Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Administrasi Negara: Prosedur Pendaftaran NPWP dlm Administrasi Perpajakan

Judul Tesis : Prosedur Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak dalam Administrasi Perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur

 

A. Latar Belakang

Pajak merupakan salah satu andalan pemerintah dalam mendukung pembangunan nasional di berbagai bidang. Tetapi pelaksanaan kewajiban perpajakan masih kurang berjalan dengan baik, karena kurangnya kesadaran masyarakat terutama Wajib Pajak untuk membayar pajaknya bukan sebagai beban atau paksaan, tetapi ikut berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan nasional. Serta masih banyak Wajib Pajak yang belum melaksanakan kewajibannya sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Hal ini dikarenakan masyarakat terutama Wajib Pajak kurang memahami arti pajak tersebut. Dalam kenyataannya masih banyak masyarakat yang secara ekonomi dapat dikatakan telah mampu membayar pajak, tetapi tidak mau mendaftarkan dirinya sebagai Wajib Pajak agar memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal ini terjadi disebabkan karena banyak masyarakat kurang menyadari arti pentingnya membayar pajak dan juga karena masyarakat kurang memahami tata cara pendaftaran diri untuk memperoleh NPWP.

Berdasarkan hal tersebut maka untuk pembuatan Laporan Tugas Akhir, Penulis tertarik untuk mengambil judul “PROSEDUR PENDAFTARAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK DALAM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN TIMUR”.Dimana dalam melaksanakan Praktik Kerja Lapangan Mandiri (PKLM) ini agar diberikan kemudahan bagi penulis untuk memperoleh data dan informasi.

 

B. Tujuan dari PKLM

  1. Untuk mengetahui prosedur pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  2. Untuk mengetahui hak dan kewajiban Wajib Pajak setelah memperoleh NPWP.
  3. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan fiscus dalam meningkatkan kesadaran Wajib Pajak akan pentingnya pajak.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pajak

Beberapa pendapat ahli perpajakan tentang pengertian pajak adalah sebagai berikut :

Menurut Prof. Dr. P.J.A Andriani Pajak adalah iuran kepada negara (yang dapat dipaksakan) yang terutang oleh wajib pajak yang membayarnya menurut peraturan- peraturan dengan tidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjuk dan gunanya adalah untuk membiayai pengeluaran- pengeluaran umum yang berhubungan dengan tugas Negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.

Pengertian Nomor Pokok Wajib Pajak

Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yand di pergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Sedangkan yang dimaksud dengan Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan, termasuk pemungutan pajak atau pemotong pajak tertentu.

Tempat Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak

Tempat pendaftaran diri wajib pajak memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah Kantor Direktoral Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak yang bersangkutan. Apabila tenpat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak berada dalam dua atau lebih wilayah kerja Kantor Direktoral Jenderal Pajak, maka Direktur Jenderal Pajak menetapkan tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak. Untuk mempermudah pelaksanaan pendaftaran diri wajib pajak di tempat-tempat yang mudah dijangkau, Dirjen Pajak dapat menentukan tempat pendaftaran lain selain Kantor Pelayanan Pajak.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Hal ini berkaitan dengan pengumpulan data dan informasi serta keterangan dalam pelaksanaan PKLM. Penulis menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, obeservasi dan dokumen.

Dalam laporan pelaksanaan PKLM ini penulis menguraikan penulisan secara sistematika.

 

E. Kesimpulan

  1. Wajib Pajak mendaftarkan dirinya ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal Wajib Pajak atau tempat kedudukan Wajib Pajak
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak berguna sebagai identitas Wajib Pajak, sebagai sarana administrasi perpajakan, menjaga ketertiban dalam membayar pajak, dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan dan untuk mendapatkan pelayanan dari instansi-instansi terkait.
  3. Penyortiran, pencatatan dan pengarsipan dokumen-dokumen perpajakan dilakukan berdasarkan Nomor Pokok Wajib Pajak.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan Pajak Reklame Pada Pemkab Karo
  2. Tata Cara Pemindahan Npwp Dari Kpp Pratama Medan Barat Ke Kpp Pratama Lainnya
  3. Tata Cara Pendaftaran Dan Perolehan Npwp Pada Kpp Pratama Binjai
  4. Tata Cara Penyelesaian Administrasi Pemindahan Npwp
  5. Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pbb Di Kpp Pratama Kisaran