Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pengaruh trhdp Hasil Belajar

Judul Skripsi : Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pengaruhnya terhadap Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi dalam Pokok Bahasan Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas II Semester I SMU Negeri 7 Purworejo

 

A. Latar Belakang

Mengingat begitu pentingnya pendidikan, tidak heran jika banyak pihak yang mulai menaruh perhatiannya pada dunia pendidikan. Sampai saat ini, mutu pendidikan di Indonesia jika dibandingkan dengan mutu pendidikan di negara-negara ASEAN lainnya masih relatif rendah. Padahal dalam kenyataanya, mutu pendidikan sangat mempengaruhi mutu siswa yang dikeluarkannya. Indikator tinggi rendahnya mutu pendidikan yang ada dilihat dari prestasi belajar siswa ( Arifin 1991 :4).

Menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.053/U/2001 Tanggal 19 April 2001 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pendidikan Dasar Menengah, ialah setiap tamatan SMU diharapkan untuk mampu:

  1. Menguasai materi pembelajaran sebagaimana yang tercantum dalam program pembelajaran SMU.
  2. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dasar untuk hidup dalam
  3. Memiliki ahklak dan budi pekerti yang luhur.
  4. Memiliki kemampuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (Depdiknas 2003:63)

Sehingga salah satu cara meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

B. Rumusan Masalah

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: adakah perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar Akuntansi mengunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode pembelajaran konvensional dalam pokok bahasan pencatatan transaksi perusahaan dagang mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas II semester I SMU Negeri 7 Purworejo.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Belajar adalah suatu kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan belajar manusia mampu mengembangkan potensipotensi yang dibawanya sejak lahir sehingga nantinya mampu menyesuaikan diri demi pemenuhan kebutuhan. Pengertian belajar menurut Marris L Bigge dalam bukunya Darsono (2000:3) adalah suatu perubahan yang menetap dalam kehidupan seseorang yang tidak diwariskan secara genetis. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud terjadi pada pemahaman, perilaku, persepsi, motivasi atau campuran dari semuanya secara sistematis sebagai akibat pengalaman dalam situasi-situasi tertentu.

 

Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan hasil yang tercapai seseorang setelah melakukan suatu proses belajar. Prestasi belajar merupakan perubahan tingkah laku kognitif, tingkah laku afektif dan tingkah laku psikomotorik. Menurut Zaenal Arifin (1991:3) prestasi adalah kemampuan, keterampilan dan sikap seseorang dalam menyelesaikan sesuatu hal. Sedangkan menurut Poerwadarminto (1995:787) yang dimaksud dengan prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya (1995:787). Dalam hal ini, prestasi hanya dibatasi dalam bidang pendidikan khususnya pengajaran.

 

Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Konsep pembelajaran kooperatif merupakan ide pembelajaran yang telah lama di pikirkan. Ide ini bermula pada awal abad pertama, seseorang filosof berpendapat bahwa untuk dapat belajar seseorang harus memiliki pasangan atau teman.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester I SMU Negeri 7 Purworejo, yang berjumlah 320 siswa yang berasal dari kelas II.1 sampai dengan kelas II.8.

Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas, dimana kelas II.3 untuk kelompok eksperimen dan kelas II.2 untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah mengunakan teknik One Stage Cluster Random Sampling.

Variabel penelitian ada dua yaitu variabel pembelajaran kooperatif tipe STAD (X1) dan metode Pembelajaran konvensional (X2) Data diambil, melalui teknik dokumentasi dan tes.

Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji t.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Adanya perbedaan prestasi belajar Akuntansi antara siswa yang diajar mengunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode pembelajaran ceramah dalam pokok bahasan pencatatan transaksi perusahaan dagang pada siswa kelas II semester I SMU Negeri 7 Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan t hitung = 4,944 sedangkan t tabel =1,99 sehingga Ha diterima. Terjadinya perbedaan prestas belajar Akuntansi ini dikarenakan pada pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa dikondonsikan untuk berperan aktif menyumbangkan prestasi belajarnya untuk kemajuan kelompoknya.
  2. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti lebih meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang mengunakan metode ceramah. Hal ini didukung adanya kondisi dimana siswa lebih cepat memahami materi yang diajarkan dengan cara berdiskusi dengan teman sebayanya dalam satu kelompok.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK )
  2. Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pengaruhnya Terhadap Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dalam Pokok Bahasan Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas II Semester I SMU Negeri 7 Purworejo
  3. Analisis Motivasi Belajar Akuntansi dan Orientasi Pasca Lulus Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas III Jurusan Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen Se-Kota Tegal Tahun Ajaran 2004/2005
  4. Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Fiskal dan Moneter pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Boja Tahun Pengajaran 2006/2007
  5. Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar

 

Incoming search terms: