Melayani Jasa Pembuatan Tesis Dan Skripsi Professional Terpercaya | HP 0852.2588.7747
HP CS Kami 085225887747 (WhatApp) email:idtesis@gmail.com

Tesis Akuntansi: Sistem Pemberian Kredit pd PT. BPR MEKAR NUGRAHA KLEPU

Judul Tesis : Sistem Pemberian Kredit pada PT. BPR MEKAR NUGRAHA KLEPU

 

A. Latar Belakang

Mengajukan kredit kepada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif. Dengan bunga sebesar 1,5% untuk kredit pegawai dan 1,75% untuk kredit umum serta persyaratan yang mudah, masyarakat dapat beralih melakukan pinjaman uang ke PT. BPR Mekar Nugraha Klepu. Namun, meskipun banyak kemudahan yang didapat, pada umumnya masyarakat masih bingung atau kurang memahami tata cara syarat pemberian kredit sehingga mereka masih tetap menerapkan sistem ijon atau melakukan pinjaman pada rentenir.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, penulis ingin memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai tata cara peminjaman atau pemberian kredit. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengambil judul “SISTEM PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BPR MEKAR NUGRAHA KLEPU”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pelaksanaan sistem pemberian kredit pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu ?
  2. Bagaimana efektivitas sistem pemberian kredit pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu ?

 

C. Landasan Teori

Kredit

Kata kredit berasal dari bahasa Romawi yaitu dari kata credere yang berarti percaya. Dengan demikian maka dasar pengertian dari istilah atau kosa kata “kredit” yaitu kepercayaan, sehingga hubungan yang terjalin dalam kegiatan perkreditan diantara para pihak, sepenuhnya harus juga didasari oleh adanya saling mempercayai, yaitu bahwa kreditur yang memberikan kredit percaya bahwa penerima kredit (debitur) akan sanggup memenuhi segala sesuatu yang telah diperjanjikan, baik menyangkut jangka waktu, maupun prestasi dan kontra prestasinya (Djumhana, 2000:365).

 

Sistem

Menurut James A. Hall (2001 : 5), sebuah sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (interrelated) atau subsistemsubsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama. Sistem dibuat untuk menangani sesuatu yang berulangkali atau yang secara rutin terjadi. Melalui sistem, pihak intern dan ekstern perusahaan dapat memperoleh informasi yang diperlukan mengenai perusahaan. Selain itu, dengan adanya sistem maka penyelenggaraan operasional perusahaan diharapkan dapat terjalin rapi dan terkoordinasi sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.

 

Jaringan Prosedur yang Membentuk Sistem

Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi-transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang (Mulyadi, 2001 : 5). Prosedur berkaitan dengan suatu langkah bertahap yang berhubungan satu sama lain. Dalam melaksanakan kegiatan organisasi diatur melalui prosedur kerja yang pasti.

 

D. Metode Penelitian

Metode pengumpulan data pada Tugas Akhir ini menggunakan metode interview, metode dokumentasi, dan metode observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Lokasi penelitian ada pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu. Objek kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sistem pemberian kredit pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu.

 

E. Kesimpulan

  1. Sistem pemberian kredit pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu sudah berjalan dengan baik dan efektif, sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan.
  2. Dokumen yang digunakan dalam sistem pemberian kredit pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu sudah lengkap dan baik, yakni berupa formulir permohonan kredit, kartu identitas, kartu angsuran, tanda terima barang jaminan, kwitansi, bukti pengeluaran kas, dan bukti penerimaan kas.
  3. Catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem pemberian kredit pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu secara keseluruhan sudah baik, antara lain berupa jurnal, buku besar, buku bantu harian, dan neraca harian.

 

Contoh Tesis Akuntansi

  1. Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Koperasi Karyawan RS Telogorejo Semarang
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Pada BPR Blora Kota Cabang Jepon
  3. Sistem Akuntansi Penggajian Pada PT Sinabro Java Garment Bawen Kabupaten Semarang
  4. Sistem Akuntansi Penjualan Pada Minimarket Primer Koperasi Polwiltabes Semarang
  5. Sistem Pemberian Kredit Pada PT BPR Mekar Bunga Nugraha Klepu