Teknik Sampling dan Pengumpulan Data dalam Analisis Novel Sang Pengejar Layang-layang

Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling atau biasa disebut sebagai teknik sampel bertujuan. Pengambilan sampel ini didasarkan pada berbagai pertimbangan tertentu serta digunakan untuk mewakili informasi yang dibutuhkan peneliti. Fokus dalam penelitian ini yaitu data mengenai gaya bahasa yang terdapat dalam novel terjemahan Sang Pengejar Layang-layang (The Kite Runner) yakni dengan cara mengambil data (gaya bahasa) yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya oleh peneliti dan selanjutnya dianalisis.

Teknik sampling lain yang digunakan adalah teknik sampling yang bersifat internal, yaitu sampel diambil untuk mewakili informasinya dengan kelengkapan dan kedalaman informasi yang tidak perlu ditentukan oleh jumlah sumber data karena jumlah informan yang kecil bisa saja menjelaskan informasi secara lebih lengkap dan benar. Mengenai teknik sampling internal Sutopo (2006) berpendapat, “Teknik sampling ini mengarah pada generalisasi teoretis”. Dalam penelitian ini mengambil sampel yang dibutuhkan yaitu gaya bahasa yang terdapat dalam novel terjemahan Sang Pengejar Layang-layang. Selanjutnya dilakukan pengelompokkan sesuai klasifikasi jenis gaya bahasanya. Dari hasil pengelompokkan itu kemudian diseleksi untuk memperoleh sampel yang mewakili dan memungkinkan untuk dilakukan penerapan teori yang ada.

Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi atau dikenal dengan kajian isi. Mengenai metode analisis isi Moleong (mengutip pendapat Holsti, 1969) menyatakan bahwa kajian isi adalah teknik apapun yang digunakan untuk menarik simpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara obyektif dan sistematis. (Moleong, 2007).

Tujuan content analysis adalah mencari kedalaman makna yang ada dalam dokumen atau arsip yang diteliti Teknik ini dipilih karena data yang akan dianalisis berupa dokumen atau arsip yaitu novel terjemahan Sang Pengejar layang-layang (The Kite Runner) karya Khaled Hosseini. Adapun langkah-langkah dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: membaca terjemahan Sang Pengejar Layang-layang secara berulang-ulang, selanjutnya mencatat kalimat-kalimat yang menyatakan pemakaian gaya bahasa dan makna yang terdapat dalam gaya bahasa tersebut.