Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi dgn Metode Job Order Costing

Judul Tesis : Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Job Order Costing pada Perusahaan Logam Jaya

 

A. Latar Belakang

Perusahaan yang menggunakan job order costing dalam penentuan harga pokok produksinya menjadi hal yang penting karena harga pokok produksi mempengaruhi harga jual yang ditawarkan pada pemesan. Harga pokok produksi yang terlalu tinggi menyebabkan harga jual yang ditawarkan menjadi terlalu tinggi, sehingga perusahaan mengalami risiko kerugian dalam hal persaingan dengan kompetitornya. Sementara itu, harga pokok produksi yang terlalu rendah menyebabkan harga jual yang terlalu rendah pula, sehingga perusahaan mengalami risiko kerugian karena harga jual tersebut tidak mampu menutup biaya produksi. Oleh karena itu harga pokok produksi harus dihitung secara akurat sehingga harga yang ditawarkan menjadi akurat pula.

Harga Pokok Produksi merupakan keseluruhan biaya produksi yang terserap kedalam setiap unit produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Biaya produksi itu terdiri dari tiga elemen biaya yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya produksi lain untuk menyelesaikan suatu produk atau sering disebut biaya overhead pabrik.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana Penentuan Harga Pokok Produksi dengan metode Job Order Costing yang dilakukan oleh Perusahaan Logam Jaya ?
  2. Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi dengan metode Job Order Costing yang dilakukan oleh Perusahaan Logam Jaya.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Biaya

Biaya dalam arti luas adalah sumber ekonomi yang diukur dalam satuan yang telah terjadi atau yang akan terjadi untuk tujuan tertentu. Sedangkan pengertian biaya dalam arti sempit adalah pengorbanan sumber daya ekonomi untuk memperoleh aktiva (Mulyadi,2002:10).

Pengertian Harga Pokok Produksi

Dalam sistem penghitungan biaya berdasarkan pesanan (Job Order Costing) biaya produksi diakumulasikan untuk setiap pesanan secara terpisah. Suatu pesanan adalah output yang dihasilkan atau diidentifikasikan untuk memenuhi pesanan pelanggan tertentu atau untuk mengisi kembali suatu item dari persediaan (Mardiasmo, 1994: 2).

Biaya Bahan Baku

Meliputi semua biaya bahan baku yang dikeluarkan untuk menyelesaikan satu pesanan. Menurut penulis, penghitungan biaya bahan baku yang telah dilakukan oleh perusahaan Logam Jaya sudah tepat. Yaitu dengan mengalikan jumlah kuantitas bahan baku yang dipakai, dengan harga pokok bahan baku tersebut.

 

D. Kesimpulan

  1. Perusahaan Logam Jaya dalam mengumpulkan komponen biaya produksinya, menggunakan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik yang berhubungan langsung dengan proses produksi barang.
  2. Pembebanan pada produk dengan menggunakan komponen biaya produksi yang relatif stabil, yaitu biaya tenaga kerja langsung.

 

E. Saran

  1. Sebaiknya Perusahaan Logam Jaya juga memperhitungkan biaya yang lainnya, seperti biaya depresiasi (mesin, peralatan, gedung pabrik), biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya listrik dan air, dan juga biaya perawatan dan pemeliharaan mesin. Karena biaya-biaya tersebut juga menentukan besarnya harga pokok produksi.
  2. Akan lebih baik kalau Perusahaan Logam Jaya membuat kartu harga pokok pesanan agar dapat mengetahui harga pokok produksi dari tiap pesanan yang dikerjakan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Corporate Governance Perception Index, Dan Ukuran
  2. Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Job Order Costing Pada Perusahaan
  3. Analisa Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Pengaruh Kepemilikan Institusional, Likuiditas Aset Dan Tangibility Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Dalam Bidang Food And Baverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2007 Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol
  4. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional
  5. Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Stock Split Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia