Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Motivasi Belajar Akuntansi dan Orientasi Pasca Lulus Serta Pengaruhnya

Judul Skripsi : Analisis Motivasi Belajar Akuntansi dan Orientasi Pasca Lulus Serta Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas III Jurusan Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen Se-Kota Tegal Tahun Ajaran 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Tidak semua lulusan SMK Bisnis Manajemen di Kota Tegal dapat tertampung di dunia kerja. Ada sebagian dari mereka yang belum mendapatkan pekerjaan ataupun bila ada yang sudah mendapatkan pekerjaan tetapi tidak sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Berkaitan dengan itu, melanjutkan ke Perguruan Tinggi bisa menjadi alternatif pilihan kedua sebagai ajang untuk mengembangkan dan memperdalam ilmu pengetahuannya.

Dorongan motivasi belajar untuk bekerja ataupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi bagi siswa SMK Bisnis dan Manajemen merupakan salah satu hal yang perlu dibangkitkan dalam upaya pembelajaran di sekolah. Orientasi siswa yang ingin memasuki dunia kerja merupakan hal wajar karena sesuai dengan kurikulum SMK yang mempersiapkan lulusannya untuk bekerja Sedangkan orientasi siswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi timbul berawal dari adanya minat yang besar untuk memperdalam ilmu di jenjang yang lebih tinggi sehingga akan menguasai ilmu dalam tataran yang lebih kompeks.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah analisis motivasi belajar akuntansi antara siswa yang ingin bekerja dan melanjutkan pendidikan pada sisa kelas III Jurusan akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Tegal tahun ajran 2004/2005 ?
  2. Bagaimanakah analisis motivasi belajar akuntansi antara siswa yang ingin bekerja dan melanjutkan pendidikan pada sisa kelas III Jurusan akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Tegal tahun ajran 2004/2005 ?
  3. Adakah pengaruh motivasi belajar mata pelajaran akuntansi antara siswa yang ingin bekerja dan melanjutkan pendidikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas III jurusan akuntansi SMK Bisnis Manajemen se- kota Tegal tahun ajaran 2004/ 2005?

 

C. Landasan Teori

Motivasi belajar

Motivasi berasal dari kata motif yang diartikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1997: 666).

Pengertian belajar

Sudjana (2000:5) mengemukakan belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, ketrampilan, kecakapan, kebiasaaan serta perubahan aspek-aspek lain yang ada pada individu belajar.

Prestasi Belajar

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran lazimnya ditunjukkan dengan nilai test atau angka nilai yang diberikan oleh guru (KBBI 1995:787). Sedangkan Sudrajat (1994:60) menyatakan bahwa prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan yang dicapai siswa dalam mengikuti program belajar mengajar yang dinyatakan dengan angka-angka atau simbol-simbol sesuai dengan tujuan pendidikan.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang ingin bekerja dan melanjutkan pendidikan pada siswa kelas III akuntansi di seluruh SMK Bisnis dan Manajemen negeri dan swasta yang ada di kota Tegal berjumlah lima sekolah dengan siswa sebanyak 286 siswa.

Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa dengan penggunaan rumus iterasi.

Dimana ada 78 Siswa yang yang ingin bekerja dan 38 siswa yang ingin melanjutkan pendidikan diambil dengan cara undian dengan teknik simple random sampling sedangkan pengambilan sampel sekolah menggunakan cara cluster random sampling dan di peroleh tiga sekolah sebagai sampel yang mewakili populasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar mata pelajaran akuntansi antara siswa yang ingin bekerja dan melanjutkan pendidikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas III jurusan akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen se-kota Tegal tahun ajaran 2004/2005. Berdasarkan analisa data maka besarnya kontribusi motivasi belajar akuntansi dan orientasi bekerja ataupun melanjutkan pendidikan terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 16,9 %, ditunjukkan dari uji simultan dengan F hitung 11.522 > F tabel 3.08 dengan dk 2: 113 dengan taraf kesalahan (α)5%.. Secara parsial diperoleh koefisien motivasi belajar akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 0,281 sedangkan orientasi bekerja ataupun melanjutkan pendidikan sebesar 0,279 tampak bahwa hubungan motivasi belajar akuntansi lebih tinggi dari orientasi bekerja ataupun melanjutkan pendidikan terhadap prestasi belajar akuntansi.
  2. Dari hasil analisis regresi di peroleh koefisien motivasi belajar akuntansi sebesar 0,464 di uji keberartiannya menggunakan uji t dengan t hitung 3.117 > t tabel 1.98 dengan dk = 113 dan taraf kesalahan 5% yang berarti ada pengaruh yang nyata motivasi belajar akuntansi terhadap prestasi akuntansi. Koefisien untuk peubah dummy yakni orientasi bekerja ataupun melanjutkan pendidikan sebesar 0,330 diuji keberartiannya dengan menggunakan dari uji t dengan t hitung sebesar 3.087 > t tabel 1.98 dengan dk = 113 dan taraf kesalahan 5% yang berarti ada pengaruh yang sidnifikan orientasi untuk bekerja ataupun melanjutkan pendidikan terhdap prestasi belajar. Dari analisis ini di peroleh konstanta 5,578 sehingga diperoleh persamaaan regresi Y = 5,578 + 0,464 X+ 0,330 Di dimana i = 0 untuk siswa yang berorientasi untuk bekerja dan i = 1 untuk siswa yang berorientasi untuk melanjutkan pendidikan. Model ini mempunyai arti bahwa siswa yang berorientasi untuk bekerja maka prestasi belajarnya dapat di prediksi dengan persamaan Y = 5,578 + 0,464 X sedangkan siswa yang berorientasi untuk melanjutkan pendidikan dapat diprediksi prestasi belajarnya dengan persamaan Y = 5,578 + 0,464 X + 0,330.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK )
  2. Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pengaruhnya Terhadap Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dalam Pokok Bahasan Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas II Semester I SMU Negeri 7 Purworejo
  3. Analisis Motivasi Belajar Akuntansi dan Orientasi Pasca Lulus Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas III Jurusan Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen Se-Kota Tegal Tahun Ajaran 2004/2005
  4. Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Fiskal dan Moneter pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Boja Tahun Pengajaran 2006/2007
  5. Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar

 

 

Incoming search terms: