Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Perbedaan Urutan Mengajar Smash Normal trhdp Hasil Belajar Smash

Judul Skripsi : Perbedaan Urutan Mengajar Smash Normal Antara Awalan – Memukul dan Memukul – Awalan terhadap Hasil Belajar Smash Normal pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMK T&I Kristen Salatiga Tahun Pelajaran 2006 / 2007

 

A. Latar Belakang

Penguasaan teknik dasar permainan bola voli sangat penting mengingat permainan bola voli adalah permainan cepat artinya waktu untuk memainkan bola sangat terbatas, sehingga penguasaan teknik yang tak sempurna akan memungkinkan timbulnya kesalahan teknik yang besar. Seperti dikemukakan oleh Suharno HP, bahwa “ teknik dasar bola voli harus dipelajari terlebih dahulu guna dapat mengembangkan mutu prestasi permainan bola voli, penguasaan teknik dasar bola voli merupakan salah satu unsur yang turut menentukanb menang atau kalah suatu regu dalam permaianan.” (1981 : 35).

Adapun teknik – teknik dasar permainan bola voli meliputi : service, set – up, passing, smash dan block (bendungan). Durwachter (1990: 3 – 4) mengatakan dalam bukunya bahwa : ”permainan baru bisa berlangsung lancar dan teratur apa bila pemain menguasai unsur-unsur dasar permainan ini berlaku untuk setiap permainan dengan bola. Dari masing-masing teknik dasar yang ada, dijelaskan oleh Durwachter bahwa :“kalau dibandingkan dengan unsur-unsur dasar lainya yaitu pengoperan, pukulan service dan blocking. Maka pukulan smash sangat digemari anak – anak didik. “ (1990 : 63).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan urutan mengajar smash normal antara awalan – memukul dan memukul awalan terhadap hasil belajar smash normal pada peserta ekstra kurikuler bola voli siswa putera SMK T&I Kristen Salatiga?
  2. Manakah yang lebih baik variasi latihan antara pentahapan awalan – memukul dan memukul – awalan?

 

C. Landasan Teori

Permainan Bola Voli

Permainan bola voli adalah olahraga yang dapat dimainkan oleh nank-anak sampai orang dewasa Wanita maupun Pria. Permainan bola voli pada dasarnya berpegang pada dua prinsip ialah teknis dan psikis. Prinsip teknis dimaksudkan dengan pemain mem-voli bola dengan bagian pinggang ke atas hilir mudik di udara lewat di atas net agar dapat menjatuhkan bola di dalam lapangan lawan secepatnya untuk mencari kemenangan secara sportif. Prinsip psikis adalah pemain bermai dengan senang dan kerjasama yang baik. (Suharno HP, 1985 : 1)

Pengertian Tehnik

Menurut Suharno HP ( 1984 : 12 ) Tehnik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu untuk mencari tujuan tertentu secara efektif dan efesien. Tehnik dasar dalam permainan bola voli mempunyai arti yaitu suatu proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu praktek dengan sebaik mungkin untuk menyesuaikan tugas yang pasti dalam permainan bola voli.

Servis

Pada mulanya servis hanyalah merupakan pukulan pembukaan untuk memulai permainan sesuai dengan kemajuan permainan, teknik servis saat ini tidak hanya sebagai permulaan pertandingan, tetapi ditinjau dari sudut tahtik adalah merupakan suatu awal untuk mendapatkan nilai agar regu berhasil meraih kemenangan. Service adalah suatu upaya memasukkan bola kedaersh lawan oleh pemain belakang yang berada di daerah service untuk memukul bola dengan satu tangan. Sedangkan menurut Suharno HP ( 1992 : 16 ) service adalah tanda saat dimulainya permainan atau sekedar menyajikan bola tetapi hendaknya diartikan sebagai serangan yang pertama kali bagi regu yang melakukan service.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler olah raga bola voli SMK T&I Kristen Salatiga tahun pelajaran 2006/2007. Sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler olahraga bola voli SMK Kristen Salatiga tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 40 orang.

Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu latihan smash normal dengan urutan pentahapan awalan – memukul dan latihan smash normal dengan urutan pentahapan memukul – awalan, sedangkan variabel terikatnya adalah ketrampilan melakukan smash normal dalam perainan bola voli.

Data diambil melalui teknik tes dan pengukuran.

Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis t test dengan rumus pendek (Short Method).

 

E. Kesimpulan

  1. Rata-rata keterampilan smah normal pada permainan bola voli di SMK T&I Kristen Salatiga yang mengikuti kegiatan esktrakurikuler bola voli yang pembelajaran menggunakan metode awalan – memukul diperoleh skor rata – rata 38,800 dan yang menggunakan metode memukul – awalan diperoleh skor rata – rata 37,95.
  2. Ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar smash normal dengan menggunakan metode awalan – memukul dengan siswa yang belajar smash normal dengan metode memukul – awalan bagi siswa SMK Kristen Salatiga yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli tahun ajaran 2006/2007.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobik Low Impack Dan Body Language
  2. Perbedaan Status Kesegaran Jasmani Antara Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket
  3. Perbedaan Urutan Mengajar Smash Normal Antara Awalan – Memukul Dan Memukul – Awalan
  4. Profil Status Gizi Dan Kapasitas Vo2 Maks Siswa Kelas Iv Dan V Sdn I Ngemplak
  5. Sumbangan Kekuatan Genggaman, Power Lengan, Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Ketepatan Servis