Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Pembantu Chemical

Judul Tesis : Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Pembantu Chemical pada PT. KUSUMAHADI Santosa Surakarta

 

A. Latar Belakang

PT.Kusumahadi Santosa merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang kegiatan utamanya mengolah bahan baku berupa benang menjadi bahan jadi berupa kain yang siap jual. Bahan baku terdiri dari benang katun dan benang rayon, sedangkan bahan pembantu terdiri dari chemical, paper cone, layer box, box packing,klem black dan straping band. Pembelian bahan baku sendiri ditangani oleh tim khusus pembelian, sedangkan bahan pembantu ditangani oleh perusahaan. Bahan pembantu merupakan faktor penting dalam proses produksi terutama bahan pembantu chemical dalam proses pembuatan di PT. Kusumahadi Santosa, karena bahan pembantu chemical sebagai penentu kualitas hasil suatu produk. Selain itu bahan pembantu chemical dibutuhkan untuk mempertahankan kestabilan suatu proses produksi.

Perusahaan harus mampu mengelola dan mengadakan bahan pembantu chemical dengan baik dan berkualitas untuk menunjang kelancaran proses produksi sehingga produk yang dihasilkan berkualitas. Pembelian bahan pembantu chemical diperlukan adanya sistem akuntansi yang baik yang didalamnya terdapat unsur – unsur pengendalian intern yang baik pula untuk mencegah terjadinya penyelewengan dan kecurangan. Pembelian bahan pembantu chemical sangat memerlukan perhatian yang extra dalam pengadaan dan penyimpanan, karena akan mempengaruhi kelancaran aktivitas produksi dan hasil dari produksi itu sendiri. Untuk pengadaan bahan pembantu ini memerlukan pertimbangan yang cukup matang, baik yang terkandung dalam kuantitas dan ketepatan waktu untuk mendatangkan bahan bahan pembantu chemical tersebut. Terkait masalah pengadaan diatas juga akan mempengaruhi penerimaan dan penyimpanan serta resiko yang akan terjadi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sistem akuntansi pembelian bahan pembantu chemical di PT. Kusumahadi Santosa Surakarta ?
  2. Bagaimana evaluasi sistem akuntansi pembelian bahan pembantu chemical di PT. Kusumahadi Santosa Surakarta?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem dan Prosedur

Sistem menurut Mulyadi (2001 : 5) adalah : “Sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan yang lainnya, yang berfungsi bersama – sama untuk mencapai tujuan tertentu.”

Pengertian Sistem Akuntansi

Menurut Mulyadi (2001 : 5) sistem akuntansi adalah : “Organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pegelolaan perusahaan.”

Pengertian Persediaan Bahan Pembantu

Dalam perusahaan manufaktur, persediaan terdiri dari : persediaan produk jadi, persediaan produk dalam proses, persediaan bahan baku, persediaan bahan penolong, persediaan bahan habis pakai pabrik, perediaan suku cadang. Dalam perusahaan dagang, persediaan hanya terdiri dari satu golongan, yaitu persediaan barang dagangan yang dibeli untuk dijual kembali. Transaksi yang mengubah persediaan produk jadi, persediaan bahan baku, persediaan bahan penolong, persediaan bahan habis pakai pabrik, dan persediaan suku cadang, bersangkutan dengan transaksi intern perusahaan dan transaksi yang menyangkut pihak luar perusahaan (penjualan dan pembelian),sedangkan transaksi yang mengubah persediaan produk dalam proses seluruhnya berupa transaksi intern perusahaan. ( Mulyadi 2001:553).

 

D. Kesimpulan Tesis

PT.Kusumahadi Santosa merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang tekstil. Perusahaan ini meggunakan bahan baku berupa benang dan bahan pembantu chemical. Pengadaan bahan baku perusahaan menggunakan tim khusus pembelian yang telah ditunjuk oleh perusahaan, sedangkan dalam penanganan bahan pembantu ditangani oleh perusahaan sendiri, khususnya dalam pembelian bahan pembantu chemical yang merupakan faktor terpenting dalam proses produksi. Pembelian bahan pembantu chemical pada PT.Kusumahadi Santosa pembeliannya dilakukan secara kredit. Sistem pembelian bahan pembantu chemical pada PT.Kusumahadi Santosa sudah cukup baik dan berjalan dengan lancar, terbukti dengan adanya pemisahan fungsi sehingga tidak dilakukan oleh satu fungsi saja meskipun ada juga fungsi yang masih merangkap dengan fungsi lain. Selain itu, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan juga sudah memadai. Prosedur yang digunakan juga sudah baik. Jadi sistem akuntansi pembelian bahan pembantu chemical pada PT.Kusumahadi Santosa sudah cukup baik, meskipun masih ada yang perlu diperbaiki dan ditambahkan.

 

E. Rekomendasi

  1. Sebaiknya ada pemisahan fungsi antara penerimaan barang dan bagian gudang sehingga bisa mencegah terjadinya penyelewengan atau kerjasama yang bisa merugikan perusahaan.
  2. Sebaiknya adanya pemisahan fungsi pencatatan dan operasional, sehingga akan mengurangi tindak kerjasama yang bisa merugikan perusahaan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Pembantu Chemical Pada Pt.Kusumahadi Santosa Surakarta
  2. Intellectual Capital Disclosure Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar
  3. Pengaruh Dana Alokasi Khusus (Dak) Dan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Terhadap Belanja Daerah Bidang Pendidikan Pada Kabupaten/Kota Di Sulawesi
  4. Hubungan Antara Kinerja Sosial Dan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Risiko Manajemen Dan Kepemilikan Institusional