kas. Padahal dari hasil interview diketahui bahwa SIA prosedur penerimaan dan pengeluaran kas tersebut ternyata terlalu rumit pelaksanaannya dengan banyaknya dokumen yang digunakan, distribusi maupun sistem otorisasinya. Prosedur akuntansi dan keuangan termasuk penerimaan dan pengeluaran kas tersebut juga dirasa sudah tidak relevan lagi dengan kondisi dan perkembangan aktivitas ekonomi khususnya akuntansi yang dilakukan perusahaan saat ini.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah Sistem Informasi Akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas yang diterapkan PT (PERSERO) Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta sudah efektif dan efisien?
  2. Apakah Sistem Pengendalian Intern penerimaan dan pengeluaran kas PT (PERSERO) Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta sudah efektif dan efisien?

 

C. Landasan Teori

Sistem Informasi

Suatu sistem informasi menerima masukan data dan instruksi, mengolah data tersebut dan mengeluarkan hasilnya. Suatu sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur–prosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian dalam organisasi (Hartono, 1999:35).

Akuntansi

Secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak–pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan (Niswonger , 1999 : 6).

Sistem Informasi Akuntansi

Langkah pertama dalam menyediakan dukungan bagi pemecahan masalah untuk manajer adalah dengan menerapkan suatu Sistem Informasi Akuntansi yang baik. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah kumpulan sumber daya yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi (Bodnar dan Hopwood, 2000 : 1).

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitian mengenai Sistem Informasi Akuntansi peneriman dan pengeluaran kas di PT (PERSERO) Angkasa Pura I, dilakukan dengan studi kasus.

Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.

Metode–metode yang dilakukan untuk memperoleh data dengan cara interview, observasi dan dokumentasi.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis secara kualitatif.

 

E. Kesimpulan Tesis 

Sistem Informasi Akuntansi siklus penerimaan dan pengeluaran kas yang diterapkan PT (PERSERO) Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta sudah cukup efektif karena tujuan penerapan SIA perusahaan telah tercapai yaitu memberikan informasi keuangan yang berkualitas, akurat, bebas dari kesalahan–kesalahan, tidak bias, dan jelas bagi para pemakai. Tetapi, penerapan SIA pada perusahaan masih belum efisien lebih banyak kelemahan yang ditemukan dalam pelaksanaanya daripada kelebihan yang ada. Prosedur penerimaan dan pengeluaran kas yang ada sekarang terlalu rumit, boros dan bisa memakan banyak waktu dalam pelaksanaannya dikarenakan banyaknya dokumen, distribusi serta proses otorisasinya.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Supermarket Asia Makmur Boyolali
  2. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas
  3. Evaluasi Ketepatan Penentuan Tarif Sewa Bed Per Hari Pada Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo
  4. Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi Potensi Kebangkrutan pada Perusahaan
  5. Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Nilai Kurs Rupiah, Suku Bunga SBI dan Cadangan Devisa