Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Pengaruh Frekuensi Latihan Senam Kesegaran Jasmani Usia SD

Judul Skripsi : Perbandingan Pengaruh Frekuensi Latihan Senam Kesegaran Jasmani Usia Sekolah Dasar Antara Tiga Kali dengan Empat Kali dalam Satu Minggu terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Putri Kelas VI SD Negeri Gunungpati 4 dan Nongkosawit Tahun Ajaran 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti ternyata ada beberapa sekolah dasar yang melaksanakan latihan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar dengan frekuensi tiga kali dan ada pula yang melaksanakan latihan dengan frekuensi empat kali setiap minggunya dan demikian pula yang dilakukan oleh kesegaran jasmani, mewajibkan bagi murid-muridnya untuk melakukan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar sebelum jam pelajaran dimulai. (M. Sajoto, 1988:119)

Sampai sekarang ini belum ada pedoman yang memberikan ketentuan berapa kali latihan setiap minggunya yang paling baik dapat meningkatkan kesegaran jasmani bagi siswa sekolah dasar. Bertolak dari permasalahan tersebut, penulis tertarik dan ingin meneliti mana yang lebih efektif antara latihan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar yang diberikan tiga kali dengan empat kali dalam satu minggu dengan beban latihan yang sama terhadap tingkat kesegaran jasmani.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada pengaruh yang berbeda antara program latihan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar yang dilaksanakan dengan frekuensi tiga kali dan empat kali dalam satu minggu terhadap tingkat kesegaran jasmani.
  2. Kemudian jika ada pengaruh yang berarti mana yang lebih efektif antara program latihan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar yang dilaksanakan dengan frekuensi tiga kali dan empat kali dalam satu minggu terhadap tingkat kesegaran jasmani.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kesegaran Jasmani

Dewasa ini istilah kesegaran jasmani sering menjadi topik pembicaraan yang menarik, pengertian kesegaran jasmani menurut beberapa ahli olahraga memang bermacam-macam, kesegaran jasmani menurut Sadoso (1992:19) adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan yang mendadak, dapat pula ditambahkan kesegaran jasmani merupakan kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar, dimana orang yang kesegaran jasmaninya kurang, tidak dapat melakukannya.

Komponen-Komponen Kesegaran Jasmani

Adapun komponen dari kesegaran jasmani tersebut adalah :

  • Kekuatan;
  • Daya tahan;
  • Daya ledak;
  • Kelentukan;
  • Kecepatan;
  • Kelincahan;
  • Koordinasi;
  • Keseimbangan;
  • Ketepatan dan;

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesegaran Jasmani

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesegaran jasmani seseorang, yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah :

  1. Faktor makanan dan gizi
  2. Faktor usia
  3. Faktor kebiasaan hidup sehat (cara hidup sehat)
  4. Faktor lingkungan
  5. Faktor latihan dan olahraga

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas VI SD Gunungpati 4 dan SD Nongkosawit Semarang tahun ajaran 2004/2005. Jadi mereka memiliki sifat yang sama, mempunyai umur yang sebaya. Populasi ini berjumlah 40 siswa. Siswa terdiri dari 28 siswa SD Gunungpati 4 dan 12 siswa dari SD Nongkosawit.

Penelitian ini menggunakan variabel bebas dan Variabel terikat.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari hasil perhitungan statistik bahwa nilai t hitung 2,308 lebih besar dari nilai t table 2,093 dengan taraf signifikansi 5% db 19, berarti ada perbedaan yang signifikan.
  2. Karena mean latihan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar yang dilaksanakan empat kali dalam satu minggu (kelompok eksperimen I) adalah 15, lebih besar dari mean latihan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar yang dilaksanakan tiga kali dalam satu minggu (kelompok eksperimen II) sebesar 14,2 maka latihan senam kesegaran jasmani usia sekolah dasar lebih efektif untuk meningkatkan kesegaran jasmani bagi siswa putri kelas VI SD Negeri Gunungpati 04 dan Nongkosawit Semarang Tahun Ajaran 2004/2005.

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Tumpuan Satu Kaki Bergantian dengan Dua Kaki terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra Kelas V, VI SD Kalisidi 03 Ungaran Tahun Pelajaran 2004/2005
  2. Pengaruh Latihan Senam Ayo Bersatu terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Puteri
  3. Perbandingan Pengaruh Frekuensi Latihan Senam Kesegaran Jasmani Usia Sekolah Dasar
  4. Perbedaan Latihan Leg Extension dengan Bola Medicine Antara Beban Tetap Repetisi Bertambah
  5. Perbedaan Latihan Smesh Kedeng Antara Bola digantung dan diumpan dengan Kaki terhadap Kemampuan