Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Rekrutmen, Seleksi, Pengenalan dan Penempatan SDM

Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia~ Sumber daya manusia merupakan faktor produksi yang harus ada dan relatif lebih penting bagi organisasi, karena hampir seluruh kegiatan operasional organisasi dilakukan oleh manusia.

Pencapaian yang ada dalam suatu organisasi memang pada umumnya bergantung pada sumber daya manusia.

Hal tersebut tentu saja ditentukan kualitas yang dimiliki dari sumber daya manusia itu sendiri. Kualitas sumber daya manusia yang berkualitas didapatkan dari berbagai macam upaya yang menjadikannya tepat dan tanggap tanpa melupakan kecakapan.

Proses seleksi yang dilakukan pada sumber daya manusia merupakan suatu tahap awal untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas. Setelah dilakukan seleksi tahap peributnya tentu saja melakukan penempatan pada calon karyawan.

penempatan pada calon karyawan biasanya dilakukan berdasarkan kemampuan yang telah ia miliki berbanding sama dengan posisi yang sedang dicari. Untuk mendapat karyawan yang termasuk sumber daya manusia yang berkualitas tentu saja organisasi atau perusahaan merancang suatu sistem dengan mengadakan seleksi deng tepat dan terencana.

Saat calon karyawan tersebut dinyatakan sebagai karyawan dalam perusahaan, tentu saja tahap selanjutnya dia akan mendapat uraian sekitar pekerjaaannya. Hal tersebut lebih sering disebut dengan job descriptive.

Dalam memilih sumber daya manusia tentu saja tiap-tiap organisasi atau perusahaan melakukannya berdasarkan :

  1. Kebijaksanaan perburuhan pemerintah
  2. Job specification
  3. Ekonomis rasional
  4. Etika sosial

Demikian artikel yang membahas mengenai Proses Seleksi Kerja, Dasar-Dasar Seleksi, Tahap Penempatan Kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait: