Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Akuntansi: Evaluasi Ketepatan Penentuan Tarif Sewa Bed Per Hari pd Rumah Sakit

Judul Tesis : Evaluasi Ketepatan Penentuan Tarif Sewa Bed Per Hari pada Rumah Sakit Nirmalan Suri Sukoharjo

 

A. Latar Belakang

Tarif yang tepat dapat ditentukan jika rumah sakit mampu mengumpulkan dan menghitung biaya operasional bed bagi pasien menurut tingkatan kelas pelayanan dengan tepat dan ditambah dengan tingkat keuntungan yang diharapkan. Pengumpulan dan perhitungan biaya operasional meliputi semua biaya, baik biaya langsung maupun biaya tidak langsung yang berhubungan dengan jumlah bed yang mampu dipasarkan kepada calon pasien.

Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo merupakan satu dari beberapa penyelenggara jasa kesehatan di Sukoharjo. Dalam kenyataannya, Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo mengalami persaingan yang cukup ketat dengan rumah sakit lain dalam memperebutkan pasar dan calon pasien. Supaya dapat memenangkan persaingan tersebut, Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo harus mampu menentukan tarif yang tepat selain memperbaiki dan meningkatkan fasilitas serta pelayanannya.

 

B. Rumusan Masalah

  • Tarif yang tepat untuk diterapkan pada Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo berdasarkan biaya operasional bed per hari pada tahun 2005.
  • Seberapa besar kemampuan pihak manajemen Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo dalam meminimalisasi biaya operasional pada tahun 2005.

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Rumah Sakit

Rumah sakit adalah suatu tempat pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian (Trisnantoro, 2004).

Pengertian Tarif

Pengertian tarif menurut Trisnantoro (2004) adalah sebuah jasa pelayanan yang ditetapkan dengan ukuran sejumlah uang berdasarkan pertimbangan bahwa dengan nilai uang tersebut, sebuah rumah sakit bersedia memberikan jasa kepada pasien. Supriyono (1999) mendefinisikan tarif sebagai sejumlah moneter yang dibebankan oleh suatu unit usaha kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang dijual atau diserahkan.

Pengertian Biaya

Supriyono (1999) mendefinisikan bahwa biaya adalah harga perolehan yang dikorbankan atau digunakan dalam rangka memperoleh penghasilan dan akan dipakai sebagai pengurang penghasilan, sedangkan menurut Mulyadi (1999) biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan penelitian dan pengumpulan data yang telah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa tarif yang diterapkan pada Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo berdasarkan biaya operasional bed per hari masih belum tepat karena dalam penentuan tarif hanya didasarkan pada tarif pesaing walaupun saat ini rumah sakit telah mampu mencapai tingkat keuntungan yang diharapkan. Beberapa tipe kamar yang menghasilkan selisih lebih dari harga pokok sewa kamar per bed adalah untuk tipe kamar IA, IB, kamar bayi dan ruang ICU, sedangkan untuk tipe kamar II dan ruang isolasi menghasilkan selisih kurang, sehingga tarifnya terlalu kecil.

 

E. Rekomendasi

  1. Penentuan tarif pada Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo sebaiknya tidak berdasarkan tarif pesaing karena belum tentu tarif pesaing sesuai untuk diterapkan pada Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo.
  2. Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo sebaiknya melakukan pengumpulan data dan mencatat biaya operasional secara tepat agar penghitungan tarif sewa bed per hari dapat ditentukan dengan tepat.
  3. Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo sebaiknya melakukan penghitungan unit cost untuk tiap tipe kamar dengan menggunakan metode full costing seperti yang digunakan oleh penulis.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Supermarket Asia Makmur Boyolali
  2. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas
  3. Evaluasi Ketepatan Penentuan Tarif Sewa Bed Per Hari Pada Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo
  4. Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi Potensi Kebangkrutan pada Perusahaan
  5. Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Nilai Kurs Rupiah, Suku Bunga SBI dan Cadangan Devisa