Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Senam Aerobik Low Impack dan Body Language trhdp Persentase Lemak

Judul Skripsi : Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobik Low Impack dan Body Language terhadap Persentase Lemak Tubuh Ibu-Ibu Anggota Sanggar Senam Yunita Demak

 

A. Latar Belakang

Perkembangan olahraga senam dewasa ini sudah sedemikian maju, khususnya senam aerobik yang sangat diminati ibu-ibu dan remaja putri baik di kotakota besar maupun di daerah-daerah. Senam merupakan salah satu jenis latihan fisik yang digunakan sebagai sarana mencegah dan menurunkan kegemukan, sehingga tubuh menjadi ideal. Memang banyak manfaat yang dapat dipetik dari aktivitas ini. Mulai dari meningkatkan jantung, meningkatkan kekuatan otot, membakar lemak di tubuh, sampai tercapainya berat badan yang ideal.

Dengan demikian, alasan penulis memilih judul “Perbedaan Pengaruh Senam Aerobik Low Impack dan Body Language Terhadap Persentase Lemak Tubuh Ibuibu Anggota Sanggar Senam Yunita Demak”.

  • Senam aerobik saat ini banyak digemari kaum wanita.
  • Banyaknya ibu-ibu yang bertubuh gemuk dan kurang memperhatikan penampilan dan resikonya terhadap kesehatan.
  • Ingin memberikan solusi yang tepat dan aman dalam usahanya mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh.

 

B. Rumusan Masalah

  • Apakah ada pengaruh latihan senam aerobik low impack terhadap persentase lemak tubuh?
  • Apakah ada pengaruh latihan senam body language terhadap persentase lemak tubuh?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Lemak

Lemak adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsur-unsur Carbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O), yang mempunyai sifat dapat larut dalam zat-zat pelarut tertentu (zat pelarut lemak) seperti petroleum benzena, ether. Lemak dalam tubuh berfungsi untuk cadangan tenaga, bantalan organ-organ tubuh tertentu, memberikan fiksasi organ tubuh tersebut seperti biji mata dan ginjal, isolasi sehingga panas tubuh tidak banyak keluar, mempertahankan tubuh dari gangguan-gangguan luar seperti pukulan atau bahan-bahan berbahaya seperti zat kimia yang dapat merusak jaringan otot dan memberi garis-garis bentuk tubuh yang baik (Leane Suniar, 2000 : 89).

Pengukuran Lemak Tubuh

Persentase lemak tubuh dapat ditentukan dengan berbagai macam cara. Di laboratorium, persentase lemak tubuh dapat ditentukan melalui teknik mengukur berat di bawah permukaan air. Karena lemak tidak sepadat tulang atau otot, kita dapat menghitung persentase lemak tubuh. Jika berat di dalam air naik, persentase lemak tubuh turun, dan sebaliknya. Dengan demikian, orang yang kurus tenggelam dan orang yang gemuk mengambang, berat lemak lebih kecil dari berat otot per unit volume (Brian J. Sharkey, 2003 : 282).

Senam Aerobik

Menurut Sumanto Y dan Sukijo, Senam aerobik adalah suatu latihan tubuh yang melibatkan sejumlah unsur oksigen dalam melaksanakan aktivitas tubuh, yang gerakannya dipilih dan diciptakan sesuai dengan kebutuhan, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis serta diharapkan mempunyai efek yang baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan organ-organ tubuh.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini yaitu Ibu-ibu anggota sanggar senam Yunita Demak 20 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sample yang berjumlah 20 orang yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu kelompok

  • Mengikuti latihan senam aerobik low impack dan kelompok
  • Mengikuti latihan senam body language.

Variabel bebas latihan senam aerobik low impack dan body language, variabel terikatnya persentase lemak tubuh yang diukur menggunakan skinfold Calipers. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji t.

 

E. Kesimpulan

  • Latihan senam aerobik low impack dengan frekuensi latihan 3 kali per minggu berpengaruh menurunkan persentase lemak tubuh pada ibu-ibu anggota sanggar senam Yunita Demak.
  • Latihan senam body language dengan frekuensi latihan 3 kali per minggu berpengaruh menurunkan persentase lemak tubuh pada ibu-ibu anggota sanggar senam Yunita Demak.
  • Tidak ada perbedaan antara senam aerobik low impack dan body language terhadap penurunan persentase lemak tubuh ibu-ibu anggota sanggar senam Yunita Demak.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobik Low Impack Dan Body Language
  2. Perbedaan Status Kesegaran Jasmani Antara Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket
  3. Perbedaan Urutan Mengajar Smash Normal Antara Awalan – Memukul Dan Memukul – Awalan
  4. Profil Status Gizi Dan Kapasitas Vo2 Maks Siswa Kelas Iv Dan V Sdn I Ngemplak
  5. Sumbangan Kekuatan Genggaman, Power Lengan, Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Ketepatan Servis

Incoming search terms: