Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Teori Kompetensi Sumber Daya Manusia

Kompetensi SDM

Kompetensi SDM

Kompetensi SDM~ Kompetensi merupakan serangkaian perilaku yang menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan keterampilan serta pengetahuannya.

Kompetensi juga memiliki sebuah kombinasi yang dapat dikatakan sempurna karena dalam kompetensi juga mengandalkan kemampuan dan juga keterampilan dalam mengerjakan sesuatu hal.

Kompetensi ialah sesuatu yang selalu memiliki karakteristik tertentu berupa pengetahuan, keterampilan, serta tata cara perilaku yang menunjukkan kepribadian orang tersebut.

Dalam konsep Inggris, diletakkan pemakaiannya pada tempat kerja. Sehinga dalam pekerjaanpun juga memiliki basis kompetensi yang baik pula. Kompetensi juga dipakai untuk pengukuran atau manajemen imbalan yang sesuai.

Pada umumnya kompetensi memiliki dua tipe yaitu:

  1. Soft Competency
  2. Hard Competency

Yang dimaksud dengan Soft Competency merupakan suatu kemampuan yang erat kaitannya dengan proses pengolahan kerja, hubungan antar manusia, serta interaksi lainnya. Misalnya leadership, communication, interpersonal relation, dll

Kompetensi juga dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya ialah pendidikan. Dengan menempuh pendidikan seseorang akan semakin mengasah kemampuannya dengan secara optimal. Hal tersebut mengingat bahwa pendidikan merupakan sarana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Pada umumnya kompetensi digunakan atau berfugsi sebagai alat ukur penilaian kinerja suatu bidang tertentu. Dengan melihat kualitas yang ada pada individu itu sendiri. Selain itu kompetensi juga bermanfaat untuk menilai kualitas anggota yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Demikian artikel ang membahas mengenai Kompetensi, Konsep Kompetensi, Jenis Kompetensi, Fungsi Kompetensi. semoga artikel ini dapt bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait: