Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Analisis Pengaruh Roce & CSE trhdp Residual Earnings

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Roce dan CSE terhadap Residual Earnings (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverage di BEI)

 

A. Latar Belakang

Tingkat pertumbuhan dan kemampuan perusahaan diperkirakan untuk mengambil keputusan dalam melangkah, dan memperluas usaha. Analisis berguna untuk melihat perusahaan dari aspek-aspek tertentu yang menjadi landasan bagi kebijakan / keputusan yang diambil. Keputusan yang dibentuk berdasarkan analisis, digunakan untuk menilai / memperbaiki kinerja perusahaan.

Analisis yang ada berguna bagi semua pihak berkaitan dengan kepentingan masing-masing. Pihak yang berkepentingan berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Analisis yang digunakan oleh masing-masing pihak terkait tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan berbagai pihak memiliki kepentingan masing-masing dan kebutuhan informasi yang diperlukan tidak selalu sama. Oleh karena itu, analisis yang digunakan seringkali berbeda berdasarkan kebutuhan masing-masing.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh antara margin keuntungan penjualan(PM) dengan residual earnings di industri barang konsumsi?
  2. Adakah pengaruh antara perputaran aset(ATO) dengan residual earnings di industri barang konsumsi?
  3. Adakah pengaruh antara other items / NOA dengan residual earnings di industri barang konsumsi

 

C. Landasan Teori

Laporan Keuangan

Laporan keuangan menurut Riyanto (1997:327) adalah ikhtisar mengenai keadaan finansial suatu perusahaan dimana neraca (balance sheet) mencerminkan suatu aktiva, hutang ,dan modal sendiri pada saat tertentu, dan laporan rugi/laba(income statement) mencerminkan hasil-hasil yang dicapai selama periode tertentu, biasanya meliputi periode suatu tahunan.

Kinerja Keuangan

Menurut Helfert (1996) kinerja adalah “hasil dari banyak keputusan individual yang dibuat terus-menerus oleh manajemen”. Untuk menilai kinerja, perusahaan perlu melibatkan analisis dampak keuangan kumulatif, dan ekonomi serta mempertimbangkan ukuran komparatif.

Analisis Laporan Keuangan

Menurut Djarwanto (1984:51) Analisis laporan keuangan meliputi tata hubungan dan kecenderungan / trend untuk mengetahui apakah keadaan keuangan, hasil usaha dan kemajuan keuangan perusahaan memuaskan / tidak memuaskan. Analisis dilakukan dengan mengukur hubungan antara unsur-unsur itu dari tahun ke tahun untuk mengetahui arah perkembangannya.

 

D. Metode Penelitian

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat survei. Penelitian ini merupakan penelitian studi empiris.

Populasi adalah keseluruhan kelompok indifidu.

Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang food and beverage di BEI, berdasarkan kriteria yang ada, diperoleh 18 perusahaan yang terpilih sebagai sampelnya.
  2. Dari 8 rasio variabel independen, setelah diuji dengan asumsi klasik, dinyatakan bahwa rasio tersebut memenuhi syarat untuk dianalisis dengan analisis regresi berganda.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Pembantu Chemical Pada Pt.Kusumahadi Santosa Surakarta
  2. Intellectual Capital Disclosure: Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
  3. Pengaruh Dana Alokasi Khusus (Dak) Dan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Terhadap Belanja Daerah Bidang Pendidikan Pada Kabupaten/Kota Di Sulawesi
  4. Hubungan Antara Kinerja Sosial Dan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Ukuran Perusahaan
  5. Analisis Pengaruh Roce Dan Cse Terhadap Residual Earnings (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverage Di Bei)