Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akuntansi: Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas dr Rawat Inap

Judul Tesis : Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas dari Rawat Inap pada Puskesmas Sambirejo

 

A. Latar Belakang

Perkembangan dunia yang semakin pesat membutuhkan suatu pengelolaan perusahaan yang baik. Pengelolaan tersebut membutuhkan suatu sistem yang tepat dan sesuai dengan perusahaan yang bersangkutan. Karena suatu sistem yang diterapkan pada jenis perusahaan yang satu belum tentu sesuai jika diterapkan pada perusahaan yang lain. Suatu perusahaan membutuhkan beberapa sistem untuk mendukung aktivitas-aktivitas perusahaan tersebut. Salah satu sistem yang sangat penting adalah penerimaan kas, karena kas merupakan aktiva yang sangat likuid dan sering menjadi sasaran kecurangan dan penyalahgunaan.

Puskesmas adalah salah satu instansi pemerintah di bidang pelayanan jasa kesehatan bagi masyarakat. Puskesmas dirasakan sangat penting keberadaannya bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah pedesaan yang jauh dari rumah sakit. Puskesmas Sambirejo adalah puskesmas yang berperan sebagai rumah sakit bagi masyarakat, karena telah menyediakan berbagai pelayanan kesehatan seperti yang ada pada rumah sakit, salah satu diantaranya adalah pelayanan rawat inap bagi para pasiennya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sistem pengendalian intern dan prosedur penerimaan kas dari rawat inap pada Puskesmas Sambirejo?
  2. Apakah kelebihan serta kelemahan sistem pengendalian intern dan prosedur penerimaan kas dari rawat inap yang telah diterapkan pada Puskesmas Sambirejo?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem

Menurut Cole/Neuschel dalam Baridwan (1985: 3), sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang berhubungan yang disusun sesuai dengan skema yang menyeluruh (terintregasikan) untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan.

Pengertian Sistem Pengendalian Intern

Sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, ukuran, metode/cara serta alat-alat yang dikoordinasikan dan digunakan dalam perusahaan/organisasi dengan tujuan untuk menjaga kekayaan/harta milik perusahaan, memeriksa kebenaran dan keandalan data akuntansi, memajukan efisiensi usaha serta mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang sudah ditetapkan. (Mulyadi, 1997).

Pengertian Penerimaan Kas

Penerimaan kas dari suatu perusahaan berasal dari dua sumber utama, yaitu penerimaan kas secara tunai dan penerimaan kas dari piutang yang biasanya timbul akibat dari transaksi kredit.. Penerimaan kas secara tunai dapat berupa uang tunai, credit card slip, atau cek pribadi (personal check). Penerimaan kas dari piutang dapat berupa cek atau giro bilyet.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Sambirejo, Jalan Sragen-Balong Km 12, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

 

E. Kesimpulan

Sistem yang sudah dijalankan sebenarnya sudah mengarah ke pembentukan sistem pengendalian intarn yang benar, tetapi pengembangan dari sistem tersebut belum sempurna atau masih terdapat kekurangan.Hal ini dapat dicontohkan bahwa sudah ada pelaporan kepada pimpinan secara rutin tetapi belum terdapat pemeriksaan mendadak (surprised audit). Bisa disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern penerimaan kas dari rawat inap Puskesmas Sambirejo masih sangat sederhana.

Kekurangan seperti ini belum begitu dirasakan mungkin dikarenakan rawat inap di Puskesmas Sambirejo masih lingkup yang kecil dan belum sebesar rumah sakit. Namun dengan adanya evaluasi serta perbaikan sistem dapat diyakini akan lebih memajukan Puskesmas Sambirejo di masa mendatang. Hal ini juga akan berdampak positif bagi masyarakat pengguna jasa Puskesmas Sambirejo.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Investasi, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003-2007
  2. Evaluasi Sistem Pengendalian Persediaan Material Pada Pt. Pln (Persero) Area Pelayanan Dan Jaringan Surakarta
  3. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Dari Rawat Inap Pada Puskesmas Sambirejo
  4. Pemahaman Staff Instansi Daerah Dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Standar Akuntansi
  5. Analisis Penggunaan Z-Score Altman Untuk Menilai Potensi Kebangkrutan Perusahaan