Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Smesh Kedeng Bola digantung dan diumpan dgn Kaki trhdp Sepak Takraw

Judul Skripsi : Perbedaan Latihan Smesh Kedeng Antara Bola Digantung dan Diumpan dengan Kaki terhadap Kemampuan Smesh Sepak Takraw bagi Pemain Yunior Putera Klub Padang Jagad Kabupaten Demak Tahun 2005

 

A. Latar Belakang

Smesh adalah salah satu teknik permainan sepak takraw. Smesh merupakan serangan terakhir yang banyak menghasilkan angka. Untuk dapat melakukan smesh yang baik seorang pemain harus menguasai teknik smesh dengan baik. Penguasaan smesh tersebut dapat dilatih dengan cara atau metode tertentu. Latihan yang sungguh-sungguh dilaksanakan dengan giat dan terprogram dapat meningkatkan prestasi olahraga. Latihan yang sungguh-sungguh dilaksanakan dengan giat yang dimaksud adalah latihan secara progresif. Sedangkan untuk latihan yang terprogram adalah latihan yang mengandung tujuan yang jelas, materinya sesuai dengan karakteristik olahraga yang dibina dan waktu yang tersedia diatur dengan tepat dan jelas serta mempunyai alternatif strategi latihan yang sesuai dengan bentuk kegiatan dan materi yang diberikan.

Smesh kedeng merupakan smesh yang dilakukan dengan menggunakan kaki, untuk itu pemain apit yaitu apit kiri dan apit kanan yang mempunyai banyak kesempatan untuk melakukan smesh dalam menyerang lawan perlu dilatih dengan baik agar mempunyai kemampuan atau skill smesh yang baik (Ratinus Darwis dan Dt. Penghulu Basa, 1992:69). Bentuk latihan smesh kedeng dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain berlatih smesh kedeng antara bola digantung, diumpan dengan kaki, dilambungkan sendiri, dan berlatih smesh kedeng antara bola dilambungkan dengan tangan, (Wawancara Pelatih Sepak Takraw Yunior klub Padang Jagad Winarno, S.Pd. Tanggal 20 Januari 2005).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan yang berarti pada latihan smesh kedeng antara bola digantung dan diumpan dengan kaki terhadap kemampuan smesh sepak takraw bagi pemain yunior sepak takraw klub Padang Jagad Kabupaten Demak tahun 2005?
  2. Bila ada perbedaan manakah yang memberikan hasil lebih baik pada latihan smesh kedeng antara bola digantung dan diumpan dengan kaki terhadap kemampuan smesh sepak takraw bagi pemain yunior sepak takraw klub Padang Jagad Kabupaten Demak tahun 2005?

 

C. Landasan Teori

Teknik Khusus Sepak Takraw

Kemampuan khusus atau teknik khusus permainan sepak takraw tidak lain adalah cara bermain sepak takraw. Bagaimana permainan itu dimulai, setelah permaianan itu dimulai apa yang harus dilakukan. Setelah bola dikuasai tindakan apa yang harus dilakukan untuk membuat serangan hingga serangan itu mendapatkan hasil yakni nilai atau point buat regunya. Antara teknik dasar dan teknik khusus permainan sepak takraw sangat erat sekali hubungannya sehingga sukar mengatakan mana yang paling penting. Kedua teknik tersebut saling menunjang, jadi tidak mungkin pemain sepak takraw hanya mampu dan mengausai teknik dasar saja, sedangkan teknik khusus tidak dikuasai.

Smesh dalam Sepak Takraw

Smesh atau rejam (Istilah Malaysia) adalah gerak kerja yang terpenting dan merupakan gerak yang terakhir dari gerak kerja serangan. Kegagalan melakukan Smesh bola ke lapangan pihak lawan akan memberi peluang kepada peluang pada pihak lawan untuk menyerang balik atau bola mati di lapangan sendiri atau keluar meninggalkan lapangan permainan.

Analisa Gerak Smesh Kedeng

Smesh Kedeng dapat dianalisa bentuk dan geraknya sebagai berikut:

  1. Badan saat akan melakukan Smesh pada posisi membelakangi net dan pandangan menyesuaikan arah bola.
  2. Tolakan Smesh dilakukan dengan kaki kanan dan kaki kiri mengikuti dengan ayunan lurus ke depan sebagai penyeimbang.
  3. Kaki kanan memukul datangnya bola pada saat jangkauan yang paling tinggi.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan memberikan perlakuan terhadap dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberi perlakuan latihan smesh kedeng dengan cara bola digantung, dan kelompok eksperimen diberi perlakuan latihan smesh kedeng dengan cara bola diumpan dengan kaki.

Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok pemain yunior sepak takraw klub Padang Jagad Kabupaten Demak tahun 2005 yang berjumlah 30 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik total sampling.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode eksperimen.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada perbedaan yang berarti pada latihan smesh kedeng antara bola digantung dan diumpan dengan kaki terhadap kemampuan smesh sepak takraw bagi pemain yunior klub Padang Jagad Kabupaten Demak Tahun 2005?
  2. Latihan smesh kedeng dengan cara bola diumpan dengan kaki lebih baik dari pada latihan smesh kedeng dengan cara bola digantung terhadap kemampuan smesh sepak takraw pemain yunior klub Padang Jagad Kabupaten Demak Tahun 2005?

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Tumpuan Satu Kaki Bergantian dengan Dua Kaki terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra Kelas V, VI SD Kalisidi 03 Ungaran Tahun Pelajaran 2004/2005
  2. Pengaruh Latihan Senam Ayo Bersatu terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Puteri
  3. Perbandingan Pengaruh Frekuensi Latihan Senam Kesegaran Jasmani Usia Sekolah Dasar
  4. Perbedaan Latihan Leg Extension dengan Bola Medicine Antara Beban Tetap Repetisi Bertambah
  5. Perbedaan Latihan Smesh Kedeng Antara Bola digantung dan diumpan dengan Kaki terhadap Kemampuan