Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Penerapan STAD sbg Metode Pembelajaran pd Mata Pelajaran Ekonomi

Judul Skripsi : Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Fiskal dan Moneter pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Boja Tahun Pengajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

Dalam usaha pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya system lingkungan (kondisi) belajar yang lebih kondusif. Menurut Sardiman (2004:25) “Mengajar merupakan suatu usaha penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar”. Proses belajar pembelajaran dikatakan efektif apabila seluruh siswa terlibat secara aktif baik mental, fisik, maupun sosial. Oleh karena itu, guru dikatakan sebagai penggerak perjalanan belajar dan fasilitator belajar siswa yang diharapkan mampu memantau tingkat kesukaran yang dialami siswa. Suherman (2003:7) menyatakan, bahwa pembelajaran akan lebih bermakna (meaningfull), jika siswa tidak hanya belajar untuk mengatasi sesuatu (learning to know), tetapi siswa juga belajar melakukan (learning to do), belajar menjiwai (learning to be), serta belajar bersosialisasi dengan sesama teman (learning to live together).

Dengan kata lain, siswa diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri mencari jawaban suatu masalah, bekerja sama dengan temannya sekelas, atau membuat sesuatu, akan jauh lebih menantang dan mengarahkan perhatian siswa daripada apabila siswa hanya harus mencerna saja informasi yang diberikan secara searah. Untuk itu, perlu diciptakan sistem lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses belajar yang mementingkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai indikator tersebut, guru harus mampu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dan mampu menyajikan metode pembelajaran yang lebih menarik. “Metode pembelajaran dimaksudkan sebagai pola interaksi siswa dengan guru dalam kelas yang menyangkut strategi, pendekatan dan teknik pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah perubahan kinerja guru SMA Negeri 1 Boja setelah menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD?
  2. Adakah perubahan keaktifan siswa SMA Negeri 1 Boja setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD?
  3. Adakah peningkatan prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Menurut Slavin, dalam Anni (2004:2) menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan individu yang disebabkan oleh pengalaman. Pengalaman yang dimaksud adalah seperti dalam teori belajar persepsi yang dikembangkan oleh Arthur Comb dalam Sutarto, dkk (1999:44) menyatakan bahwa belajar dipengaruhi oleh cara-cara individu dalam menerima dirinya sendiri dengan lingkungannya.

Pengertian Prestasi Belajar

Menurut Afirin (1991:3) bahwa “Prestasi adalah kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan suatu tugas”. Prestasi belajar suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia. Manusia selalu berusaha mengejar prestasi menurut bidang dan kemampuan masing-masing. Suatu prestasi belajar tidak hanya sebagai indikator keberhasilan dalam bidang studi tertentu, tetapi juga sebagai indikator kualitas institusi pendidikan.

Metode Pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar, guru berusaha menciptakan interaksi dengan siswa, interaksi ini bertujuan untuk membuat siswa dapat belajar yang pada akhirnya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Usaha guru untuk berinteraksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, berbagai cara inilah yang disebut metode pembelajaran. Karena interaksi ini bertujuan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran, maka metode ini dapat diartikan juga suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Boja. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.

Data dari penelitian ini diperoleh dari instrumen tes berupa soal-soal pretes dab soal ulangan akhir siklus I, siklus II, dan siklus III.

Sementara itu, instrumen nontes berupa lembar observasi, wawancara dan angket. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisis dat nontes menggunakan teknik kualitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kenerja guru dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kinerja guru pada siklus I sebesar 61,67%, siklus II sebesar 83,33% dan siklus III sebesar 95%.
  2. Keaktifan siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD melatih siswa berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan melatih siswa bekerja dalam tim. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 83,57%, siklus II sebesar 91,56% dan siklus III sebesar 98,15%.
  3. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi Hal ini terlihat pada siklus I terdapat paningkatan sebesar 5,5%, siklus II sebesar 12,62% dan siklus III sebesar 14,87%, dengan indicator ketercapaian prestasi belajar melebihi dari yang ditetapkan yaitu 90% dari keseluruhan siswa dengan mendapat nilai minimal 6,5.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK )
  2. Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pengaruhnya Terhadap Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dalam Pokok Bahasan Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas II Semester I SMU Negeri 7 Purworejo
  3. Analisis Motivasi Belajar Akuntansi dan Orientasi Pasca Lulus Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas III Jurusan Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen Se-Kota Tegal Tahun Ajaran 2004/2005
  4. Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Fiskal dan Moneter pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Boja Tahun Pengajaran 2006/2007
  5. Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar