Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Pengaruh Fasilitas Belajar trhdp Hasil Belajar Komputer Siswa

Judul Skripsi : Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Siswa Kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta

 

A. Latar Belakang

Sistem pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan di segala bidang yang memerlukan berbagai jenis keahlian dan ketrampilan serta dapat sekaligus meningkatkan produktivitas, mentalitas, mutu dan efisiensi kerja. Dalam hal ini beberapa jenis dan tingkat pendidikan serta latihan kejuruan perlu lebih diperluas dan ditingkatkan mutunya dalam rangka mempercepat dipenuhinya kebutuhan tenaga-tenaga yang cakap dan terampil untuk pembangunan di segala bidang.

Salah satu tujuan Pendidikan Nasional adalah meningkatkan ketrampilan dan mempertinggi budi pekerti, titik berat pembangunan pendidikan diletakkan pada peningkatan mutu dan perluasan pendidikan dalam rangka mewujudkan dan menetapkan pelaksanaan wajib belajar serta meningkatkan mutu pendidikan sehingga perlu dilakukan usaha penyediaan fasilitas pendidikan agar tujuan pendidikan tercapai.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar komputer siswa kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta?
  2. Seberapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar computer siswa kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Fasilitas

Menurut The Liang Gie, fasilitas adalah persyaratan yang meliputi keadaan sekeliling tempat belajar dan keadaan jasmani siswa atau anak. Meliputi ruang tempat belajar, penerangan cukup, buku-buku pegangan dan peralatan lain dalam hal ini kelengkapan peralatan komputer. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, fasilitas adalah segala hal yang dapat memudah perkara (kelancaran tugas dan sebagainya) atau kemudahan.

Pengertian Keterampilan Komputer

Keterampilan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah kecekatan, kecakapan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik dan cermat (dengan keahlian). (Poerwodarminto, 2001: 1180 ).

 

Hasil belajar

Hasil belajar merupakan tolok ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seseorang yang hasil belajarnya tinggi dapat dikatakan, bahwa dia telah berhasil dalam belajar. Demikian pula sebaliknya. Sedangkan dalam usaha untuk mencapai suatu hasil belajar dari proses belajar mengajar, seorang siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Program Keahlian Sekretaris tahun Diklat 2004/2005 yang terdiri dari 3 kelas dengan banyaknya siswa 115.

Sampel penelitian sebanyak 86 siswa yang tersebar di kelas II Program Keahlian Sekretaris 1,2, dan 3 dengan teknik Nomogram Harry King yaitu 75% dari total populasi.

Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh di analisis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh antara fasilitas belajar dengan hasil belajar komputer siswa kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta Tahun Diklat 2004/2005 dengan koefisien korelasi sebesar 0,79.
  2. Fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif terhadap hasil belajar komputer siswa kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta Tahun Diklat 2004/2005” sebesar 70,83%, sedangkan 29,17% disebabkan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pembelajaran PS-Ekonomi Pokok Bahasan Pasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007
  2. Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Siswa Kelas II Program Keahlian Sekretaris di SMK Batik 1 Surakarta
  3. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang
  4. Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang