Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pd Supermarket

Judul Tesis : Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Supermarket Asia Makmur Boyolali

 

A. Latar Belakang

Perkembangan dunia usaha dan daya saing yang semakin ketat dalambidang ekonomi, menuntut adanya suatu pengelolaan perusahaan yang baik, yang sesuai dengan kondisi perusahaan itu sendiri. Sikap profesionalisme dari setiap elemen yang ada dalam organisasi perusahaan juga sangat diperlukan untuk menjamin perusahaan tetap berada pada kondisi yang optimal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk mendukung aktivitas-aktivitas perusahaan, salah satunya adalah sistem yang digunakan dalam perusahaan, termasuk didalamnya sistem pengadaan barang. Apalagi bagi perusahaan dagang, sistem pembelian atau pengadaan barang yang memadai sangat menunjang keberhasilan perusahaan terutama berkaitan dengan kemampuan menyediakan barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sistem akuntansi pembelian barang dagangan pada Supermarket Asia Makmur Boyolali dan penerapannya agar dapat mencegah aktivitas yang merugikan perusahaan?
  2. Apa saja kelebihan dan kelemahan dari sistem akuntansi pembelian barang dagangan yang diterapkan pada Supermarket Asia Makmur Boyolali?

 

C. Tinjauan Pustaka

  1. Hubungan antara Sistem Akuntansi dan Sistem Pengendalian Intern. Sistem Akuntansi mencakup sumber daya keuangan sebuah perusahaan. Sumber daya tersebut harus dilindungi dari kegiatan yang dapat merugikan perusahaan. Perlindungan aktiva memerlukan pertimbangan dan implementasi dari Sistem Pengendalian Intern. Selain itu Sistem Pengendalian Intern juga menyelenggarakan fungsi lain seperti membantu memastikan proses keakuratan data akuntansi dan membantu meningkatkan efisiensi secara operasional dalam perusahaan.
  2. Pengertian Sistem Akuntansi

Terdapat beberapa pengertian mengenai sistem akuntansi, diantaranya sebagai berikut.

  1. Sistem akuntansi menurut Stettler dalam Baridwan (1990: 3) adalah formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur-prosedur, dan alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kesatuan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya, dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditur, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasi.
  2. Sistem akuntansi menurut Mulyadi (2001: 3) adalah organisasi, formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.
  1. Praktik yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi.

Cara-cara yang ditempuh perusahaan dalam menciptakan praktik yang sehat, adalah sebagai berikut.

  1. Penggunaan formulir bernomor urut tercetak yang pemakaiannya harus dipertanggung jawabkan oleh yang berwenang.
  2. Pemeriksaan mendadak yang dilaksanakan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak yang akan diperiksa, dengan jadwal yang tidak teratur.
  3. Setiap transaksi tidak boleh dilaksanakan dari awal sampai akhir oleh satu orang atau satu unit organisasi, tanpa ada campur tangan dari orang atau unit organisasi lain.

 

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah studi kasus.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Metode Pengumpulan Data yaitu wawancara, studi pustaka dan observasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Transaksi pembelian pada Supermarket Asia Makmur dilaksanakan oleh beberapa fungsi yang terkait, yaitu: fungsi pembelian, fungsi gudang, fungsi keuangan, dan fungsi akuntansi.
  2. Jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi pembelian pada Supermarket Asia Makmur dimulai dari prosedur order pembelian, prosedur penerimaan barang, prosedur pencatatan utang, serta prosedur pembayaran dan pengeluaran kas.
  3. Dokumen-dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi pembelian tersebut terdiri dari.
    1. Surat Order Pembelian. Surat Order Pembelian dibuat rangkap 3 dan didistribusikan kepada pemasok, tembusan untuk fungsi gudang, dan sebagai arsip bagi fungsi pembelian.
    2. Print out penerimaan barang yang berfungsi sebagai laporan penerimaan barang.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Supermarket Asia Makmur Boyolali
  2. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas
  3. Evaluasi Ketepatan Penentuan Tarif Sewa Bed Per Hari Pada Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo
  4. Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi Potensi Kebangkrutan pada Perusahaan
  5. Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Nilai Kurs Rupiah, Suku Bunga SBI dan Cadangan Devisa