Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Perbedaan Kesegaran Jasmani yg Mengikuti Ekskul Basket dgn Sepakbola

Judul Skripsi : Perbedaan Status Kesegaran Jasmani Antara yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket dengan Sepakbola pada Siswa Putera SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

Kegiatan intra dan ekstrakurikuler SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tergolong baik, banyak siswa yang mempunyai prestasi di bidang akademik, semua itu ditunjang oleh guru-guru yang berkualitas. Disamping itu fasilitas sekolah yang memadai seperti laboraturium bahasa dan IPA termasuk lapangan olahraga untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ekstrakurikuler di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang l juga bermacam-macam, seperti : olahraga, kesenian, pramuka, rebana dan Kelompok Ilmiah Remaja. Untuk ekstrakurikuler yang paling menonjol adalah bola basket dan sepak bola. Ekstrakurikuler ini banyak diminati siswa, karena merupakan suatu kebanggaan tersendiri menjadi tim sepak bola maupun bola basket SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.

Bertolak dari hal-hal tersebut di muka maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul,” PERBEDAAN STATUS KESEGARAN JASMANI ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI EKTRAKURIKULER BOLA BASKET DENGAN SEPAK BOLA PADA SISWA PUTERA SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007.”

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Apakah ada perbedaan status kesegaran jasmani antara yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dengan sepakbola pada siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007?

 

C. Landasan Teori

Kesegaran Jasmani

Istilah kesegaran jasmani berdasarkan dari hasil Seminar Nasional Kesegaran Jasmani yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Keolahragaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 16 Maret sampai dengan 20 Maret 1971 di Jakarta dengan pertimbangan bahwa istilah tersebut telah umum digunakan di Indonesia sebelum diadakan seminar nasional. Di kalangan Polri menggunakan istilah Samapta Jasmani. Tetapi Soedjatmo Soemowerdojo menggunakan istilah Kebugaran Jasmani, sedang Radiopoetro menggunakan istilah Kemampuan Jasmani.

Ketahanan Jantung

Menurut Sadoso Sumosardjuno (2002:19-20) ketahanan jantung dan peredaran darah dapat diukur dari kemampuan melakukan tugas yang berat secara terus menerus, yang mengikutsertakan golongan otot-otot yang besar dalam waktu yang lama. Dalam hal ini peredaran kita harus dapat mensuplai oksigen yang cukup kepada otot-otot agar dapat menjalankan fungsinya. Semakin baik ketahanan jantung dan peredaran darah kita, otot-otot semakin dapat bertahan lebih lama menjalankan fungsinya.

Bola Basket

Permainan bola basket merupakan permainan yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh dua regu yang masing-masing terdiri dari lima orang pemain. Tiap regu dalam bermain berusaha memasukkan bola atau membuat angka atau skor. Permainan bola basket termasuk jenis permainan yang kompleks yang terdiri atas gabungan dari unsur-unsur gerak yang terkoordinasikan dengan baik dan memerlukan waktu yang lama untuk menguasai teknik dasar dengan baik.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian menggunakan metode survey test.

Populasi yang digunakan adalah siswa putera SMA Islam Sultan Agung 1 yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dan sepakbola yang berjumlah 120 orang putra.

Teknik pengambilan sampel dengan teknik proposional random sampling. Maka berdasarkan random didapat sampel 21 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dan 21 orang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola. Metode pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji normalitas data dalam penelitian ini dengan statistik non parametrik menggunakan Kolmogorov- Smirnov atau Shapiro Wilk Uji Homogenitas dalam penelitian ini dengan Levene statistic Uji hipotesis yang digunakan disini adalah Uji t Independent Sample Test, Data diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan sistem SPSS versi 10.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang didapat maka simpulan yang diajukan adalah sebagai berikut : “Tidak ada perbedaan status kesegaran jasmani antara yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket dengan sepakbola pada siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 “.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobik Low Impack Dan Body Language
  2. Perbedaan Status Kesegaran Jasmani Antara Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket
  3. Perbedaan Urutan Mengajar Smash Normal Antara Awalan – Memukul Dan Memukul – Awalan
  4. Profil Status Gizi Dan Kapasitas Vo2 Maks Siswa Kelas Iv Dan V Sdn I Ngemplak
  5. Sumbangan Kekuatan Genggaman, Power Lengan, Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Ketepatan Servis