Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Strategi Harga atau Price pada Bank Syariah

Strategi harga adalah bagaimana bank menetapkan harga produknya. Harga merupakan salah satu aspek penting dalam aktivitas bauran pemasaran. Oleh sebab itu penentuan harga sangat penting untuk diperhatikan karena harga akan menentukan laku atau tidaknya produk dan jasa yang ditawarkan. Salah dalam menentukan harga akan berakibat fatal terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

Harga bagi bank konvensional dapat dalam bentuk :

  • bunga,
  • biaya administrasi,
  • biaya komisi dan provisi,
  • biaya kirim,
  • biaya tagih,
  • biaya sewa,
  • biaya iuran,
  • dan lain-lain.

Sedangkan bagi bank syariah, harga identik dengan bagi hasil.

Bagi bank konvensional harga terdiri dari harga beli, harga jual dan biaya-biaya yang dibebankan ke nasabahnya. Harga beli adalah bunga yang diberikan kepada para nasabah simpanan, seperti jasa giro, bunga tabungan dan bunga deposito. Harga jual adalah bunga yang dibebankan kepada nasabah pinjaman atau penerima kredit (debitur). Sedangkan biaya ditentukan kepada berbagai jenis jasa yang ditawarkan, seperti biaya administrasi, biaya iuran, biaya sewa, biaya tagih dan biaya kirim.

Hasil atau keuntungan dari aktivitas investasi ini akan menentukan besar kecilnya porsi atau bagian yag akan dibagi hasilkan antara bank dengan nasabah pembiayaan. Semakin tinggi keuntungan dari aktivitas investasi/usaha maka penerimaan bagi hasil akan semakin tinggi. Keuntungan yang diperoleh bank dari aktivitas pembiayaan ini kemudian akan dibagi hasilkan kepada nasabah penyimpan dana. Oleh sebab itu besar kecilnya bagi hasil atas simpanan nasabah ini sangat ditentukan oleh penerimaan bagi hasil dari aktivitas pembiayaan.

Menurut Karim cara menghitung pendistribusian bagi hasil dapat dilihat dari sudut pandang nasabah investor maupun dari sudut pandang bank. Perhitungan bagi hasil dari sudut nasabah investor lebih difokuskan pada perhitungan berapa besar bagi hasil yang akan didapatkan oleh nasabah, sedangkan dari sudut pandang bank perhitungan lebih ditujukan pada berapa besar bagi hasil dan alokasi bagi hasil yang akan dibagikan kepada nasabah.

Incoming search terms: