Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Kooperatif Tipe Jigsaw dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal

Judul Skripsi : Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal Khusus Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas II MAN Suruh

 

A. Latar Belakang

Dua hal penting yang merupakan bagian dari tujuan pembelajaran akuntansi adalah pembentukan sifat yaitu pola yang berfikir kritis dan kreatif. Untuk itu suasana kelas perlu didesain sedemikian rupa sehingga siswa mendapat kesempatan untuk saling berinteraksi.dalam interaksi ini siswa akan membentuk komunitas yang memungkinkan mereka mencintai proses dan mencintai satu sama lain.Suasana belajar yang penuh dengan persaingan dan pengisolasian akan membentuk hubungan yang negatif dan mematikan semangat siswa. Hal ini akan menghambat pembentukan pengetahuan secara aktif. Oleh karena itu, pengajar perlu menciptakan suasana belajar sedemikian rupa sehingga siswa perlu bekerjasama secara gotong-royong.

Melalui metode pembelajaran jigsaw diharapkan dapat memberikan solusi dan suasana baru yang menarik dalam pengajaran sehingga memberikan dengan konsep baru. Pembelajaran jigsaw membawa konsep pemahaman inovatif, dan menekankan keaktifan siswa, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasan gotong-royong dan memiliki banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Diantara metode kooperatif tipe jigsaw dan metode konvensional manakah yang lebih efektif dan tepat diterapkan dalam pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas II semester II Man Suruh Tahun pelajaran 2006/2007.
  2. Apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi pada siswa, poko bahasan jurnal khusus antara metode pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas II semester II MAN Suruh Tahun pelajaran 2006/2007.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan. Tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto:2003:2).

Tinjauan tentang Metode Pengajaran

Metode adalah Suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang dipergunakan untk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya bila dia tidak menguasai satu pun metode mengajar yang telah dirumuskan yang telah dirumuskan dan dikemukakan para ahli psikologi dan pendidikan (Djamarah, 2002:53) Metode mengajar ialah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. (Sudjana, 2000: 76)

 

Metode Konvensional

Metode konvensional merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan oleh guru.jadi guru memegang peranan utama dalam menentukan isi dan proses belajar termasuk dalam menilai kemajuan siswa ( Oemar hamalik, 1991 )

 

D. Metode Penelitian

Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II semeter II MAN Suruh yang terdiri dari 3 kelas.

Sampel yang digunakan adalah kelas 2 IPS 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas kelas 2 IPS I sebagai kelompok kontrol.

Variabel dalam penelitian ini terdiri dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat.

Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan wawancara.

Analisis data menggunakan t test.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus antara metode pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II MAN Suruh tahun pelajaran 2005/2006.
  2. Metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional karena mampu meningkatkan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas II MAN Suruh tahun pelajaran 2005/2006 mengarah pada ketercapaian belajar tuntas.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal Khusus Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas II MAN Suruh
  2. Apresiasi Mahasiswa Sendratasik terhadap Permainan Drum dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya
  3. Korelasi Antara Persepsi Guru terhadap Mata Pelajaran Bahasa Prancis dengan Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Prancis di SMA Se-Kota Semarang
  4. Metode Pembelajaran Lagu Daerah Jawa Tengah di SMP Negeri 2 Semarang
  5. Pelaksanaan Pembelajaran Vokal dengan Metode Solfegio Di Kelas Iv Unggulan