Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Manajemen Pengurus Daerah PSSI

Judul Skripsi : Manajemen Pengurus Daerah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PENGDA PSSI) Jawa Tengah Tahun 2005

 

A. Latar Belakang

Sepakbola sebagai olahraga yang memasyarakat di Indonesia, sepakbola memiliki induk organisasi olahraga yang membidangi masalah persepakbolaan yaitu Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). PSSI sebagai induk organisasi olahraga sepakbola di Indonesia yang bersekretariat di Jakarta merupakan anggota dari Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) dan FIFA sebagai Federasi Sepakbola Internasional. PSSI mengatur seluruh kegiatan persepakbolaan di seluruh Indonesia, pada tingkat daerah PSSI mempunyai Pengurus Daerah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Pengda PSSI) sebagai induk organisasi olahraga sepakbola di tingkat daerah (Propinsi) yang mengatur seluruh aktivitas persepakbolaan di tingkat daerah.

Pengda PSSI sebagai organisasi sepakbola di tingkat daerah mempunyai wewenang sebagai organisasi dari PSSI yang mengatur usaha pembinaan dan peningkatan prestasi sepakbola baik di tingkat daerah sampai pada tingkat nasional. Salah satu cara yang ditempuh dalam usaha peningkatan prestasi sepak bola adalah mengatur segala kegiatan persepakbolaan secara berjenjang baik di tingkat usia dini, remaja ataupun senior. Disamping itu harus didukung dengan adanya wadah atau organisasi yang dapat mewujudkan usaha peningkatan prestasi tersebut. Susunan organisasi yang sistematik dan terkoordinasi sangat diperlukan untuk memajukan prestasi persepakbolaan Indonesia.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana manajeman pada Pengda PSSI Jawa Tengah tahun 2005 ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Umum Manajemen

Manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan karyawan, pemberian perintah dan pengawasan terhadap “human and natural resources” terutama human resources untuk mencapai yang telah ditentukan terlebih dahulu (Djati Julitriarsa dan John Suprihanto, 1988 : 3).

Sejarah PSSI

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang telah dimainkan oleh masyarakat kita sejak bangsa Indonesia masih dalam masa penjajahan. Atas prakarsa dari Ir. Soeratin, pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta terbentuk PSSI sebagai organisasi sepakbola nasional pada waktu itu, selain itu sebagai alat perjuangan untuk melawan penjajahan Kaum Kolonial. Pada saat awal berdiri PSSI mempunyai kepanjangan Persatuan Sepakraga seluruh Indonesia sebelum akhirnya diubah menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia pada tahun 1950 sampai sekarang. Sejarah sepakbola di Indonesia dimulai pada tahun-tahun sebelumnya, aktivitas sepakbola telah dilakukan secara teratur oleh sebagian masyarakat Indonesia, meski waktu itu masih dalam masa penjajahan.

Kepengurusan Pengda PSSI Jawa Tengah

Kepengurusan Pengda PSSI Jawa Tengah dibentuk dan disusun berdasarkan hasil MUSDA Pengda PSSI Jawa Tengah yang dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali melalui Tim Formatur. Masa bakti pengurus Pengda PSSI Jawa Tengah adalah 5 (lima) tahun. Susunan Pengurus Pengda PSSI Jawa Tengah disusun dan ditetapkan melalui surat Keputusan Pengda PSSI Jawa Tengah yang terdiri dari Ketua, Sekretaris Umum, Bendahara, Ketua Bidang, Komisi dibawah Ketua Bidang, Komisi-komisi dibawah koordinasi langsung Ketua dan Komisi-komisi di bawah koordinasi langsung Sekretaris Umum.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan secara kualitatif, adapun sumber data dalam penelitian ini berdasarkan data yang ada pada Pengda PSSI Jawa Tengah tahun 2005, metode yang digunakan pada penelitian ini metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara atau interview dan dokumen.

 

E. Kesimpulan Skripsi

Pengorganisasian Pada Pengda PSSI Jawa Tengah sudah tersusun struktur formal organisasi dalam suatu kepengurusan berdasarkan kebutuhan organisasi dalam melaksanakan aktivitas dan disusun sesuai kedudukan, tugas serta fungsi dari pengurus dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Prinsip-prinsip dalam organisasi telah dilaksanakan Pengda PSSI Jawa Tengah dalam melaksanakan aktivitas. Dalam proses pengorganisasian tidak lepas dari adanya pendanaan organisasi, Pengda PSSI Jawa Tengah mendapatkan dana untuk pelaksanaan organisasi berasal dari uang pangkal dan iuran anggota, hasil pertandingan yang diselenggarakan olah Pengda, sumbangan-sumbangan dan bantuan yang tidak mengikat serta usaha-usaha lain yang sah.

 

Contoh Skirpsi Pendidikan

  1. Hubungan Kekuatan Otot Tungkai, Panjang Tungkai dan Kecepatan Dribel Berlari dengan Hasil Lay Up Shoot
  2. Hubungan Keterampilan Motorik dengan Hasil Menendang Bola Ke Arah Gawang
  3. Manajemen Pengurus Daerah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Pengda PSSI) Jawa Tengah
  4. Motivasi Melakukan Latihan Kebugaran Aerobik pada Member Grand Sport Fitness & SPA
  5. Motivasi Penderita Diabetes Mellitus Tipe II dalam Mengikuti Kegiatan Olahraga pada Anggota Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Pekalongan