Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akutansi: Analisis Arus Kas Laboratorium Komputer K-Medi@ Tehnik Arsitektur

Judul Tesis : Analisis Arus Kas Laboratorium Komputer K-Medi@ Tehnik Arsitektur UNS

 

A. Latar Belakang

Para pegawai di dalam laboratorium ini adalah seorang laboran, 5 orang asisten utama dan 10 orang asisten magang. Sistem pembayaran untuk para pegawai, antara lain : Rp.300.000,- untuk laboran dan Rp.20.000,- untuk asisten utama. Kecuali itu terdapat komisi sebesar 10% untuk semua asisten yang mengoperatori jasa pelayanan. Gaji dan komisi diberikan setiap bulan pada awal bulan setelah bulan pelayanan.

Laporan Keuangan Laboratorium Komputer K-Medi@ dibuat dengan menggunakan laporan keuangan sistem arus kas harian. Laporan ini setiap bulan diserahkan kepada dosen pengelola untuk diteliti dan disetujui untuk pembayaran gaji dan komisi. Selain itu, dari laporan keuangan tersebut akan digunakan untuk mencari dana bagi pengembangan jasa pelayanan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terjadi peningkatan harga jasa layanan dalam laboratorium komputer K-Medi@ teknik arsitektur dan apakah faktor-faktor yang menjadi penyebab dari peningkatan harga tersebut?
  2. Apakah terjadi peningkatan atau penurunan saldo kas dalam laboratorium komputer K-Medi@ teknik arsitektur selama 3 semester selama proses operasional dilakukan ?
  3. Apakah penyebab terjadinya peningkatan atau penurunan saldo kas dalam laboratorium komputer K-Medi@ teknik arsitektur selama 3 semester dalam proses operasional yang dilakukan ?

 

B. Landasan Teori

Analisis Arus Kas

Tujuan utama laporan arus kas adalah menyediakan informasi yang relevan mengenai penerimaan dan pengeluaran kas selama suatu periode. Penerimaan kas dan pembayaran kas selama suatu periode diklasifikasikan dalam laporan arus kas menjadi 3 aktivitas berbeda, yaitu :

  • Aktivitas operasi (operating activities); meliputi pengaruh kas dari transaksi yang digunakan untuk menentukan laba bersih.
  • Aktivitas investasi (investing activities); meliputi pemberian dan penagihan pinjaman serta perolehan dan pelepasan investasi (baik hutang maupun ekuitas) serta properti, pabrik, dan peralatan.
  • Aktivitas pembiayaan (financing activities); melibatkan pos-pos kewajiban dan ekuitas pemilik. Aktivitas ini meliputi:
  1. perolehan sumber daya dari pemilik dan komposisinya kepada mereka dengan pengembalian atas dan dari investasinya
  2. peminjaman uang dari kreditor serta pelunasannya.

 

Persediaan Barang Pendukung

Persediaan barang pendukung laboratorium komputer berupa : kertas, tinta, double tape, disket, dan CD. Persediaan barang pendukung tersebut dibeli setiap persediaan barang tersebut habis. Apabila laboratorium komputer sedang ramai, biasanya persediaan barang pendukung cepat habis, sehingga pengurus harus membeli sendiri barang tersebut. Hal ini disebabkan karena laboratorium komputer ini belum memiliki jaringan dengan pihak luar untuk memesan dan mengantar barang pendukung tersebut.

Penggunaan Layanan

Pengguna layanan laboratorium komputer adalah : mahasiswa arsitek UNS, dengan harga pelayanan yang lebih murah dibandingkan dengan mahasiswa di luar arsitek, karena tujuan dari pembangunan laboratorium komputer digunakan hanya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mahasiswa Tehnik Arsitektur UNS, sehingga terjadi perbedaan harga jasa pelayanan antara proyek dengan mahasiswa.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.

Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode dokumentasi.

Tehnik dan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah Common Size Analysis.

 

E. Kesimpulan

  1. Harga jasa pelayanan laboratorium, mengalami peningkatan. Peningkatan harga tersebut disebabkan karena 2 faktor, yaitu :
    1. Mahalnya pemeliharaan peralatan yang dilakukan, baik untuk pengisian tinta maupun perbaikan suku cadang yang rusak.
    2. Persaingan harga jasa pelayanan dengan pihak luar.
  2. Total saldo kas selama tiga semester terjadi penurunan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor, yaitu:
    1. penyelesaian tugas praktikum mata kuliah yang biasanya dikumpulkan pada akhir semester sehingga meningkatkan penggunaan laboratorium komputer.
    2. adanya perbaikan peralatan-peralatan laboratorium komputer.
    3. pengaruh jadwal akademik.
  3. Penurunan saldo kas pada analisis arus kas disebabkan oleh adanya penurunan item-item penerimaan tertentu yang disebabkan oleh faktor internal, dan faktor eksternal.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Peningkatan Kontribusi Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota
  2. Analisis Arus Kas Laboratorium Komputer K-Media Tehnik Arsitektur Uns
  3. Evaluasi Anggaran Penjualan Ditinjau dari Berbagai Metode Peramalan Pada Hotel Sahid Raya Solo
  4. Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Sampai Penyelesaian Kredit Pada Koperasi Serba Usaha
  5. Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Faktor Sosial Dan Kepuasan Pemakai Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer Pada Perusahaan Penerbitan Di Surakarta