Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Survei Kondisi Fisik bg Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) New Pelita

Judul Skripsi : Survei Kondisi Fisik Bagi Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) New Pelita di Kabupaten Sukoharjo Solo Tahun 2005

 

A. Latar Belakang

Latihan teknik dan taktik di SSB New Pelita Solo dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai gerakan teknik dasar bermain sepak bola dengan diselingi aktivitas fisik seperti melompat-lompat keatas dengan dua kaki rata-rata paha, setelah itu anak berlari menuju bola yang berada didepannya dengan jarak lima meter dan melakukan shooting bola kearah gawang, selain itu pemain melakukan shooting bola ke arah gawang dengan menggunakan lima buah bola dengan menembakkan bola satu persatu kearah gawang dengan jarak 20 m dengan palaksanaan anak menembak bola pertama dengan cara berlari dari belakang bola yang berjarak 10 m setelah itu anak kembali kegaris start, gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang.

Dengan kondisi fisik yang baik seorang pemain dalam suatu pertandingan dapat menerapkan teknik, taktik, strategi dan cara bermain sepak bola yang baik dan mampu bermain selama 2×45 menit. Didalam sepak bola adanya keterkaitan antara satu komponen dengan komponen yang lain sangatlah penting dan hal inilah yang kurang dimiliki oleh para pemain SSB New Pelita Solo. Karena berdasarkan pengamatan di dalam setiap pertandingan para pemain SSB New Pelita Solo bermain cukup bagus di menit-menit awal baik dari segi teknik, taktik, maupun kematangan juara sudah dimiliki para pemain. Tetapi itu semua tidak didukung oleh kondisi fisik para pemainnya sehingga di menit-menit terakhir kondisi fisik para pemain banyak yang menurun dan keadaan seperti inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh pemain lawan untuk mencetak gol.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana tingkat kondisi fisik para siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) New Pelita di Kabupaten Sukoharjo Solo?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Survei

Survei adalah salah satu jenis penelitian untuk mengetahui pendapat dari informasi yang diperoleh dari penelitian yang dikumpulkan dari seluruh populasi dan dapat pula dari sebagian populasi (Suharsimi Arikunto, 1993: 321).

Kondisi Fisik

Kondisi fisik adalah suatu kesatuan utuh dari komponen-komponen yang tidak dapat dipisahkan begitu saja, baik peningkatan maupun pemeliharaannya (M. Sajoto, 1995: 8), sedangkan menurut Sugiyanto (1993: 221), kemampuan fisik adalah kemampuan memfungsikan organ-organ tubuh didalam melakukan aktivitas fisik.

Sistem Energi didalam Sepak Bola

Sistem energi Aerobik berarti dengan oksigen artinya kerja otot dan gerak otot yang dilakukan mengunakan oksigen guna melepas energi dari bahan-bahan otot (PB. PASI 1993 : 22). Beban kerja latihan aerobik dapat secara terus-menerus atau dirinci menjadi interval-interval antara lari kencang dan lari pelan. Latihan aerobik yang betul akan memperbaiki produksi energi aerobik dalam otot dan juga dapat menunjang meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik tes. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SSB New Pelita Solo di Kabupaten Sukoharjo yang berumur 12-13 tahun yang berjumlah30 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan, bahwa tingkat kondisi fisik siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) New Pelita Solo khususnya umur 12-13 tahun termasuk dalam kategori kurang.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Sumbangan Kekuatan Genggaman, Power Lengan, Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Ketepatan Servis
  2. Sumbangan Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Terhadap Jauhnya Lemparan Atas Dalam Permainan Softball Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Softball Putra Unnes Tahun 2007
  3. Survei Kondisi Fisik Bagi Siswa Sekolah Sepak Bola (Ssb)
  4. Survei Kondisi Fisik Dan Keterampilan Gerak Dasar Sepak Bola Bagi Anak Usia Remaja Pada Klub Sepak Bola
  5. Survei Minat Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Madrasah

 

Incoming search terms: