Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Teams Games Tournaments dgn Pemanfaatan Media pada Materi Trigonometri

Judul Skripsi : Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dengan Pemanfaatan Media pada Materi Trigonometri

 

A. Latar Belakang Masalah

Inteligensi sebagai unsur kognitif dianggap memegang peranan yang cukup penting. Bahkan kadang-kadang timbul anggapan yang menempatkan inteligensi dalam peranan yang melebihi proporsi yang sebenarnya. Sebagian orang bahkan menganggap bahwa hasil tes inteligensi yang tinggi merupakan jaminan kesuksesan dalam belajar sehingga bila terjadi kasus kegagalan belajar pada anak yang memiliki IQ tinggi akan menimbulkan reaksi berlebihan berupa kehilangan kepercayaan pada institusi yang mengagalkan anak tersebut atau kehilangan kepercayaan pada pihak yang telah memberi diagnosa IQ-nya.

Pembelajaran TGT menuntut semua siswa aktif di meja turnamen, sehingga siswa dengan IQ tinggi akan cepat merespon dan menerima model pembelajaran tersebut, karakteristik siswa bermacam-macam kebanyakan siswa yang kurang memahami model pembelajaran TGT adalah mereka yang mempunyai IQ rendah.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

Dari latar belakang masalah dan pembatasan masalah di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

  1. Apakah penggunaan model pembelajaran TGT dengan pemanfataan media pembelajaran memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada model pembelajaran tipe TGT?
  2. Apakah siswa yang berinteligensi tinggi prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang berinteligensi sedang dan rendah, dan apakah siswa yang berinteligensi sedang lebih baik dari pada siswa yang berinteligensi rendah?
  3. Manakah yang lebih baik prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan pemanfaatan media pembelajaran atau pembelajaran matematika dengan model Teams Games Tournament (TGT) di tinjau dari inteligensi tinggi, sedang atau rendah pada materi Trigonometri kelas X SMA Negeri di Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2010/2011.

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media pembelajaran menghasilkan prestasi lebih baik dari pada model pembelajaran tipe TGT.
  2. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh inteligensi siswa terhadap prestasi belajar matematika pada kompetensi dasar trigonometri.
  3. Untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik antara siswa yang mempunyai inteligensi tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran matematika model TGT dengan media pembelajaran atau pembelajaran matematika dengan model TGT.

 

D. Kesimpulan

1. Model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan pemanfaatan media pembelajaran dan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar matematika pada materi trigonometri.

2. Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai inteligensi tinggi sama dengan siswa yang mempunyai inteligensi sedang dan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai inteligensi sedang sama dengan siswa yang mempunyai inteligensi rendah sedangkan prestasi belajar siswa yang mempunyai inteligensi tinggi lebih baik dari pada siswa yang mempunyai inteligensi rendah.

3. Pada masing-masing model pembelajaran prestasi belajar matematika yang mempunyai inteligensi tinggi sama dengan siswa yang mempunyai inteligensi sedang dan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai inteligensi sedang juga sama dengan siswa yang mempunyai inteligensi rendah sedangkan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai inteligensi tinggi lebih baik dari pada siswa yang mempunyai inteligensi rendah pada materi trigonometri.